Pemerintah Akan Sebar 6.800 Undangan Upacara HUT RI di IKN

Pemerintah Akan Sebar 6.800 Undangan Upacara HUT RI di IKN
info gambar utama

Pemerintah Indonesia akan menyebarkan 6.800 undangan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyampaikan, pihaknya diminta negara untuk menyiapkan acara sakral tersebut, tapi panitianya berasal dari Kementerian Sekretariat Negara (Sesneg).

”Insyaallah jumlahnya 6.800-an undangan. Apakah siap? Kalau lihat dari progres yang ada, insyaallah kita bisa melakukan satu upacara di lapangan upacaranya,” jelas Bambang dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR RI yang tayang secara virtual, Senin (18/1/2024).

Bambang menggambarkan, lingkungan lapangan upacara di IKN sudah mulai terlihat hijau. Beberapa pohon tumbuh tinggi di kiri dan kanan. Dia berharap, saat 17 Agustus tiba, pepohonan itu sudah elok dipandang.

25 Instansi Siap Pindah ke IKN, Ini Daftarnya

Dia lalu mengungkapkan bahwa ada hotel berkapasitas 200 kamar yang dibangun dari investor swasta, siap difungsikan untuk mendukung upacara HUT ke-79 RI.

”Kemudian, juga beberapa fasilitas kesehatan dan pendidikan. Mudah-mudahan kita bisa lihat di lapangan. Harapan kami, sekali lagi, ini baru tahap 1 di 2024. Napasnya harus panjang sampai 2045,” tandas Bambang.

Pada kesempatan berbeda, Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengungkapkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI tengah mengebut pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke arah Bandara VVIP, lalu naik ke IKN.

”Itulah tol yang diharapkan selesai pada Agustus, sehingga nanti pada waktu upacara, mobilitas sekitar 6.800 tamu undangan, termasuk duta-duta besar, itu akan melewati tol tersebut,” papar Jaka dalam Sosialisasi dan Diskusi Terkait Kesiapan Pemindahan Ibu Kota Negara bersama Ombudsman RI, Kamis (21/3/2024).

AS Hibahkan Rp38,9 Miliar untuk Dukung IKN Jadi Kota Pintar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini