Railway Diplomacy Perkuat Ekonomi Indonesia di Sektor Perkeretaapian

Railway Diplomacy Perkuat Ekonomi Indonesia di Sektor Perkeretaapian
info gambar utama

Diplomasi di era saat ini dapat dilakukan melalui berbagai bidang yang memiliki arti penting. Dalam pidato Menteri Luar Negeri dari Pernyataan Pers Tahunan Kementerian Luar Negeri 2024 Januari lalu, disebutkan bahwa diplomasi ekonomi menjadi salah satu fokus dan prioritas kebijakan selama hampir satu dekade terakhir.

Diplomasi ekonomi bertujuan untuk mempromosikan pertumbuhan perekonomian, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta peningkatan kemandirian bangsa. Salah satu hal menarik yang perlu dibahas lebih lanjut adalah upaya penguatan ekspor produk industri strategis Indonesia ke pasar internasional. Sebagai contoh, PT Industri Kereta Api (INKA) telah berhasil mengekspor produk perkeretaapian buatannya ke negara-negara seperti Bangladesh, Selandia Baru, Filipina, dan Thailand. Ini merupakan bagian dari strategi diplomasi ekonomi yang bertujuan untuk membuka peluang akses pasar bagi produk-produk dalam negeri.

Menurut laporan yang dikumpulkan oleh Kompas.com, PT INKA telah melakukan ekspor gerbong barang pada bulan Januari 2024 setelah menerima pesanan dari perusahaan UGL Rail Services Pty Ltd senilai 17 juta dolar Amerika. Jumlah gerbong yang dikirim sebanyak 60 unit, yang merupakan bertipe "container flat top (CFT) wagon 50Ft" tanpa roda. Ke-60 gerbong ini merupakan bagian awal dari proyek pesanan 450 unit gerbong oleh UGL Rail Services Pty Ltd dan KiwiRail.

Di tahun 2020 misalnya, meskipun di masa pandemi, PT INKA berhasil mengekspor produknya ke Filipina. Menurut kantor berita ANTARA, pada Desember 2020, PT INKA berhasil mengekspor tiga unit lokomotif beserta 15 gerbong kereta api ke Philippine National Railways (PNR).

Pengiriman ini merupakan kelanjutan dari kontrak pengadaan senilai 26 juta dolar AS atau setara Rp360 miliar, yang ditandatangani pada 28 Mei 2018 oleh Junn B Magno selaku General Manager PNR dan Budi Noviantoro sebagai Direktur Utama INKA di Manila, Filipina.

Dengan kata lain, di tengah pandemi pun PT INKA mampu mengimplementasikan kontrak pengiriman lokomotif dan gerbong kereta api ke Filipina, sebagai tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama yang ditandatangani sebelumnya.

Sejarah Rel Kereta Api Rangkasbitung-Labuan, Peninggalan Belanda yang Akan Hidup Lagi

Kegiatan ekspor-impor yang dilakukan PT INKA dengan mengekspor lokomotif dan gerbong kereta api ke Filipina dan Selandia Baru merupakan contoh dari diplomasi ekonomi berbasis kereta api atau yang dikenal dengan istilah railway diplomacy. Definisi railway diplomacy menurut Centre for Public Policy Research adalah praktik diplomasi non-tradisional yang bertujuan untuk membangun dan memperkuat hubungan dengan negara lain melalui pembangunan jaringan kereta api.

Dalam artikel yang berjudul "Indonesia's Burgeoning Railway Diplomacy” atau “Diplomasi Kereta Api yang Berkembang di Indonesia" yang ditulis oleh Shang-su Wu, dijelaskan bahwa industri perkeretaapian di Indonesia telah menjadi salah satu instrumen diplomasi melalui kerja sama dengan berbagai negara.

Melalui railway diplomacy yang berbasis pada diplomasi ekonomi, PT INKA terus berupaya memperkuat kerja sama dengan mitra bisnis di berbagai negara. Kegiatan ekspor lokomotif, gerbong, serta suku cadang kereta api ke luar negeri diharapkan dapat meningkatkan nilai ekspor nasional di sektor transportasi rel.

Railway diplomacy dapat menjadi salah satu instrumen diplomasi yang patut dilanjutkan pada kegiatan ekonomi Indonesia di tahun 2024 ini. Upaya diplomasi ini diharapkan dapat semakin memperluas ekspor produk kereta api Indonesia ke mitra negara lain dengan memanfaatkan kerja sama yang telah dibangun sebelumnya.

Selain itu, kerja sama ini juga akan mendukung program pemerintah untuk meningkatkan neraca perdagangan melalui peningkatan ekspor komoditas berbasis industri.

ECRL Malaysia Perkenalkan Jaringan Kereta Api 4G Mutakhir, Pertama di Asia Tenggara

Sumber:

  • https://thediplomat.com/2020/02/indonesias-burgeoning-railway-diplomacy/
  • https://www.antaranews.com/berita/1892012/inka-ekspor-perdana-lokomotif-ke-filipina
  • https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/31/141617178/inka-ekspor-450-gerbong-kereta-barang-ke-selandia-baru
  • https://kemlu.go.id/portal/id/read/5658/pidato/pidato-menlu-pada-pernyataan-pers-tahunan-menteri-luar-negeri-ri-tahun-2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini