Sambut F1 Powerboat, Bandara Sisingamangaraja XII Tampilkan Kesenian Batak

Sambut F1 Powerboat, Bandara Sisingamangaraja XII Tampilkan Kesenian Batak
info gambar utama

Bandara Sisingamangaraja XII di Silangit, Tapanuli Utara, siap menyambut kejuaraan dunia perahu motor F1 Powerboat 2024. Ajang itu bakal digelar pada 2—3 Maret mendatang di Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, berjarak 25—30 menit dengan bandara.

“AP II akan memastikan pelayanan di bandara tetap terjaga dan operasional penerbangan berjalan dengan baik untuk mendukung kesuksesan F1 Powerboat 2024 dan menjadikan Danau Toba sebagai host terbaik di event global ini,” ujar Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Cin Asmoro, dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (13/2/2024).

Menurut Chin, Bandara Sisingamangaraja XII bakal menjadi pintu masuk utama bagi para pembalap, seluruh kru tim, delegasi, serta wisatawan domestik dan nusantara yang ingin menyaksikan langsung F1 Powerboat. Dia menyebut, bandara itu memang dipersiapkan untuk mendukung Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

“AP II telah melakukan berbagai pengembangan secara berkelanjutan di bandara ini, guna siap mendukung berbagai event internasional di Danau Toba termasuk F1 Powerboat,” tambahnya.

Horas! F1 Powerboat 2024 Bakal Lebih Bernuansa Batak, Tertarik Nonton?

Kemudian, Executive General Manager Bandara Ardon Marbun mengatakan bahwa pihaknya sudah memulai persiapan menyambut F1 Powerboat 2024 sejak Februari ini. Dia menggambarkan, bandara itu akan menampilkan kesenian, ornamen, hingga replika Rumah Bolon, untuk menyambut wisatawan.

Ornamen seni Gorga—ukiran dan pahatan tradisional di dinding rumah adat Batak—bakal dihadirkan. Bukan itu saja, beberapa seniman lokal akan tampil juga dengan memainkan alat musik tradisional. Ardon kemudian menuturkan, agar penyambutan delegasi dan wisatawan maksimal, pihaknya sudah melakukan penyempurnaan dan mempercantik seluruh area bandara.

“Penyempurnaan dan ‘beautifikasi’ di seluruh area, seperti misalnya di boarding lounge dilakukan terhadap kursi penumpang pesawat, lalu juga penataan taman di airside maupun landside,” ucapnya.

Selain itu, tim Ardon juga telah melakukan uji keandalan fasilitas di sisi udara yang mencakup Airfield Lighting System (AFL), Precision Approach Path Indicator (PAPI), taxiway, apron, dan runway. Pengelola Bandara Sisingamangaraja XII juga mempererat kolaborasi dengan seluruh stakeholder, termasuk maskapai, ground handling, Bea dan Cukai, Imigrasi, serta TNI/Polri.

Ramp Check terhadap semua peralatan telah dilakukan,” ujar Ardon.

Saat ini, ada empat maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Bandara Sisingamangaraja XII, di antaranya: Citilink, Super Air Jet, Indonesia AirAsia, dan Batik Air. Ardon memastikan, slot time penerbangan tersedia jika ada permintaan penambahan penerbangan (extra flight) dari maskapai saat pergelaran F1 Powerboat 2024.

F1 Powerboat Kembali Hadir di Danau Toba, Efek Multiplier Ekonomi Ditargetkan Naik 20-25%

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini