Durian Lahung, Buah Endemik dari Kalimantan yang Terancam Punah

Durian Lahung, Buah Endemik dari Kalimantan yang Terancam Punah
info gambar utama

Durian lahung merupakan buah endemik asal Kalimantan. Buah ini layaknya buah durian pada umumnya yakni memiliki kulit yang tajam tetapi berwarna merah. Tetapi buah ini ternyata terancam punah.

Dimuat dari Spirit Madura, selain warna yang merah, pembeda dari buah ini adalah duri-duri yang lebih panjang dan lancip daripada buah durian pada umumnya. Durian khas Kalimantan ini berbentuk bulat dan bisa dikonsumsi dengan cara membelah buahnya.

Jenis Durian Terbaik di Indonesia yang ada di Kalimantan Barat, Apa Saja?

Daging buah durian ini cenderung berwarna kuning. Tekstur dagingnya lembek, tebal dan berlemak, mirip dengan daging durian umumnya. Rasa daging buah lahung manis dan mengeluarkan aroma yang lebih menyengat di hidung.

Rasa manis dari durian ini melebihi dari jenis lain. Tetapi meski rasanya terbilang lebih manis, kulit buah lahung terbilang tebal sehingga menyebabkan buah sulit dibuka dan daging buahnya menjadi lebih sedikit.

Mengapa terancam punah?

Walau rasanya yang unik, nyatanya durian lahung saat ini terancam punah. Hal ini karena durian lahung tidak bernilai ekonomis seperti buah durian. Buah ini kurang laku di pasaran karena peminatnya sangat sedikit.

Apalagi masyarakat tidak tertarik untuk melakukan budidaya pada buah ini. Hal ini karena tanaman durian tersebut bereproduksi cukup lama yaitu ratusan tahun. Karena inilah buah endemik tersebut sudah sangat sulit ditemukan.

Belantara Hutan Kalimantan sebagai Surga Buah Durian yang Beragam

Buah ini semakin sulit ditemukan karena warga sering menebang pohonnya untuk dibuat sebagai papan atau kayu olahan lainnya. Pasalnya, kayu buah lahung terbilang berkualitas sehingga bagus untuk digunakan sebagai bahan baku bangunan.

Durian ini juga hanya tumbuh subur di dataran sempurna jika ditanam di dataran rendah dengan pH dan kadar air yang cukup. Namun, jika ditanam di dataran yang lebih tinggi, maka kualitas dari buah lahung ini akan mengalami penurunan.

Kandungan gizi tinggi

Durian lahung ternyata memiliki nilai gizi yang tidak kalah jika dibandingkan dengan buah lain pada umumnya. Buah lahung memiliki komposisi asam lemak, kandungan minyak yang cukup tinggi, sehingga sangat potensial digunakan sebagai sumber pangan.

Buah ini diklaim memiliki alkaloid harmane. Dalam jumlah tertentu zat ini akan meningkatkan tekanan darah sehingga akan berefek positif untuk penderita tekanan darah rendah. Biasanya masyarakat Dayak menggunakan buah ini untuk pengobatan.

Durian Dapat Dimanfaatkan untuk Teknologi Fastcharging

Air rebusan kulit batang buah lahung dapat menyembuhkan sariawan dan diare, sementara rebusan bunganya dapat menurunkan demam. Selain itu masyarakat setempat juga menggunakan kayu pohon ini untuk bahan bangunan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini