Segera Dibuka, Cek Syarat Daftar Beasiswa Google 2024 untuk Perempuan

Segera Dibuka, Cek Syarat Daftar Beasiswa Google 2024 untuk Perempuan
info gambar utama

Tahukah Kawan, setiap tahunnya Google membuka beasiswa khusus untuk perempuan yang bertajuk Generation Google Scholarship (APAC)? Beasiswa ini dikhususkan bagi perempuan yang masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi di wilayah Asia Pasifik yang sedang belajar di bidang ilmu komputer dan teknologi. Para perempuan yang terpilih menerima beasiswa diharapkan dapat menjadi pemimpin di bidang ini.

Menurut laman resmi Build Your Future with Google, tahun ini Google akan memberikan bantuan sebanyak $2.500 USD atau setara Rp39 juta untuk setiap penerima beasiswa. Pada tahun 2023, Google memberikan beasiswa APAC kepada mahasiswi yang berasal dari 25 negara yang berkuliah di 145 universitas.

Di tahun 2024 ini, Beasiswa Google akan diberikan kepada perempuan yang memiliki komitmen kuat terhadap keberagaman, kesetaraan, dan inklusi, serta memiliki pengalaman kepimimpinan dan rekam akademik yang baik. Supaya Kawan GNFI bisa lolos dan menjadi awardee beasiswa ini, simak syarat pendaftaran dan dokumen yang diperlukan berikut ini!

Syarat Pendaftaran Beasiswa Google 2024

  • Terdaftar sebagai mahasiswa sarjana penuh waktu tahun kedua atau tahun ketiga di perguruan tinggi terakreditasi di Asia Pasifik untuk tahun akademik 2023—2024;
  • Memiliki niat untuk meneruskan program S1 penuh waktu atau tidak berencana cuti di universitas terakreditasi di Asia Pasifik untuk tahun akademik 2024—2025;
  • Berkuliah di jurusan ilmu komputer, teknik komputer, atau bidang teknik yang terkait;
  • Mempunyai nilai akademis yang baik; dan
  • Berpengalaman dalam bidang kepemimpinan dan menunjukkan semangat untuk meningkatkan representasi kelompok yang kurang terwakili dalam ilmu komputer dan teknologi.
Baca juga: Pendaftaran Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2024 Dibuka, Intip Syarat dan Benefitnya

Dokumen yang Diperlukan

Kawan GNFI akan diminta untuk melengkapi dokumen di bawah ini supaya memenuhi kualifikasi. Apa saja?

1. Dokumen yang berisi informasi latar belakang umum (misalnya informasi kontak dan rincian tentang universitas saat ini dan yang dituju);

2. Resume atau CV;

3. Transkrip akademik dari perguruan tinggi saat ini;

4. Menulis esai singkat yang berisi tanggapan terhadap pertanyaan yang akan dijelaskan di bawah ini. Tujuannya untuk menilai keterampilan dan komitmen pendaftar terhadap keberagaman, kesetaraan, dan inklusi. Setiap jawaban dari dua pertanyaan berikut bisa ditulis maksimal sebanyak 500 kata. Lantas apa saja ketentuannya?

  • Ceritakan pengalaman Kawan saat berhadapan dengan situasi rumit yang tidak memiliki jalan keluar atau sulit untuk menemukan solusi. Rincikan langkah-langkah yang diambil untuk mencapai solusi yang diharapkan. Sebagai contoh, sumber daya dan solusi apa yang dipertimbangkan? Apa pembelajaran yang diambil dari pengalaman tersebut? Ingatlah bahwa situasi ini dapat terjadi di sekolah, tempat kerja, kegiatan ekstrakurikuler, atau di rumah.
  • Dari pengalaman pribadimu, jelaskan suatu rintangan yang menghambat ketidakadilan akses di bidang teknologi. Menurut pandangan Kawan GNFI, apa akar penyebab dari masalah ini? Apa langkah-langkah yang sudah kamu lakukan untuk mengatasi ketidaksetaraan ini dan perencanaan selanjutnya? Silakan berfokus setidaknya setengah dari tanggapanmu pada tindakan konkret yang telah dilakukan. Perlu diingat bahwa dampak dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan skala yang berbeda.

5. Sebagai catatan tambahan, semua dokumen di atas harus dalam bentuk file PDF.

Baca juga: Pendaftaran IISMA Kembali Dibuka, Ini 5 Manfaat Mendaftar

Google belum mengumumkan tanggal pasti untuk pendaftaran beasiswa Generation Google Scholarship (APAC) 2024. Di laman Build Your Future with Google, hanya tercantum bahwa beasiswa ini akan dibuka pada awal tahun 2024.

Sambil menunggu, Kawan bisa memanfaatkan waktu saat ini untuk melengkapi persyaratan dan berkas yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk secara berkala mengunjungi situs web https://buildyourfuture.withgoogle.com/ dan untuk mengikuti perkembangan dari beasiswa ini.

Referensi:

https://buildyourfuture.withgoogle.com/scholarships/generation-google-scholarship-apac

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini