Khasiat Buah Jeruk Nipis untuk Perawatan Kecantikan

Khasiat Buah Jeruk Nipis untuk Perawatan Kecantikan
info gambar utama

Sebagian dari kita pasti sudah tahu dan akrab dengan buah jeruk yang satu ini. Rasa dan aromanya yang khas sering digunakan dalam berbagai kegiatan kuliner dan nonkuliner. Di dunia kesehatan buah ini kerap dimanfaatkan sebagai obat alternatif. Masyarakat di Indonesia sangat mengandalkan keberadaan buah jeruk nipis, salah satunya dalam kecantikan.

Bicara tentang perawatan kecantikan tak harus mahal, karena alam telah lama menawarkan solusinya untuk kita, salah satunya lewat jeruk nipis. Menurut sejarah, orang Mesir Kuno telah lama menggunakan perasan jeruk nipis yang dicampur dengan lemak hewan dan parfum untuk membuat semacam losion guna membersihkan tubuh. Sangat kreatif ya, Kawan!

Jadi, buah mugil ini memang memiliki banyak keistimewaan yang tidak dapat diremehkan. Perasaan jeruk nipis segar yang bisa kita sebut sebagai jus dan minyak yang dihasilkan dari buah ini sangat baik untuk kulit, terutama bila dikonsumsi secara oral atau diterapkan secara eksternal. Apa saja sih, yang terkandung di dalam buah mungil ini?

Ada vitamin C, flavonoid, dan asam sitrat yang tinggi dalam jeruk nipis menjadi nutrisi pendukung kesehatan kulit dan wajah. Itu sebabnya masyarakat masih menyukai pemanfaatan jeruk nipis dalam perawatan kulit. Selanjutnya, apa saja fungsinya bagi kesehatan kulit kita?

Jeruk Sambas, Buah Ikonik yang Gerakkan Ekonomi Masyarakat Kalbar

Pemutih Kulit

Vitamin C dapat membuat kulit putih, halus, mengilap, dan sehat. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang membantu sebagai antioksidan. Vitamin C terikat dalam setiap molekul-L dan baik untuk mencerahkan warna kulit. Dengan demikian, jeruk nipis dapat menjadi pemutih kulit yang alami.

Sebuah uji coba pernah dilakukan di RS. Cipto Mangunkusumo, dr. Irma Bernadette Simbolon MD, seorang kepala Divisi Dermatologi Kosmetik Cempaka, telah melakukan penelitian menggunakan jeruk nipis. Hasil penelitian menunjukkan, dengan mengonsumsi dan membalurkan jeruk nipis ke tubuh dapat membantu memutihkan kulit.

Menghambat Penuaan

Ini disebabkan karena jeruk nipis yang mengandung vitamin C dan mampu bertindak sebagai antioksidan alami. Kandungan tersebut membantu tubuh mampu melawan radikal bebas yang berbahaya penyebab kerusakan kulit dan menjaga kekancangan kulit.

Oleh karena itu, jika ingin awet muda cobalah meminum segelas jeruk nipis hangat secara teratur setiap pagi. Minum air putih, olahraga, pola hidup sehat, dan menjauhi stres.

Meremajakan Kulit

Zaman sekarang banyak para ibu yang ingin sekali tetap berkulit sehat dan mulus tanpa bintik-bintik bekas jerawat. Jeruk nipis dapat membantu menghilangkan kerutan, menghilangkan flek hitam hingga luka bekas jerawat.

Sifat antioksidan, antibiotik, dan desinfektan pada buah ini pun membantu meremajakan kulit dan melindunginya dari infeksi. Dengan demikian, memanfaatkan jeruk nipis akan membuat kulit terasa lebih segar dan nyaman dengan terapi ini.

Menghilangkan Kulit Mati

Jeruk nipis mengandung asam alpha-hydroxy (AHA) yang bertindak sebagai exfoliant, membantu mengangkat sel kulit mati. Senyawa ini banyak memberi manfaat pada kulit. Pemakaian yang tepat dan teratur akan membantu mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati, sehingga kulit menjadi cerah dan sehat.

Manfaat Buah Jeruk untuk Kecantikan dan Kesehatan, Si Oren yang Multi Faedah

Pengurang Bakteri

Bakteri yang terperangkap pada pori-pori wajah menyebabkan peradangan yang ditandai dengan adanya kulit kemerahan dan rasa nyeri. Asam buah alami pada air jeruk nipis inilah yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Air perasaan jeruk nipis mencegah pertumbuhan bakteri.

Kondisi ini telah dibuktikan oleh Novia Elsa Mayuna (2013), dari penelitiannya menggunakan jeruk nipis dan madu, dia berhasil membuktikan bahawa jeruk nipis dan madu dapat mengurangi kadar warna, bentuk, volume, dan jumlah jerawat pada wajah.

Salah satu contoh antibakteri dari alam yang berfungsi sebagai antijerawat adalah minyak asiri daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia (Cristm & Panz) Swingle). Penelitian Widianawati (2004), menunjukkan bahwa minyak asiri daun jeruk nipis memiliki daya antibakteri terhadap Staphylococcus aureus dengan konsentrasi bunuh minimal 0,2 %.

Mengurangi Hiperpigmentasi

Kulit buah jeruk mengandung penghambat produksi melanin. Cara untuk mengatasinya, dapat menggunakan masker potongan kulit jeruk nipis yang dioleskan pada wajah beberapa kali. Bagian dalam dari kulit jeruk nipis membantu mengurangi hiperpigmentasi.

Pengurang Pori Kulit Wajah

Ada astringent (pelembap) dalam air jeruk nipis, yang berfungsi untuk mengurangi pori-pori kulit wajah yang terbuka dan mengurangi jumlah minyak yang berlebihan di wajah.

Mengatasi ketombe

Gangguan masalah ketombe kering di kepala yang disebabkan oleh berkembangbiaknya jamur phitosphorum oval (P. ovale) dapat dihambat dengan memanfaatkan jeruk nipis yang mengandung asam sitrat, minyak asiri (sitral), belerang (sulfur), dan d-limonen.

Hasil penelitian Rahmadani (2012), yang berjudul “Pengaruh Pemanfaatan Jeruk Nipis Terhadap Penyembuhan Ketombe Kering di Kulit Kepala” berhasil menemukan adanya hasil yang efektif pada pemakaian jeruk nipis satu kali sehari dalam mengatasi masalah ketombe.

Pentingnya Peran Vitamin C Pada Kesehatan, Perlu Diperhatikan Dalam Pola Makan Sehari-hari

Sumber:

Kurnia, Annisa. 2014. Khasiat Ajaib Jeruk Nipis - Dari A-Z untuk Kesehatan dan Kecantikan. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini