Gula Aren dari Banten Go International, Ramaikan Halal Expo 2023 di Istanbul

Gula Aren dari Banten Go International, Ramaikan Halal Expo 2023 di Istanbul
info gambar utama

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing dengan gula aren. Bahkan gula aren sudah dikenal sejak masa lampau hingga menjadi bagian erat dari kekayaan budaya kuliner Tanah Air.

Gula aren terbuat dari bahan dasar nira yang disadap dari pohon aren atau enau. Nira kemudian dimasak dalam wajan dengan api besar. Selama proses pemasakan, nira diaduk hingga mengental.

Setelah mengental, cairan gula dituangkan ke dalam cetakan dan dibiarkan hingga dingin. Setelah cairan menjadi dingin dan mengeras, gula aren siap digunakan.

Perlu diketahui, gula aren berbeda dengan gula jawa. Jika gula aren dibuat dari nira pohon aren, gula jawa dibuat dari nira pohon kelapa. Gula aren juga warnanya lebih pekat dan aromanya lebih tajam dari gula jawa.

Itulah sekilas tentang gula aren dan perbedaannya dengan gula jawa. Kalau Kawan GNFI lebih suka yang mana?

Kopi Gula Aren Khas Nusantara Cari Penggemar Baru di Singapura

Gula Aren Go International

Ternyata, gula aren buatan Indonesia tak hanya jadi primadona di dalam negeri. Gula aren Indonesia juga ada di negara lain.

Salah satunya adalah Gugula, gula aren produksi PT Imaji Multi Kreasi. Gugula merupakan produk lokal yang diproduksi lewat kolaborasi bersama para petani lokal di Cikotok, Kabupaten Lebak, Banten.

Belum lama ini, Gugula hadir dalam ajang Halal Expo 2023 yang diselenggarakan di Istanbul Expo Center, Istanbul, Turki pada 23 - 26 November 2023 lalu. Gugula menjadi salah satu dari 18 produk dari industri makanan dan minuman, obat-obatan, hingga fesyen muslim buatan Indonesia yang dihadirkan di pameran berskala internasional tersebut.

Gugula punya dua macam gula aren, yakni gula aren berjenis semut dan cair yang tersedia bagi masyarakat umum maupun induatri sebagai pendukung bisnis makanan atau minuman.

Gugula tentu bukan sembarang gula aren karena kualitasnya sudah teruji hingga bisa hadir di Halal Expo 2023. Di samping itu, ada semangat pemberdayaan para petani di baliknya.

"Gugula hadir dengan semangat berkolaborasi bersama para petani aren. Kami berharap dapat tumbuh berkembang bersama mereka dan konsumen bisa mendapatkan gula aren yang berkualitas. Semangat ini sejalan dengan konsep kolaborasi, sustainable development, dan berdaya bersama, serta mendukung pemerintah Indonesia untuk mencapai basis produk halal,” ujar co-founder Gugula Johan Maputra.

Dengan demikian, manisnya gula aren asal Banten bakal bisa dinikmati masyarakat internasional lewat Gugula.

GULA GENDING : Merawat Kebudayaan, Menjaga Kehidupan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini