Pesona Kerajinan Tangan Indonesia Pikat Pengunjung Sinai Selatan, Mesir

Pesona Kerajinan Tangan Indonesia Pikat Pengunjung Sinai Selatan, Mesir
info gambar utama

Kerajinan tangan Indonesia memikat para wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Sinai Selatan, Mesir. Produk-produk Nusantara disebut sukses menghadirkan nuansa berbeda di pasar cinderamata tersebut.

Dikutip dari laman kemendag.go.id, produk kerajinan tangan Indonesia yang mejeng di ruang pameran Arkhashum di Sinai Selatan, antara lain patung, pajangan meja, topeng, lonceng angin berbahan bambu, aspak, hingga ornamen atau dekorasi.

“Hal ini tidak terlepas dari kerja sama antara perwakilan Indonesia di Mesir dengan Sam Trade dalam mempromosikan, mengenalkan kelebihan produk Indonesia, dan menjual produk unggulan,” kata Atase Perdagangan Kairo, M Syahran.

Menurut Syahran, loyalitas dan komitmen impor Sam Trade sangat luar biasa. Terbukti dari 60 persen koleksi kerajinan tangan di ruang pameran Arkhashum milik Sam Trade merupakan produk-produk kerajinan tangan buatan Indonesia.

Prospek cerah di Negeri Piramida

Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Kairo, Rifki Arsyad menyebut permintaan Indonesia masih berpeluang besar di tengah kondisi ekonomi Mesir yang akan segera membaik. Karena itu, pihaknya berupaya menjajaki kerja sama ekspor-impor dengan pembeli di Mesir.

“Perwakilan Indonesia di Mesir akan terus memfasilitasi kebutuhan para pengrajin dan eksportir produk kerajinan tangan Indonesia. Terlepas dari hambatan dan permasalahan kelangkaan dolar di Mesir, produk Indonesia diharapkan tetap menjadi primadona di negeri piramida,” kata Rifki.

Sejalan dengan itu, Direktur Sam Trade Samy Fathy mengatakan, produk kerajinan tangan asli buatan Indonesia ternyata mampu mencuri hati warga lokal di Mesir maupun yang sedang berlibur ke kota wisata Sharm el-Sheikh dan sekitarnya.

Adapun asal daerah penghasil produk kerajinan tangan Indonesia yang banyak diimpor Mesir adalah Bali, Jepara, Lombok, dan Yogyakarta. Ketiga daerah utama ini dinilai menjadi sentra pengrajin kerajinan tangan yang bermutu tinggi.

Baca juga Serba-serbi Inacraft, Pameran Kerajinan Tangan Terbesar di Indonesia

Impor lima kontainer

Arkhashum tercatat berhasil mengimpor dua kontainer produk kerajinan dari Indonesia pada 2023 lalu. Kemudian pada tahun ini, Sam Trade memproyeksikan dapat mengimpor lebih dari lima kontainer produk kerajinan tangan Indonesia.

Sebagai informasi, Sam Trade merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspor dan impor produk kerajinan tangan, baik dari Asia Tenggara maupun dari Afrika. Selama lebih dari 20 tahun Sam Trade telah menjalin hubungan dagang dengan pelaku usaha kerajinan tangan Indonesia, khususnya yang berbahan kayu.

Sam Trade mencapai kejayaan impor produk kerajinan tangan Indonesia sebelum revolusi Mesir pada 2011 silam. Saat itu, Sam Trade berhasil mengimpor produk kerajinan tangan Nusantara sebanyak 10 kontainer per bulan.

Baca juga Mengenal Desa Tihingan yang Warganya Sejahtera dengan Kerajinan Gamelan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini