A Space for The Unbound, Game Indonesia di Kancah Dunia

A Space for The Unbound, Game Indonesia di Kancah Dunia
info gambar utama

Bayangkan suasana sekolah tahun 90-an dengan petualangan mistik yang menyentuh hati. Iringan nostalgia akan memberikan kesan rindu tentang budaya Indonesia pada kala itu.

Pengalaman tersebut dapat Kawan rasakan dengan memainkan gim A Space for the Unbound yang dikembangkan oleh Mojiken Studio dan diterbitkan oleh Toge Production, developer asli Indonesia. Gim ini telah memenangkan banyak penghargaan dan mendapat respon positif bagi mereka yang telah mencoba memainkannya.

Gim A Space for the Unbound berlatar belakang di salah satu daerah perkotaan di Indonesia dengan suasana sebelum tahun 2000-an. Di sini, kita akan menyelusuri seluk beluk kota serta setiap kisah yang ada di dalamnya bersama Atma dan Raya, tokoh utama dalam gim ini.

Atma merupakan seorang pelajar SMA yang ingin menghabiskan setiap waku bersama pasangannya, Raya. Keduanya sama-sama memiliki kekuatan supranatural, Atma bisa masuk ke dalam pikiran seseorang dan mempelajari emosi orang tersebut. Sedangkan Raya dapat mengendalikan benda dan pikiran orang di sekitarnya.

Pasangan ini akan berpetualang untuk mengenal hati masing-masing sambil mengupas setiap rahasia di kota kecil yang mereka cintai itu.

Indonesia di Persimpangan, Menghadapi Tantangan Game Spekulasi Online yang Meningkat
Suasana perumahan Indonesia di gim A Space for the Unbound @Mojiken Studio/Toge Production
info gambar

A Space for the Unbound telah rilis pada 19 Januari 2023 dan dapat dimainkan di Windows (PC), Nintendo Switch, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, dan Xbox Series X/S. Gim ini menggunakan grafik pixel yang berfokus pada cerita dan nuansa yang mendalam. Kawan GNFI dapat merasakan suasana nostalgia Indonesia tahun 90-an dengan melihat pos ronda, warung kelontong, penjual cimol bahkan kondisi politik pada saat itu.

Pemain di sini dapat berinteraksi dengan setiap karakter yang disuguhkan mulai dari bertanya, bermain, hingga menyelesaikan masalah yang rumit. Dengan model permainan point and click, gim ini akan menawarkan kisah-kisah unik dan menyayat hati melalui karakter-karakter tersebut.

Developer Asal Malang Meluncurkan Game “Faerie Afterlight” di Nintendo Switch dan Steam

Tak lupa, Kawan juga bisa mengelus setiap kucing yang ditemukan di gim ini. Mekanisme permainan yang bervariatif dan grafik yang memanjakan mata dapat menjauhkan rasa bosan ketika bermain gim selama berjam-jam. Apalagi diiringi dengan musik syahdu yang menambah nuansa nostalgia yang tak henti-henti.

A Space for the Unbound telah banyak mendapatkan penghargaan. Sebelum rilis, gim ini pun telah mendapatkan Grand Prix Award di Tokyo Game Show 2020, Best Storytelling di SEA Games Awards 2020 dan Future Division di Japan Game Awards 2022.

Bahkan, gim ini masuk nominasi The Game Awards 2023 dengan kategori Games for Impact dan New York Game Awards 2024 dengan kategori Off Broadway Award for Best Indie Game.

Di laman Steam, tempat gim ini dapat diunduh, A Space for the Unbound mendapatkan respon Overwhelmingly Positive sebesar 98%. Hal itu menandakan kepuasan dari para pemain yang hanyut dalam cerita gim ini.

Dengan adanya gim tersebut, masa depan industri gim nasional terlihat menjanjikan. Semakin banyak developer lokal yang bisa bersaing di kancah internasional. Bukan hanya memajukan industri gim saja, permainan ini juga memberikan edukasi tentang kultur unik yang ada di Indonesia.

Kecanduan Game Online Merupakan Gangguan Jiwa? Kenali 3 Dampak Bermain Game

Diaspora budaya melalui gim sangat efektif sehingga masyarakat luar dapat lebih mengenal budaya Indonesia. Siapkan mental ketika bermain gim ini karena air mata bisa mengalir deras dan hati akan teriris-iris.

Mampukah Atma dan Raya saling mengerti satu sama lain? Akankah ada gim asli Indonesia lain yang mampu menyusul kepopuleran gim ini? Mari kita dukung setiap pihak yang sedang berjuang memajukan industri gim nasional dengan memainkannya!

Referensi

  • https://www.gamelab.id/news/2289-mengenal-a-space-for-the-unbound-game-indonesia-yang-puncaki-steam
  • https://store.steampowered.com/app/1201270/A_Space_for_the_Unbound/

#WritingCamp #MakinTahuIndonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini