Wisata Stone Garden Citatah, Bukti Bandung Dulu Berada di Bawah Laut

Wisata Stone Garden Citatah, Bukti Bandung Dulu Berada di Bawah Laut
info gambar utama

Bandung, Jawa Barat memiliki panorama keindahan wisata yang beragam, salah satunya adalah destinasi wisata alam Stone Garden Citata. Tidak seperti destinasi wisata lainya, Stone Garden Citatah menawarkan objek wisata bebatuan asli dan alami.

Dinukil dari Detik, Stone Garden Citatah terletak di Gunung Masigit, Citatah, Kec Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat ini merupakan situs warisan alam dengan hamparan bebatuan karang atau gamping yang tersebar di perbukitan.

Cerita Bandung yang Pernah Jadi Habitat Badak, Apa Alasannya Saat Ini Punah?

Kelompok peneliti geologi ITB bernama Riset Cekungan Bandung (KRCB) ITB yang pertama kali menemukan Stone Garden Citatah pada tahun 2000. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa dulunya Bandung berada di dasar laut.

“Taman Batu Citatah merupakan bagian dasar laut purba yang airnya surut akibat pergeseran tanah dan letusan hebat gunung api purba di masa silam,” tulis Djoko Subinarto dalam Stone Garden Citatah: Taman Batu di Bekas Dasar Laut Purba.

Terbentuk jutaan tahun lalu

Stone Garden yang berada di kawasan Karst Citatah ini terbentuk pada zaman Miosen, sekitar 20-30 juta tahun silam. Jutaan tahun lalu dataran tinggi ini adalah kawasan laut dangkal yang kemudian mengering.

Salah satu yang dapat membuktikan bahwa Taman Batu Citatah adalah dasar laut purba yaitu keberadaan batuan-batuan di sana yang umumnya runcing dan berongga-rongga, layaknya terumbu karang.

Kisah Dapur Dahapati yang Pernah Jadi Rumah Pengasingan Pangeran Siam di Bandung

Awalnya Stone Garden Citatah menjadi tempat penelitian sehingga tak dibuka untuk umum. Namun pada tahun 2014, Stone Garden Citatah dibuka menjadi destinasi wisata dan dikelola oleh warga setempat.

Tidak hanya menjadi tempat wisata, sebagai warisan alam Stone Garden Citatah pun menjadi cagar budaya yang harus dilestarikan. Oleh karena itu, tempat ini bisa menjadi tempat kunjungan menarik.

Beragam hal menarik

Stone Garden Citatah menjadi tempat wisata favorit masyarakat Bandung karena hanya berjarak sekitar 5 km dari Padalarang. Stone Garden Citatah memiliki daya pikat para wisatawan untuk hadir.

Kawasan wisata seluas 2 hektare ini menawarkan pemandangan alam yang alami, dengan batuan kapur yang berdiri secara alami dan tumbuhan liar menutupi area Stone Garden. Pemandangan ini menciptakan kontras memukau.

Tugu Juang Siliwangi, Napak Tilas Bandung Lautan Api yang Terbengkalai

Formasi batu yang unik di Stone Garden menciptakan latar belakang yang sempurna untuk berfoto. Lokasinya sangat cocok untuk fotografi, bahkan menjadi pilihan favorit untuk sesi pra-wedding.

Jalan lewatkan juga momen matahari terbenam yang memukau setelah berfoto sepanjang hari. Harga tiketnya pun cukup murah yaitu tiket masuk domestik Rp5.000/orang, tiket masuk mancanegara Rp27.000/orang.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini