7 Fakta Menarik tentang Indonesia yang Jarang Orang Asing Ketahui

7 Fakta Menarik tentang Indonesia yang Jarang Orang Asing Ketahui
info gambar utama

Indonesia adalah negara kepulauan di Asia Tenggara dengan lebih dari 17.000 pulau dan memiliki lebih dari 300 suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayahnya. Setiap suku bangsa memiliki kebudayaan, bahasa, dan tradisi uniknya sendiri, yang menciptakan keragaman budaya yang kaya di Indonesia.

Indonesia bukan hanya sekadar destinasi wisata yang indah, tetapi juga merupakan perpaduan keajaiban alam, kekayaan budaya, dan keramahan penduduknya.

Setiap sudut Indonesia menyimpan kejutan yang menarik, siap untuk dijelajahi oleh siapa pun yang ingin merasakan pesona negeri ini.

Indonesia menyimpan sejumlah fakta menarik yang sering kali luput dari perhatian orang asing. Namun, di balik popularitasnya sebagai tujuan wisata, masih banyak fakta menarik tentang Indonesia yang jarang diketahui orang asing. Berikut adalah penjelasannya!

1. Keindahan Alam Indonesia

Mulai dari pantai berpasir putih di Bali, Lombok, dan Raja Ampat, hingga gunung berapi yang megah seperti Gunung Bromo dan Gunung Rinjani, Indonesia memamerkan pemandangan alam yang memukau. Hutan hujan tropis Kalimantan dan Papua juga memiliki pegunungan dengan salju abadi bernama "Pegunungan Cartenz" yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta petualangan dan penggemar alam.

Siswa di Jepang Raih Predikat Sangat Unggul dalam Uji Kompetensi Bahasa Indonesia

2. Taman Nasional Lorentz adalah Situs Warisan Dunia UNESCO Terbesar di Dunia

Taman Nasional Lorentz di Papua merupakan situs warisan dunia terbesar di dunia yang mencakup area seluas 2,35 juta hektar. Hal ini menjadikannya kawasan konservasi terbesar di Asia Tenggara dan membentang lebih dari 150 km dari pegunungan cordillera tengah Irian Jaya di utara hingga Laut Arafura di selatan.

Taman Nasional Lorentz terletak di Provinsi Papua, Indonesia, di sepanjang jajaran “Pegunungan Mandala” dengan Puncak Cartenz (4884 mdpl) merupakan puncak tertinggi di Asia Tenggara.

3. Ada Lebih dari 700 Bahasa yang Digunakan di Indonesia

Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang memiliki jumlah penduduk paling banyak, sekitar 272.249.000 jiwa dan memiliki lebih dari 700 bahasa yang digunakan secara aktif. Hal itu menjadikannya salah satu negara dengan keragaman bahasa terbesar di dunia. Dan bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara ini dan digunakan di seluruh Indonesia sebagai bahasa persatuan.

4. Komodo (Varanus komodoensis) Hanya Ditemukan di Taman Nasional Komodo

Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies purba yang langka dan hampir punah, komodo spesies tersebut hanya Kawan GNFI temukan di Taman Nasional Komodo. Hewan komodo merupakan makhluk besar mirip kadal raksasa dengan memiliki panjang 2—3 m dan berat mencapai 165 kg, atau 100 kg saat perut kosong.

Menumbuhkan Kurma di Indonesia: Bisakah Pohon Gurun Berbuah di Tanah Tropis?

5. Mempunyai Makanan Khas yang Beragam

Makanan Indonesia
info gambar

Makanan Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempah dan cita rasanya yang khas. Beberapa makanan khas Indonesia yang terkenal antara lain nasi goreng, rendang, sate, dan gado-gado. Yang mengagumkannya lagi, setiap provinsi di Indonesia memiliki makanan khasnya sendiri dan beraneka ragam dari makanan berat hingga makanan ringan.

6. Pulau Bali adalah Tempat bagi Uniknya Subak, Sistem Irigasi Tradisional yang Dilindungi UNESCO

Subak mencerminkan konsep filosofis Tri Hita Karana yang menyatukan alam roh, dunia manusia, dan alam. Filosofi ini lahir dari pertukaran budaya antara Bali dan India selama 2.000 tahun terakhir dan telah membentuk lanskap Bali. Sistem irigasi tradisional Subak di Bali juga telah diakui sebagai warisan dunia UNESCO.

7. Mempunyai Jumlah Pulau Terbanyak di Dunia

Pulau Kalimantan
info gambar

Indonesia terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, menjadikannya negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Dari jumlah tersebut, kurang lebih 6.000 pulau yang berpenghuni dengan 60 persen penduduk Indonesia paling banyak tinggal di pulau Jawa. Adapun penduduk lainnya berada di pulau besar selain itu, seperti Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Papua.

Dengan fakta-fakta menarik tentang Indonesia ini, diharapkan orang asing dan Kawan GNFI yang ingin berlibur dapat lebih mengenal Indonesia bukan hanya sebagai tempat wisata yang indah, tetapi juga sebagai negeri yang kaya akan budaya, sejarah, dan keanekaragaman alam yang menakjubkan.

Semoga artikel ini bisa membantu dalam memperluas pengetahuan tentang kekayaan yang ada Indonesia.

Mengenal Pamsimas dan Sanimas, Solusi Penyediaan Air Minum dan Sanitasi di Indonesia

Sumber:

  • Lorentz National Park - UNESCO World Heritage Centre
  • Indonesia | Ethnologue Free
  • https://indonesiabaik.id/infografis/taman-nasional-komodo
  • https://whc.unesco.org/en/list/1194/
  • https://data.goodstats.id/statistic/elmaarmavillia/7-negara-dengan-jumlah-pulau-terbanyak-GJXiZ

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AW
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini