Indonesia Expo 2024, Produk Halal RI Siap Merambah Pasar di Nigeria

Indonesia Expo 2024, Produk Halal RI Siap Merambah Pasar di Nigeria
info gambar utama

Produk-produk halal unggulan Indonesia bersiap merambah pasar Nigeria lewat pameran Indonesia Expo 2024 di Kota Kano, pada Mei mendatang. Pameran ini diselenggarakan oleh KBRI bekerja sama dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos.

Duta Besar RI di Abuja, Usra Hendra Harahap mengimbau agar para pelaku usaha Indonesia memamerkan produk terbaik di pameran tersebut. Menurutnya, produk herbal, tekstil, alas kaki, makanan, hingga minuman halal berpeluang untuk berkembang di pasar Afrika Barat.

“Pameran Indonesia Expo 2024 akan menjadi ajang bergengsi bagi para produsen dan pelaku usaha halal Indonesia, Para pelaku usaha diharapkan dapat memaksimalkan pameran ini untuk mengetahui langsung potensi pasar di Afrika Barat,” ujarnya.

Manfaatkan berbagai kesempatan

Menurut Dubes Usra, Kano dipilih karena letaknya yang strategis untuk penetrasi pasar induk produk Indonesia di wilayah utara Nigeria. Kota ini merupakan kota terbesar di Nigeria setelah Lagos dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa.

Sebagian negara di Afrika saat ini mengalami gejolak ekonomi dan politik—termasuk Nigeria yang mengalami kudeta pada pemerintahannya. Nigeria juga telah keluar dari keanggotaan Economic Community West African Countries (ECOWAS).

Bersama Mali dan Burkina Faso, negara di Benua Afrika ini tengah membuka lebih banyak kerja sama baru dengan negara-negara lain. Kesempatan ini harus dimanfaatkan perwakilan Indonesia di Nigeria untuk melakukan pendekatan ekonomi dan perdagangan.

Baca juga Tradisi Dhandhangan Kudus Dibuka, Ditargetkan jadi Destinasi Wisata Halal

Indonesia Expo 2024

Indonesia Expo 2024 diharapkan dapat mendatangkan importir, distributor di Kano dan Nigeria, serta perusahaan dan para pelaku usaha setempat. Pameran ini diperkirakan bakal dihadiri 1.000 hingga 1.300 pengunjung yang berasal merupakan pejabat pemerintah dan tradisional, asosiasi bisnis, hingga mahasiswa dan institusi pendidikan.

“Pameran Indonesia Expo 2024 di Nigeria dapat dimanfaatkan untuk menjadi langkah strategis dalam memperluas pasar ekspor Indonesia ke Afrika Barat. tentunya, produk halal diharapkan dapat memperkuat posisi RI sebagai salah satu pemimpin industri halal global,” kata Dubes Usra.

Di sisi lain, Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan mengungkapkan bahwa produk fesyen, aksesoris, industri, pertanian, makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, furniture, elektronik dan produk keperluan rumah tangga diperkirakan akan menjadi produk yang diminati dalam pameran Indonesia Expo 2024 di Nigeria.

Baca juga Gula Aren dari banten Go Internasiona, Ramaikan Halal Expo 2023 di Istanbul

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini