Warga RI Suka Nonton Film di Bioskop, Jumlahnya Meroket 14,5% Sepanjang 2023

Warga RI Suka Nonton Film di Bioskop, Jumlahnya Meroket 14,5% Sepanjang 2023
info gambar utama

Bicara Box Office menyebutkan jumlah penonton sinema di Indonesia melonjak hingga 14,5 persen year on year (yoy) dan mencapai 114,5 juta penonton pada 2023. Tren positif dalam industri film Tanah Air ini terlihat setelah pandemi COVID-19.

Kenaikan pesat terjadi pada September hingga akhir tahun 2023, di mana ada penambahan sebanyak 53,3 juta penonton untuk 48 persen market share. Capaian ini patut diapresiasi sebagai bukti bahwa industri film terus mengalami perkembangan.

Tahun 2022, sinema dalam negeri digemparkan dengan film horor “KKN di Desa Penari” yang menjadi film terlaris sepanjang masa dengan jumlah penonton mencapai 9,23 juta. Sementara pada 2023 lalu, film terlaris dipegang oleh film “Sewu Dino” yang meraup 4,89 juta penonton.

Selain itu, di tahun 2023 terdapat 18 film yang sukses meraih penonton lebih dari 1 juta orang. Angka ini mencetak rekor tersendiri karena sebelum pandemi, yakni pada 2015 hanya ada 15 film yang ditonton oleh sekitar 1 juta orang.

Baca juga Total Penonton Tembus 55 Juta Orang, Industri Film Tumbuh Positif pada 2023

Prospek cerah industri layar lebar

Studi yang dilakukan PwC Indonesia bersama Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan Netflix menemukan adanya potensi yang besar dalam perkembangan industri layar lebar.

Mereka memperkirakan tingkat pertumbuhannya mencapai 6,13 persen sepanjang 2023 hingga 2027. Hal ini juga membuat industri animasi, video, dan televisi berpotensi menghasilkan cuan sebesar 9,8 miliar dolar AS atau setara Rp156 triliun pada 2027.

Prospek cerah industri film disebut bakal memberikan nilai tambah terhadap PDB sebesar 6,1 miliar dolar AS atau setara Rp98 triliun. Tak hanya itu, industri ini juga diramal dapat memberikan lapangan kerja, khususnya bagi penduduk muda hingga 616 ribu tenaga kerja.

Head of Research and Economics PwC Indonesia Denny Irawan menilai industri layar di Indonesia bisa menjadi peluang yang sangat besar. “Walau terus berjalan, industri ini juga masih punya potensi luar biasa lain, yang masih bisa terus kita gali,” ungkapnya, dimuat Detikcom.

Baca juga 6 Film Indonesia Akan Tayang di Festival Film Pendek Prancis 2024

Referensi:

Detikcom. Jumlah Penonton Indonesia Naik, Ini Potensi Besarnya. https://www.detik.com/pop/movie/d-7177288/jumlah-penonton-indonesia-naik-ini-potensi-besarnya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini