Nathan Tjoe-A-On Sudah Resmi Jadi WNI, Siapa Selanjutnya?

Nathan Tjoe-A-On Sudah Resmi Jadi WNI, Siapa Selanjutnya?
info gambar utama

Kabar gembira baru saja menghampiri Tim Nasional Indonesia menjelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam pada akhir bulan ini.

Salah satu pemain keturunan, Nathan Tjoe-A-On telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada awal pekan ini.

Dikutip dari laman resmi PSSI, Nathan-Tjoe A-On sudah melakukan pengambilan sumpah dan janji kewarganegaraan sebagai Warga Negara Indonesia di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin, 11 Maret 2024 lalu.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut berpartisipasi dalam membantu jalannya proses pengambilan sumpah ini.

Erick Thohir menjelaskan bahwa masih ada satu langkah terakhir yang mesti dilakukan sebelum Nathan Tjoe-A-On bisa berseragam Timnas Garuda, yakni mengurus kepindahan federasi sepakbola dari Belanda ke Indonesia.

"Hari ini Nathan sudah diproses juga untuk mendapatkan paspor dan KTP sebagai WNI. Satu langkah lagi yaitu mengurus perpindahan federasi untuk Nathan bisa membela timnas Indonesia. Terima kasih atas dukungan semua lembaga yg membantu proses berjalan dengan baik," jelas Erick Thohir, dikutip dari laman PSSI.

Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain berusia 22 tahun yang saat ini membela salah satu tim asal Belanda, SC Heerenveen, setelah dipinjamkan dari Swansea City pada awal tahun ini.

Pemain dengan tinggi badan 1,82 meter ini berposisi asli sebagai bek kiri, meskipun terkadang juga bisa bermain sebagai seorang bek tengah.

Nathan Tjoe-A-On, Calon Pemain Timnas Indonesia yang Merumput di Liga Inggris

Kehadiran Nathan-Tjoe A-On akan menambah persaingan di posisi bek kiri dalam Timnas Indonesia.

Sebelumnya sudah ada dua pemain yang sering digunakan oleh Pelatih Shin Tae-yong di posisi ini pada laga-laga Timnas Indonesia, yakni pemain Suwon FC, Pratama Arhan dan pemain KAS Eupen, Shayne Pattynama.

Siapa Selanjutnya?

Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi WNI © pssi.org
info gambar

Selain Nathan-Tjoe A-On, saat ini sudah ada tiga nama pemain keturunan lagi yang akan menunggu untuk diambil sumpahnya menjadi Warga Negara Indonesia.

Tiga pemain tersebut adalah Ragnar Anthonius Maria Oratmangoen, Thom Jan Marinus Haye, dan Maarten Vincent Paes.

Proses naturalisasi ketiga pemain tersebut sudah disetujui dalam rapat kerja Komisi X dan III DPR RI bersama Kemenpora, Kemenkumham, Kemenkoinfokom, dan PSSI pada Kamis, 7 Maret 2024 lalu.

Meskipun demikian belum diketahui secara pasti kapan ketiga pemain ini akan diambil sumpah untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Nathan Tjoe-A-On saat ini sudah masuk ke dalam daftar tim yang akan dibawa oleh Pelatih Shin Tae-yong dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024 mendatang.

Menakar Peluang Timnas Indonesia di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meskipun demikian, dari ketiga nama ini hanya Nathan Tjoe-A-On yang paling berpeluang debut untuk menggunakan seragam Timnas Indonesia.

Sebab, pendaftaran terakhir pemain yang akan bermain di dua laga ini akan ditutup pada hari ini, 13 Maret 2024.

Sumber:

  • https://www.pssi.org/news/nathan-tjoe-a-on-resmi-jadi-wni
  • https://www.transfermarkt.co.id/nathan-tjoe-a-on/profil/spieler/606023
  • https://www.pssi.org/news/lawan-vietnam-shin-tae-yong-panggil-28-pemain
  • https://www.pssi.org/news/komisi-x-dan-iii-setujui-natarulisasi-thom-ragnar-dan-maarten-paes

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini