Jelajahi Wisata Alam Penuh Keindahan di Kulon Progo, Yogyakarta

Jelajahi Wisata Alam Penuh Keindahan di Kulon Progo, Yogyakarta
info gambar utama

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selain dijuluki Kota Pelajar dan Kota Gudeg karena banyaknya pusat pendidikan serta kuliner yang menggugah selera, provinsi ini juga memiliki destinasi wisata alam yang kaya sekaligus tersebar luas di berbagai daerah.

Kulon Progo menjadi salah satu di antara beberapa kabupaten di DIY yang memiliki tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Kabupaten ini merupakan daerah yang berada paling Barat Provinsi DIY yang berbatasan langsung dengan Purworejo.

Berikut rekomendasi destinasi wisata alam yang berlokasi di Kulon Progo yang bisa masuk ke dalam daftar kunjungan untuk berlibur.

Telaga Sarangan, Wisata Alam yang Sejuk di Lereng Gunung Lawu

1. Waduk Sermo

Waduk Sermo terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Lokasi berjarak kurang lebih 35 kilometer dari Kota Yogyakarta dan 6 kilometer dari Pusat Wates Kulon Progo.

Bendungan ini adalah satu-satunya yang berada di Yogyakarta yang menyediakan tempat untuk memancing, hiking, berkemah, olahraga perahu, dan bersepeda. Apabila ingin berkemah, Waduk Sermo juga memfasilitasi camping area, glam camp, dan taman bambu air.

2. Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru berlokasi di Dusun Kalibiru, Kelurahan Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo yang menawarkan keindahan pemandangan alam dari ketinggian. Berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut (Mdpl) yang cocok untuk melihat sunset dan sunrise apabila beruntung.

Menikmati pemandangan dengan menara pandang dan gardu pandang berbentuk rumah pohon menjadi ciri khas dalam Wisata Kalibiru ini. Disamping itu, menyediakan berbagai wahana permainan, di antaranya flying fox, trekking, outbond, dan lain-lain.

Fasilitas pendukung lainnya seperti homestay dengan kapasitas 10 sampai 15 orang juga tersedia di kawasan ini.

3. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Tempat ini dapat ditempuh sepanjang 50 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Kedung Pedut mendapat julukan Surga Air Kulon Progo karena sumber mata air yang terjun dari sebuah air terjun yang jaraknya tak jauh dari kawasan ini. Kemudian disebut waterpark tradisional atau alami karena terdapat kolam renang yang terbentuk secara alami. Keunikan lain dari air terjun ini adalah warna air yang jernih dan dapat berubah warna menjadi biru toska.

Grafika Cikole, Destinasi Wisata Alam di Lembang yang Cocok Dikunjungi Keluarga

4. Taman Sungai Mudal

Merupakan kawasan ekowisata yang berlokasi di Pegunungan Menoreh, tepatnya di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Lokasi berjarak kurang lebih 32 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Disebut ‘mudal’ dalam bahasa Jawa yang artinya keluar karena mengeluarkan sumber air yang melimpah dan jernih sepanjang tahun.

Beberapa daya tarik dari Sungai Mudal ini seperti air terjun berundak-undak, kolam pemandian alami, gazebo, wahana flying fox, dan camping area.

5. Kebun Teh Nglinggo

Terletak di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo yang menyuguhkan suasana keindahan perkebunan teh dan tentunya produksi tanaman teh. Jarak tempuh yang dituju yaitu sekitar 39 kilometer dari Kota Yogyakarta dengan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Selain dapat menikmati pemandangan alami, wisatawan bisa berkeliling kebun teh dengan mengendarai mobil off-road serta menikmati sunrise dan sunset. Kawasan ini juga menyediakan camping ground.

Jika wisatawan mengunjungi Kebun Teh Nglinggo, sangat disayangkan apabila tidak mengunjungi Bukit Ngisis yang lokasinya masih satu kawasan dengan kebun teh.

6. Puncak 9 Bukit Ngisis

Wisata di Cagar Alam Pangandaran, Jawa Barat, Ini Peran Komunikasi untuk Konservasi Alam

Bukit Ngisis merupakan salah satu tempat wisata favorit yang cocok untuk berkemah sekaligus menawarkan keindahan pemandangan dari ketinggian. Apabila cuaca mendukung, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing.

Menikmati sunrise menjadi spot utama di kawasan ini sehingga banyak wisatawan yang datang pada waktu dini hari. Selain menyediakan camping ground dan homestay glamping, Bukit Ngisis juga memfasilitasi restoran dengan aneka masakan rumahan.

Itu dia beberapa lokasi wisata alam terkhusus di Kulon Progo yang bisa dinikmati untuk bertualang sekaligus bersenang-senang bersama teman-teman atau keluarga. Apakah Kawan GNFI tertarik untuk berkunjung di salah satu daftar ini? Yuk, segera direncanakan!

#WritingCamp

Referensi:

  • https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/419/profil-waduk-sermo
  • https://dinpar.kulonprogokab.go.id/wisata-alam-kalibiru.html
  • https://dinpar.kulonprogokab.go.id/kedung-pedut.html
  • https://www.detik.com/jogja/plesir/d-6925830/sungai-mudal-di-kulon-progo-rute-jam-buka-fasilitas-hingga-spot-wisata/amp
  • https://www.liputan6.com/hot/read/5102508/25-wisata-di-kulon-progo-yang-bisa-jadi-alternatif-destinasi-liburan-anda
  • https://amp.kompas.com/yogyakarta/read/2023/07/06/214617678/wisata-alam-kalibiru-daya-tarik-harga-tiket-jam-buka-dan-rute
  • https://travel.kompas.com/read/2022/02/17/193700727/harga-tiket-dan-jam-buka-kebun-teh-nglinggo-yogyakarta
  • https://jogja.idntimes.com/travel/destination/amp/dyar-ayu/bukit-ngisis-kulon-progo-c1c2

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini