Deretan Mobil Hybrid Murah Paling Dicari di Indonesia

Deretan Mobil Hybrid Murah Paling Dicari di Indonesia
info gambar utama

Akhir-akhir ini, pemerintah semakin gencar mendorong masyarakat untuk menggunakan mobil listrik. Hal itu bukan tanpa alasan karena mobil listrik dapat menjadi solusi atas polusi udara yang disebabkan oleh emisi karbon kendaraan.

Namun, tentu tidak mudah untuk langsung beralih ke mobil listrik karena sudah terbiasa menggunakan mobil konvensional. Untuk itu, banyak perusahaan mobil yang membuat mobil hybrid, yaitu mobil yang menggunakan dua sumber energi, bahan bakar bensin dan listrik. Mobil hybrid dirasa menjadi solusi yang tepat sebelum benar-benar beralih ke mobil listrik.

Nah, bagi Kawan GNFI yang tertarik dan hendak membeli mobil hybrid, berikut rekomendasi mobil hybrid murah yang bisa menjadi pilihan kamu!

Suzuki Ertiga Hybrid

Rekomendasi mobil hybrid murah yang pertama adalah Suzuki Ertiga Hybrid. Sejak awal diluncurkan pada 2022 lalu, mobil ini langsung menarik perhatian banyak orang karena memiliki banyak fitur, tetapi dibanderol dengan harga cukup murah, yaitu sekitar Rp270—296 juta.

Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan teknologi smart hybrid yang membuat mobil ini lebih irit bahan bakar sekaligus mengurangi emisi gas buang. Mobil ini juga memperhatikan kenyamanan pengguna terhadap pengisian ulang baterai. Daya listrik pada baterai lithium-ion yang digunakan Suzuki Ertiga Hybrid dapat terisi secara otomatis sehingga tidak perlu repot-repot ke SPKL untuk mengisi ulang.

Perjalanan Futuristik: Filipina Jajaki Kolaborasi untuk Membuat Mobil Terbang

Masuk ke bagian dalam mobil yang didominasi warna hitam dan abu-abu sehingga memberikan kesan yang elegan. Pada bagian dashboard sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh 8 inci. Ada pula sensor parkir kamera belakang yang akan membantu pengemudi saat hendak memarkir mobil.

Nissan Kicks e-Power

Selanjutnya, ada Nissan Kicks e-Power yang juga menjadi rekomendasi mobil hybrid murah. Mobil ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2020 dan dibanderol dengan harga sekitar Rp449 juta.

Untuk dimensi, Nissan Kicks e-Power memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.700 mm, tinggi 1.600 mm, wheelbase 2.600 mm, dan ground clearance 175 mm. Dimensi tersebut rasanya pas karena mobil ini termasuk ke dalam segmen compact SUV. Ruang kabinnya cukup untuk 4—5 orang, serta kapasitas bagasi yang cukup menampung barang sebesar 423 liter.

Nissan Kicks e-Power menggunakan mesin HR12DE 1.200 cc 3 silinder yang dapat menghasilkan tenaga 79 PS pada 6.000 rpm dan torsi 103 Nm pada 3.600—5.200 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan AC3 Synchronous Motor kode EM57 yang memiliki tenaga maksimal 129 PS pada 4.000—8.992 rpm dan torsi 260 Nm pada 500—3.008 rpm.

Terinspirasi dari Awan, Ini Keunggulan Cloud EV dari Dua Mobil Listrik Wuling

Honda CR-Z Hybrid

Rekomendasi mobil hybrid murah selanjutnya adalah Honda CR-Z Hybrid yang sudah cukup lama dirilis di Indonesia, yaitu tahun 2012 lalu. Meski begitu, mobil ini tidak ketinggalan zaman karena terus diperbarui dengan fitur-fitur canggih.

Bagian interior Honda CR-Z Hybrid memberikan kesan mewah, terutama bagian jok yang dibuat lebih premium dengan bahan kulit. Bagian kabin juga sudah dilengkapi dengan pendingin otomatis yang membuat kabin langsung sejuk tanpa harus menunggu lama.

Selain itu, Honda CR-Z Hybrid juga sudah dilengkapi dengan cruise control yang membuat pengemudi bisa mengontrol kecepatan tanpa harus menginjak pedal gas. Ada pula fitur rem parkir elektrik yang membantu pengemudi untuk memarkir mobil di tempat yang sempit sekali pun.

Hanya dengan menekan satu tombol, mobil akan otomatis terparkir dengan baik. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp246—380 juta tergantung tipe yang dipilih.

Wuling Almaz Hybrid

Selanjutnya, ada Wuling Almaz Hybrid yang menggunakan mesin dengan kapasitas cukup besar, yaitu 2.000 cc. Mesin tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimal 123 hp pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 168 Nm pada 4.000—4.400 rpm.

Untuk tenaga listriknya, Wuling Almaz Hybrid menggunakan baterai ternary lithium-ion dengan kapasitas 1,8 kWh yang diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimal 174 hp dan torsi maksimum 320 Nm.

Wuling Almaz Hybrid memiliki tiga mode berkendara, yaitu EV mode, hybrid parallel, dan series hybrid. Namun, pengemudi tidak perlu memilih salah satu mode berkendara tersebut karena sistem akan secara otomatis memilih sesuai dengan kondisi baterai, kebutuhan daya, serta kondisi jalan. Harganya juga cukup kompetitif, yaitu sekitar Rp424 juta tergantung tipe yang dipilih.

PLN Borong 10 Ribu Mobil Listrik BYD buat Kendaraan Operasional

Toyota Yaris Cross Hybrid

Rekomendasi mobil hybrid murah selanjutnya adalah Toyota Yaris Cross Hybrid. Mobil ini memiliki performa mesin yang cukup tangguh dengan menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc 4 silinder dan baterai lithium-ion.

Toyota Yaris Cross Hybrid juga dilengkapi dengan sunroof sehingga memberikan kesan mewah. Salah satu fitur unggulannya, yaitu power back door dengan kick sensor. Fitur ini memudahkan penumpang untuk membuka bagasi. Mobil ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp440 juta.

Itulah 5 rekomendasi mobil hybrid murah yang bisa menjadi pilihan. Menggunakan mobil hybrid adalah pilihan yang tepat agar terbiasa menggunakan mobil dengan tenaga listrik. Secara langsung, artinya ikut mengurangi polusi udara akibat emisi gas buang. Bagaimana? Tertarik membeli dan menggunakan mobil hybrid?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini