Belgi Art, Ekraf Cigombong Ramaikan Event Pemilu dengan Branding Produk bersama Politikus

Belgi Art, Ekraf Cigombong Ramaikan Event Pemilu dengan Branding Produk bersama Politikus
info gambar utama

Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan sarana demokrasi guna mewujudkan sistem pemerintahan negara yang berkedaulatan rakyat. Pemerintah negara yang dibentuk melalui pemilihan umum berasal dari rakyat, dijalankan sesuai dengan kehendak rakyat, dan diabdikan untuk kesejahteraan rakyat.

Nah, Kawan, pemilu di Indonesia telah berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024. Kita sebagai masyarakat diwajibkan untuk dapat memilih presiden dan wakil presiden serta wakil rakyat yang akan memimpin Indonesia ke depan. Semoga tidak ada yang golput, ya!

Kira-kira bagaimana sih, dinamika pemilu di Indonesia dan apa peran kita agar dapat menjaga pemilu damai?

Kita akan mewawancarai seorang narasumber yang berprofesi sebagai kreator ekonomi kreatif subsektor kriya asal Cigombong-Bogor. Ia berhasil memanfaatkan momentum pemilu ini untuk membranding produk hasil karyanya agar semakin dikenal luas.

5 Event Kompetisi Wirausaha di Tahun 2024, Peluang Emas bagi UMKM

Yuk, Kawan! Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Belgi Alhuda merupakan pemilik usaha Belgi Art. Pada tanggal 17 Desember 2023, ia mengikuti sebuah event bertajuk Jambore UMKM IKM Kabupaten Bogor, yang bertempat di Wonderful Citamiang, Puncak, Bogor.

Belgi Alhuda memiliki pandangan bahwasannya pemilu merupakan sebuah pesta demokrasi yang harus diisi dengan dengan suka cita dan riang gembira. Tentu saja hal ini akan membuat minat serta membangun kesadaran pemilih di kalangan Gen Z. Mereka akan semakin tertarik untuk terlibat dalam pemilu dan menjadi titik awal untuk menentukan pemimpin negara Indonesia yang kita cintai.

Dinamika pemilu di Indonesia yang cukup stabil telah mendapatkan banyak sorotan dari negara luar. Hal itu tentu bisa terus dijaga jika masyarakat Indonesia bisa menjaga pemilu dengan aksi damai dan menghentikan penyebaran hoax yang memicu kerugian dan memecah belah kesatuan.

Gen Z dapat memberikan peranan dalam upaya pencegahan dengan mengkreasikan ide dan gagasan dari pemanfaatan digitalisasi. Hal ini dapat menjadikan para kontestan politik lebih dikenal lewat berbagai platform sosial media yang menghibur dan dikemas semenarik mungkin dengan konten yang kekinian.

Belgi Alhuda Memperkenalkan Produk Pyrografy Lukisan Bakar Kepada Salah Satu Politisi Gibran Rakabuming Raka | Dok. Pribadi Belgi Alhuda
info gambar

Belgi Alhuda baru-baru ini telah membuat sebuah karya lukis pyrography (lukis bakar) salah satu Calon Wakil Presiden (Cawapres). Belgi melukis wajah Gibran Rakabuming Raka yang menjadi cawapres dalam Pemilu 2024.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya memberikan hasil karyanya secara langsung kepada Gibran, sesaat setelah mengikuti event bertajuk #GimmickGibran. Acara itu berlangsung pada tanggal 31 Januari 2024 yang bertempat di Telaga Rempah, Sentul, Bogor.

Kini Pelaku UMKM Bisa Ekspor Produk ke Australia Tanpa Ongkir, Bagaimana Rinciannya?

Gibran yang pada saat itu dijadwalkan bertemu dengan para pemuda, komunitas ekonomi kreatif, dan juga para kreator ekonomi kreatif Kabupaten Bogor membuka sharing session mengenai usaha para kreator dan memperkenalkan produk hasil karyanya.

Sementara itu, Belgi Alhuda memiliki pandangan dalam menjalankan bisnisnya tidak bertumpu pada hilirisasi digital saja.

Hilirisasi mengenai supply and demand dalam dunia ekonomi pun harus mendapatkan konsen. Hal tersebut memberikan dampak berkelanjutan bagi para kreator industri kreatif yang terletak pada dua faktor, yakni penawaran dan permintaan terhadap barang atau jasa.

Sebab, suatu transaksi tidak akan berlangsung tanpa adanya barang atau jasa dan penawaran maupun permintaan.

Seperti yang Kawan ketahui, ekonomi kreatif sangat identik dengan inovasi dan anak muda. Akan tetapi, masyarakat kita, terutama para pemuda itu sendiri, masih kekurangan literasi untuk dapat menghargai para kreator dan inovator.

Ekonomi kreatif subsektor kriya saja misalnya, masih dipandang sebelah mata dengan tingkat awareness yang bisa dikatakan dinilai sangat kurang dari masyarakat lokal.

Bonus demografi dan Indonesia Emas merupakan tantangan sekaligus kesempatan untuk dapat terus berkarya. Jangan sampai malah akan menjadi sebuah beban demografi.

DBS Foundation Hibahkan Rp8,2 Miliar untuk Empat UMKM asal Indonesia, Apa Tujuannya?

Menurut Belgi, ekonomi kreatif memiliki peranan untuk sebuah pemberdayaan dan berpotensi untuk berkontribusi dalam membuka lapangan kerja dan menjadi wadah bagi pemberdayaan sumber daya manusia.

Maka, hilirisasi supply and demand akan sangat memengaruhi keberlanjutan suatu usaha yang dapat memecahkan kendala distribusi dan pemasaran. Hilirisasi yang mengatur para kreator dari hulu hingga hilir, dari bahan baku dan produksi, hingga ke tangan konsumen.

Terakhir, Belgi memberikan harapan dan doa semoga masyarakat dapat lebih aware terhadap para seniman atau kreator. Dengan begitu, barang yang dihasilkan dapat dihargai dan mendapatkan tempat.

Bahkan, jika memang memiliki potensi untuk ekspor, semoga ada kebijakan dan regulasi yang memudahkan para industri kreatif untuk berkembang dan menembus segmen pasar yang tepat dan luas.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini