Pesantren Ramadhan di Kota Padang, Sarana bagi Siswa Sekolah untuk Dalami Agama Islam

Pesantren Ramadhan di Kota Padang, Sarana bagi Siswa Sekolah untuk Dalami Agama Islam
info gambar utama

Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi setiap umat Muslim untuk beribadah serta belajar lebih dalam tentang agama Islam yang dianutnya.

Banyak kegiatan keagamaan yang bisa Kawan temukan selama bulan suci bagi umat Islam ini, seperti ceramah Subuh hingga tausiyah agama menjelang Shalat Tarawih di malam hari.

Tahukah Kawan, Pemerintah Kota Padang memiliki program khusus yang berlangsung selama bulan Ramadan bagi setiap siswa sekolah, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas untuk mengenal Agama Islam secara lebih mendalam?

Program yang sudah berjalan sejak dua dekade lalu ini dikenal sebagai "Pesantren Ramadhan".

Simak ulasan tentang Pesantren Ramadhan pada bagian berikut ini agar Kawan bisa mengenal lebih dalam tentang program tersebut!

Penting Diketahui, Ini 6 Manfaat Puasa Bagi Tubuh

Mengenal Program Pesantren Ramadhan

Pesantren Ramadhan merupakan sebuah program pembelajaran yang diadakan oleh Pemerintah Kota Padang untuk menggantikan proses belajar mengajar di bangku sekolah selama bulan tersebut.

Selama Bulan Ramadan, setiap siswa sekolah akan libur bersekolah dan dialihkan untuk mengikuti program Pesantren Ramadhan di masjid dan musala yang ada di dekat domisili masing-masing.

Perlu Kawan ketahui, program Pesantren Ramadhan sudah memasuki usianya yang ke-20 pada tahun ini.

Dikutip dari artikel Hasan Zaini, dkk. dalam Jurnal Iqra', program ini pertama kali dicanangkan oleh Pemerintah Kota Padang sejak 2004 lalu.

Pada tahun ini, kegiatan Pesantren Ramadhan diadakan serentak di seluruh masjid maupun musala yang ada di Kota Padang, sejak 15 Maret hingga 4 April 2024 nanti.

Materi pembelajaran yang akan dipelajari oleh setiap siswa juga tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni berkaitan dengan akhlak, akidah, ibadah, dan tokoh-tokoh penting dalam Islam.

Kegiatan Siswa di Pesantren Ramadhan

Contoh kegiatan Pesantren Ramadhan di Kota Padang © pop.tni-au.mil.id
info gambar

Pada dasarnya, setiap siswa akan menjalankan aktivitas pembelajaran agama selama menjalani program Pesantren Ramadhan.

Sambut Bulan Ramadan, Intip Tips Jitu Agar Puasa Tetap Fit

Beberapa contoh kegiatan pembelajaran yang dijalani oleh setiap siswa ketika mengikuti program ini di antaranya:

1. Hafalan Surat Wajib

Setiap siswa biasanya akan mendapatkan hafalan surat wajib yang harus disetorkan kepada masing-masing guru pendamping selama proses Pesantren Ramadhan.

Hafalan surat wajib ini bagi setiap siswa sekolah juga berbeda-beda, tergantung tingkatan kelas masing-masing peserta didik.

2. Hafalan Hadits

Selain menghafal surat wajib, setiap siswa biasanya juga harus menyetorkan hafalan hadits yang sudah ditentukan ketika menjalani program ini.

3. Praktik Ibadah

Para siswa akan belajar tentang berbagai macam praktik ibadah yang dilakukan sehari-hari, mulai dari wudhu hingga gerakan salat.

Manfaat Pesantren Ramadhan bagi Siswa Sekolah

Dilansir dari artikel Romi Kurniawan, dkk. di Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar dan Wahyu Fitriana Defi di Jurnal Adaara, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh siswa sekolah di Kota Padang ketika mengikuti program Pesantren Ramadhan.

1. Menambah Wawasan tentang Agama Islam

Manfaat pertama yang bisa dirasakan oleh setiap siswa yang mengikuti Pesantren Ramadhan adalah menambah wawasan tentang Islam dengan lebih dalam.

Dalam bagian sebelumnya sudah dijelaskan banyak sekali kegiatan keagamaan yang akan dijalani oleh setiap siswa selama mengikuti program ini.

Tidak hanya itu, setiap siswa juga akan mendapatkan pemaparan materi dari guru maupun penceramah terkait ajaran Islam yang jauh lebih detail jika dibandingkan dengan pembelajaran di bangku sekolah.

Terlebih para siswa juga diwajibkan untuk mencatat materi tausiyah yang disampaikan oleh para penceramah sebelum pelaksanaan salat Tarawih berjamaah di masjid atau musala masing-masing.

Oleh sebab itu, setiap siswa sekolah akan bisa memperdalam ilmu agama yang mereka miliki jika mengikuti Pesantren Ramadhan ini dengan baik dan sungguh-sungguh.

Ramadan Tiba, Jangan Lupa Ikut Buka Puasa Bersama di Masjid Istiqlal

2. Menambah Pengetahuan Lainnya

Para siswa yang mengikuti program Pesantren Ramadhan tidak hanya akan mendapatkan wawasan seputar tentang Islam saja, tetapi juga tentang pengetahuan dalam bidang ilmu lain, seperti kesehatan, literasi, sejarah, dan lainnya.

Biasanya pemateri yang akan mengisi pembelajaran tidak hanya berasal dari kalangan ustadz maupun ahli agama saja.

Siswa sekolah yang mengikuti juga akan mendapatkan pemaparan materi dari narasumber lain, seperti petugas Puskesmas yang menyampaikan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar.

3. Latihan Ibadah dengan Teratur

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan oleh siswa yang mengikuti program Pesantren Ramadhan adalah bisa melatih diri untuk bisa menjalankan ibadah secara teratur.

Para siswa biasanya akan diberi jadwal shalat yang harus diisi setiap waktunya.

Tidak hanya ibadah wajib, para siswa juga dilatih untuk menjalankan ibadah sunah lainnya, seperti salat Duha dan salat Tarawih.

Sumber:
- Romi Kurniawan, dkk. "Peranan Pesantren Ramadhan dalam Membangun Karakter Keislaman bagi Peserta Didik Tingkat Sekolah" dalam di Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 8. no. 1, 2023, hal. 4423-4438.
- Wahyu Fitrina Defi. "Problematika Pengelolaan Pesantren Ramadhan Tingkat SD dan SMP di Lubuk Buaya Kota Padang Provinsi Sumatera Barat" dalam Jurnal Aadara, vol. 12, no. 2, 2022, hal. 132-141.
- Hasan Zaini, "The Students’ Religion Attitude: Study of Pesantren Ramadhan for
Senior High School in Padang City" dalam Jurnal Iqra', vol 5, no. 1, 2020, hal. 120-132.
- https://infopublik.id/kategori/nusantara/827745/pesantren-ramadhan-1445-h-dimulai-14-maret-2024
- https://infopublik.id/kategori/nusantara/818925/pemko-padang-kembali-gelar-pesantren-ramadhan-1445-h

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini