Gaun Karya Desainer Indonesia Digunakan di Grammy Awards 2024

Gaun Karya Desainer Indonesia Digunakan di Grammy Awards 2024
info gambar utama

Ajang penghargaan musik Grammy Awards telah dilaksanakan pada hari Senin (5/2/2024) lalu. Walau pun belum terdapat musisi Indonesia yang masuk dalam nominasi, bukan berarti anak bangsa tidak menorehkan namanya di ajang bergengsi itu. Kali ini, kabar baik datang dari dunia fesyen Indonesia. Gaun karya Diana M Putri dikenakan oleh Emily Mei ke Pesta Tahunan ke-3 Grammy Next Gen di Grammy House.

Emily Mei adalah seorang model asal Amerika Serikat. Selain itu, dia juga merupakan seorang penyanyi dan influencer. Pada malam itu, ia mengenakan korset tembus pandang yang dihiasi dengan kristal swarovski berwarna hitam. Busana tersebut terlihat sangat indah dan bersinar di bawah lampu sorot. Dikenakannya karya Diana M. Putri oleh Emily Mei ini menjadi tambahan dalam segudang pencapaian Diana M Putri.

Baca juga: Jajaran Desainer Indonesia yang Melanglang Buana di Kancah Internasional

Mengenal Diana M. Putri, Desainer Kenamaan Indonesia

Diana M Putri memiliki nama panjang Diana Muljono Putri. Ia adalah perempuan kelahiran Mojokerto, Jawa Timur. Walau pun tidak mendapatkan pendidikan formal di bidang desain fesyen, Diana berhasil membuka rumah modenya sendiri. Rumah mode itu dibangun di Surabaya dengan nama Diana Couture. Dari situ lah, karya-karya Diana mulai dikenal masyarakat.

Busana karya Diana memiliki ciri khas tersendiri. Ia sering kali menorehkan kristal maupun mutiara sehingga busananya gemerlap. Potongan-potongannya pun unik dan menarik perhatian. Tidak heran banyak artis internasional maupun profesional memilih karya Diana untuk digunakan di atas panggung.

Namanya sudah lama dikenal di dunia fesyen nasional. Artis-artis Indonesia yang pernah menggunakan karya Diana contohnya adalah Patricia Gouw, Inul Daratista, hingga Miss Universe Indonesia 2020. Ia bahkan pernah menjadi juri pada sebuah ajang pencarian bakat untuk menilai busana yang dikenakan oleh para peserta.

Di dunia Internasional pun, karya-karya Diana M Putri sudah diakui. Pada tahun 2015, ia terlibat dalam Couture Fashion Week New York. Pada pekan fesyen tersebut, ia mendapat penghargaan sebagai desainer terbaik. Artis-artis internasional pun sering menggunakan karyanya. Ariana Grande pernah menggunakan karyanya pada saat menampilkan “God is A Woman” di acara penghargaan MTV VMA tahun 2018. Tidak hanya itu, Lady Gaga dan Sabrina Carpenter juga pernah menggunakan busana karya nya.

Baca juga: Karya 6 Desainer Indonesia Bakal Hadir di New York Fashion Week 2023

Bahkan, keempat anggota Blackpink sudah pernah menggunakan busana karya Diana. Pada saat pemotretan sampul album “Born Pink”, Jisoo, Lisa, dan Rose mengenakan karyanya. Jiso dan Rose menggunakan celana pendek hitam dengan balutan kristal Swarovski.

Sedangkan, Lisa mengenakan rok pendek berwarna hitam dengan hiasan manik-manik kristal di sekelilingnya. Kemudian pada video musik “Shut Down”, Jennie menggunakan korset yang terbuat dari rangkaian mutiara putih. Korset itu disebut sebagai Pearl Chandelier Corset.

Korset tersebut sebenarnya tidak dibuat untuk Jennie. Korset dari mutiara putih itu sebelumnya sudah pernah dikenakan oleh Miss Universe Indonesia 2020, Ayu Maulida, di sebuah pemotretan tahun 2021 lalu. Akan tetapi, Diana telah membayangkan bahwa suatu hari Jennie akan menggunakannya. Tiba-tiba, pihak YG Entertainment menghubunginya untuk mengirimkan beberapa busana untuk digunakan oleh Jennie.

Diana M Putri memang patut untuk dibanggakan. Pencapaiannya turut mengangkat nama Indonesia di dunia internasional. Selain karya Diana M Putri, Indonesia juga diwakili oleh Raisa dalam Grammy Awards 2024. Raisa datang sebagai tamu undangan dengan mengenakan gaun berwarna merah.

Baca juga: Diana Putri, Desainer Indonesia di Balik Comeback Terbaru BLACKPINK

Sumber:

  • https://www.voaindonesia.com/a/desainer-surabaya-kirim-baju-untuk-blackpink-kurang-dari-24-jam/6753992.html
  • https://www.idntimes.com/hype/entertainment/astri-supriyati/fakta-diana-putri-perancang-busana-blackpink-c1c2?page=all
  • https://lifestyle.sindonews.com/read/1314889/186/hadiri-grammy-awards-2024-emily-mei-pakai-busana-karya-desainer-indonesia-1707120178

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini