Manfaat Buah Jeruk untuk Kecantikan dan Kesehatan, Si Oren yang Multi Faedah

Manfaat Buah Jeruk untuk Kecantikan dan Kesehatan, Si Oren yang Multi Faedah
info gambar utama

Buah jeruk (Citrus) adalah buah dengan ciri berwarna hijau sampai jingga serta memiliki daging buah yang banyak mengandung air. Pohon jeruk manis tumbuh di iklim tropis dan subtropis. Pertumbuhan tanaman jeruk membutuhkan suhu optimal antara 25-300 °C dan kelembaban optimal antara 70 - 80%. Buah jeruk dipanen pada umur ± 28–36 minggu.

Buah jeruk berasal dari Asia dan Negara China dikenal sebagai tempat awal mula jeruk tumbuh. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Jus jeruk mengandung 40-70 mili gram vitamin C dalam 100 gram bahan tergantung jenisnya. Buah yang lebih tua, biasanya lebih sedikit vitamin C-nya. Vitamin C dapat ditemukan pada jeruk terdapat pada daging dan kulit, terutama bagian dalamnya lapisan terluar kulit buah.

Nutrisi dalam Jeruk

Ilustrasi Nutrisi dalam Jeruk Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva
info gambar

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah jeruk seberat 100 gram adalah:

  1. Kalori 47
  2. Air 87%
  3. Protein 0,9 gram
  4. Karbohidrat 11,8 gram
  5. Gula 9,4 gram
  6. Serat 2,4 gram
  7. Lemak 0,1 gram

Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah kamu, Kawan GNFI, buah jeruk memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh:

Menurunkan Kolestrol

Buah jeruk dapat membantu menghilangkan kolestrol jahat karena terdapat kandungan serat yang larut di dalamnya.

Melindungi Kulit dari Kerusakan

Menjaga kulit agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan dapat dilakukan dengan konsumsi buah jeruk. Buah kaya vitamin C ini mengandung beta-karoten, antioksidan yang dapat melindungi sel kulit dari kerusakan.

Manfaat Jeruk untuk Pencernaan Foto: Pixabay/NoName_13
info gambar

Memperbaiki Sistem Pencernaan

Ada banyak masakan Cina yang menggunakan kulit jeruk untuk disajikan dengan daging merah. Hal ini dilakukan dengan alasan dapat membantu melancarkan pencernaan makanan berlemak. Itu sebabnya banyak ahli merekomendasikan segelas air lemon untuk menjaga pencernaan tetap berjalan. Sifat air lemon yang asam dapat membantu menghilangkan partikel makanan yang tertinggal selama proses pencernaan.

Baca juga:Geliat RANS di Dunia Sportainment: Bukan Sekedar Konten Olahraga Selebritis

Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel, konsumsi jeruk secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Apalagi bagi seseorang yang dianggap cukup tua. Dengan bertambahnya usia, risiko terkena katarak akibat radikal bebas meningkat. Para ahli mengatakan antioksidan dalam jeruk dapat menangkal kerusakan ini. Hasilnya, retina mata lebih terjaga. Menurut penelitian, kombinasi vitamin C dan E juga bisa mencegah katarak pada kelompok risiko.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut para ahli, kulit jeruk mengandung komponen penting seperti Polymethoxylated Flavones (PMF) dan D-limonene yang membantu mengaktifkan racun hati, menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga keseimbangan gula darah. Nah, ketiga hal ini berkaitan erat dengan kesehatan jantung

Menjaga Tekanan Darah

Buah ini mengandung flavonoid yang disebut hesperidin. Senyawa ini berperan dalam mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan magnesium pada jeruk juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

Baik untuk Kesehatan Ginjal

Jeruk adalah sumber sitrat dan asam sitrat yang baik, yang dikatakan dapat membantu mencegah batu ginjal. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah jeruk tidak membahayakan pemeliharaan kesehatan ginjal.

Mencegah Anemia

Konsumsi buah jeruk dapat membantu mencegah anemia. Meski buah jeruk bukan sumber zat besi yang baik, jeruk adalah sumber vitamin C. Ketika kebutuhan vitamin C terpenuhi dengan baik, tubuh dapat menyerap zat besi dengan baik dan kekurangan zat besi tidak terjadi.

Baca juga: Ada Biaya 0,3 Persen, Terungkap Alasan QRIS Tak Lagi Gratis

Manfaat Jeruk untuk Kecantikan

Manfaat Jeruk untuk Kecantikan Foto: Pixabay/Obodai26
info gambar

Selain buah jeruk bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Berikut manfaat buah jeruk untuk kecantikan:

Menjaga Kelembutan Kulit

Buah jeruk mengandung minyak alami yang bagus untuk melembabkan kulit. Menurut Faithinature.co.uk, minyak alami dalam jeruk membuat kulit lebih halus dan sehat lebih lama.

Mencegah Penuaan Dini

Buah jeruk mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab keriput. Karena kemampuannya melawan radikal bebas penyebab kerutan, kandungan antioksidan pada jeruk juga dipercaya mampu menghentikan penuaan kulit dini.

Mengeringkan Jerawat

Kandungan asam sitrat yang tinggi pada jeruk dapat membantu pengelupasan kulit dan mengeringkan jerawat.

Mencerahkan Kulit

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada buahnya sendiri. Masker atau lulur kulit jeruk ini juga berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan membuat kulit tampak lebih bercahaya dan cantik.

Mengencangkan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk mendukung tubuh dalam pembentukan kolagen dan elastin yang membuat kulit lebih muda dan elastis. Selain itu, jeruk juga dapat mencegah kulit kendur dan membuatnya lebih kencang.

Referensi :

  • https://www.faithinnature.co.uk/
  • https://darsatop.lecture.ub.ac.id/2015/11/buah-jeruk-citrus-sinensis-osbeck/
  • https://media.neliti.com/media/publications/250557-none-d1af4b55.pdf
  • https://www.halodoc.com/artikel/11-manfaat-jeruk-buah-kaya-vitamin-c
  • https://health.grid.id/amp/352982878/inilah-manfaat-buah-jeruk-untuk-kecantikan-salah-satunya-mencerahkan-kulit?page=2
  • https://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/96574/KANDUNGAN-NUTRISI-PADA-BUAH-JERUK-DAN-MANFAATNYA/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini