Jokowi Mau Sulap Makassar Seperti Kota Shenzhen di China

Jokowi Mau Sulap Makassar Seperti Kota Shenzhen di China
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ingin menyulap Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), seperti Kota Shenzen di Provinsi Guangdong, China. Rencana ini diungkapkan oleh Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, di Istana Negara, Selasa (27/2/2024).

”Beliau maunya seperti Shenzhen. Ini menjadi tantangan bagi kami wali kota dan bupati, insyaallah kami siap melaksanakan apa yang beliau arahkan, apa yang beliau impikan, Makassar dan sekitarnya seperti Shenzhen dekat Hong Kong,” ucap Danny.

Sejak 9 September 2011, pemerintah Indonesia telah merencanakan pembangunan empat kabupaten/kota di Sulsel menjadi kawasan strategis nasional (KSN). Daerah tersebut antara lain: Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar, atau disingkat Mamminasata.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kala itu menetapkan rencana tata ruang Mamminasata melalui Perpres No. 55 Tahun 2011. Dalam Pasal 1 Ayat 28 tertulis, kawasan tersebut akan berfungsi untuk melayani kegiatan berskala nasional dan internasional.

Makassar New Port, Pelabuhan Terbesar di Indonesia Timur Senilai Rp5,4 Triliun

Dalam pertemuan hari ini, Jokowi kembali membahas rencana konsep pembangunan Mamminasata bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Pj Gubernur Sulsel, empat bupati, dan satu wali kota.

"Hari ini kami tambahkan Pangkep (Pangkajene dan Kepulauan), Makassar dan sekitarnya ini terkoneksi dari sisi daratan dan laut karena ada juga Geopark Maros Pangkep,” kata Pj Gubernur Sulel, Bahtiar Baharuddin.

Bahtiar kemudian mengutarakan bahwa Jokowi meminta dirinya bersama kepala daerah untuk membangun kawasan Makassar dan sekitarnya menjadi kota yang nyaman dan sehat. Kemudian, memiliki ekosistem, ekonomi, sosial, dan bisnis, yang baik.

Makassar New Port Tersambung Jalan Tol 3,5 KM, Investasi Rp705 Miliar

Dia juga bilang bahwa Makassar akan menjadi pintu gerbang dan pusat perdagangan Indonesia Timur serta penopang Ibu Kota Nusantara (IKN). Di masa depan, bahan-bahan pangan untuk IKN akan didistribusikan dari Makassar. Untuk itu, kawasan Makassar dan sekitarnya harus terintegrasi jaringan transportasi yang memadai supaya tidak terjadi kemacetan, misalnya kereta api, tol, dan jalan lingkar.

"Karena yang paling dekat potensi pertanian, paling besar peternakan, yang terdekat dari IKN itu justru Makassar. Jadi, ketika IKN beroperasi, yang paling menikmati adalah Makassar dan sekitarnya, Provinsi Sulawesi Selatan," tambah Bahtiar.

Merujuk laporan GNFI, Jokowi pada pekan lalu meresmikan Pelabuhan Makassar New Port (MNP) senilai Rp5,4 triliun, Kamis (22/2/2024). MNP akan menjadi pelabuhan terbesar di kawasan timur Indonesia, kedalamannya mencapai 16 meter.

Menurut Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, MNP dirancang untuk menjadi pelabuhan utama sekaligus hub bagi pelabuhan-pelabuhan di wilayah Indonesia timur, khususnya untuk kegiatan ekspor.

“Keberadaan dua pelabuhan di Makassar, yakni Pelabuhan Soekarno-Hatta dan Makassar New Port, diharapkan dapat semakin mendukung dan memperbaiki distribusi logistik di tanah air,” tandasnya.

Diam-diam Makassar Punya Sistem Pengelolaan Air Limbah Berkapasitas Raksasa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini