Daya Tarik Pantai Wonogoro Jadi Destinasi Wisata Baru di Malang

Daya Tarik Pantai Wonogoro Jadi Destinasi Wisata Baru di Malang
info gambar utama

Pantai merupakan destinasi wisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan yang menjadi pecintanya maupun tidak. Setiap pantai memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing yang dapat memanjakan mata dan pikiran para pengunjungnya. Salah satu pantai baru yang hits di Malang adalah Pantai Wonogoro.

Pantai ini merupakan sebuah pantai di pesisir selatan yang berlokasi di Dusun Sukorejo, Desan Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Para wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini dapat memanfaatkan petunjuk arah di perempatan jalan Pantai Balekambang di Kecamatan Bantur. Perempatan tersebut dapat menandakan bahwa Pantai Wonogoro dapat ditempuh hanya sekitar 2,5 kilometer lagi.

Meskipun sedari perempatan tersebut jalanan menuju Pantai Wonogoro sudah mulai bagus, namun, dalam menuju ke Pantai Wonogoro ini, perlu dicatat bahwa medan yang cukup terjal harus membuat kawan para wisatawan lebih berhati-hati, terkhsusus ketika cuaca sedang hujan. Untuk lebih lengkapnya, simak rute Pantai Wonogoro berikut.

Rute Pantai Wonogoro

Untuk dapat sampai ke Pantai Wonogoro, kawan bisa melalui 3 rute perjalanan. Pertama melewati rute Kecamatan Bantur, Gedangan, serta Sitiardjo. Namun, dari ketiga rute tersebut, rute yang paling disarankan adalah rute perjalanan melalui Kecamatan Bantur karena lebih efesiensi waktu.

Namun, jika kawan menggunakan rute perjalanan dari Kabupaten Malang, kawan bisa mengambil rute menuju Jembatan Kedung Pendaringan. Ketika sudah sampai perempatan Panggunredjo dengan Gondanglegi, arahkan ke kiri menuju Jalan Dr Wahidin yang kemuidan lurus saja hingga tiba di Kabupaten Bantur serta Pasar Gombangan. Tak lama setelah itu, lurus lagi hingga tiba di Pantai Wonogoro yang tak jauh dari pertigaan Jalur Lintas Selatan.

Pantai Wonogoro ini sempat menjadi pertentangan oleh masyarakat sekitar akibat keberadaannya yang dianggap berisiko dapat merusak ekosistem pantai dari kegiatan pertambangannya. Selain itu, Pantai Wonogoro ini dinilai tidak memberikan keuntungan yang signifikan bagi masyarakat desa. Tetapi, Pantai Wonogoro ini tetap mempertahankan ketenangan dan pesona alamnya yang autentik, menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang ideal bagi kawan yang sedang mencari suasana tenang dengan keindahan yang memanjakan mata.

Tempat Wisata di Malang yang Cocok Untuk Berlibur

Daya Tarik Pantai Wonogoro

Menawarkan beberapa fasilitas

Pantai Wonogoro ini menawarkan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh kawan pengunjung saat berlibur. seperti beberapa di antaranya pantai ini menawarkan banyak gazebo, tempat parkir yang luas, warung makan, mushola dan juga toilet. Selain itu, kawan dapat menikmati pemandangan pantai sambil melihat anak-anak bermian pasir dan ditemani deburan ombak dan angin yang menyejukkan hati.

Menawarkan pilihan makanan

Selain memiliki keindahan dan beberapa fasilitas yang bisa kawan gunakan. Pantai ini juga memiliki beberapa pilihan menu makanan yang bisa menjadi rekomendasi ketika kawan berkunjung di sini. Pantai Wonogoro ini menyediakan beberapa warung kecil yang baru dibangun dengan banyak hidangan menu. Seperti bakso, mie goreng, nasi goreng dan banyak lagi, juga menu minuman lain yang menyegarkan dan mampu mengisi perut kawan setelah menikmati pemandangan Pantai Wonogoro.

Terdapat muara sungai

Pantai ini memiliki aliran muara sungai yang menghubungkan Sungai Kalisat dan Pantai Wonogoro di sebelah barat pantai. Muara sungai ini seakan-akan seperti membelah pantai menjadi dua bagian yang memiliki warna air berbeda dengan laut.

Ide Kegiatan di Pantai Wonogoro

Camping dan BBQ di pesisir pantai

Dengan pemandangan Pantai Wonogoro yang indah, kawan bisa memanfaatkan pesisir pantai untuk berkemah dan juga BBQ bersama keluarga atau teman-teman. Kegiatan ini juga dapat melepaskan stres dan mengukir kenangan yang indah.

Berswafoto

Selain berkemah, kawan juga dapat berswafoto untuk mengabadikan momen di Pantai Wonogoro.

Berjalan Menyusuri Pantai yang Panjang

Selain camping, kawan dapat menikmati pesisir pantai dengan berjalan-jalan menghabiskan waktu untuk menyusuri pantai yang panjang. Kegiatan ini dapat merefleksikan pikiran kawan setelah menjalani hiruk-pikuk kehidupan di perkotaan.

Harga Tiket Pantai Wonogoro

Pantai Wonogoro dikenal sebagai pantai baru yang kini masih terbilang sepi pengunjung. Namun, pantai ini sudah memberikan ketentuan harga tiket masuk yang standar. Berikut harga tiket Pantai Wonogoro.

Tiket masuk: Rp15.0000

Parkir Motor: Rp5.000

Parkir Mobil: Rp10.000

Harga tersebut merupakan harga standar yang bisa terjadi kemungkinan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu dan tergantung kebijakan Pantai Wonogoro.

Untuk jam operasional pantai ini mulai dari jam 07;00 WIB sampai 19:00 WIB. Kunjungan kawan tinggal menyesuaikan saja ingin melihat indahnya matahari terbit, atau matahari terbenam.

15 Tempat Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi untuk Liburan

Tips Berkunjung ke Pantai Wonogoro

Saat berkunjung ke pantai ini, disarankan untuk tidak saat musim hujan, karena dapat membuat medan pantai lebih riskan licin atau dapat menyulitkan kegiatan kawan selama berkunjung.

Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah pagi dan sore hari. Waktu tersebut tepat untuk menikmati matahari terbit dan terbenam.

Selalu waspada ketika kawan sedang menikmati laut tanpa pengaman, sekalipun air tenang, diharapkan tidak lengah dengan pengawasan anak-anak dan sanak saudara.

Referensi

  • https://nagantour.com/pantai-wonogoro-pantai-hits-baru-di-malang/
  • https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Pantai_Wonogoro
  • https://www.konteks.co.id/lainnya/187085/surga-tersembunyi-pantai-wonogoro-malang-daya-tarik-wisata-rute-dan-tiket-gratis/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

PN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini