Murah dan Irit BBM, Ini 5 Mobil LCGC yang Masih Layak Dibeli di 2024

Murah dan Irit BBM, Ini 5 Mobil LCGC yang Masih Layak Dibeli di 2024
info gambar utama

Mobil Low Cost Green Car(LCGC) merupakan sebuah program pemerintah yang mengatur tentang kendaraan harga ekonomis dan ramah lingkungan. Dengan begitu, mobil LCGC banyak menjadi incaran pencinta mobil dan masih layak dibeli di tahun 2024.

Keunggulan mobil LCGC

Bagi Kawan GNFI yang masih ragu untuk membeli mobil LCGC, berikut kelebihan dan alasan mobil LCGC masih layak dibeli di tahun 2024!

Irit bahan bakar

Salah satu syarat sebuah mobil masuk kategori LCGC ini adalah ramah lingkungan. Untuk itu, penggunaan komponen bahan bakar harus efisien agar tidak terlalu banyak menimbulkan polusi.

Konsumsi bahan bakar mobil LCGC dirancang 1 liter untuk minimal jarak tempuh 20 kilometer. Penggunaan bahan bakar yang irit tentu menambah nilai plus mobil LCGC.

Fakta Unik, Tidak Terdapat Nomor Plat C di Kendaraan Indonesia

Harga terjangkau

Selain ramah lingkungan, mobil yang masuk kategori LCGC juga harus ramah di kantong. Fokus program LCGC adalah city car murah sehingga targetnya adalah masyarakat di perkotaan.

Mobil jenis LCGC biasanya dibanderol di bawah Rp200 juta untuk kondisi baru, tergantung varian dan fitur-fiturnya. Dengan begitu, mobil jenis ini terbilang cukup murah dan dapat dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah di perkotaan. Selain itu, harga jual kembali mobil jenis ini juga cukup stabil dan banyak peminatnya.

Perawatan mudah dan murah

Selain harga belinya yang terjangkau, perawatan mobil jenis LCGC juga terbilang murah. Hal ini pula yang membuat banyak orang membeli mobil LCGC karena biaya servisnya yang terjangkau, bahkan di bengkel resminya. Apabila ingin lebih murah, kamu bisa melakukan servis di bengkel umum.

Selain itu, ketersediaan sparepart mobil LCGC juga melimpah dan murah karena populasi mobil jenis ini sudah cukup banyak. Dengan begitu, merawat mobil jenis ini bisa dibilang sangat mudah.

Rekomendasi mobil LCGC favorit masyarakat Indonesia

Berikut beberapa rekomendasi mobil LCGC yang masih layak dibeli di tahun 2024 dan bisa menjadi pilihanmu.

Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla menjadi salah satu mobil LCGC yang cukup populer, terutama di kalangan anak muda. Mobil ini memiliki kapasitas 4—5 orang sehingga dimensinya tidak terlalu besar.

Fitur yang ada dalam mobil ini cukup sederhana sehingga cocok bagi pengemudi pemula. Mobil ini juga kerap menjadi first buy car karena harganya yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp130 juta, tergantung varian dan fitur yang dipilih.

Mengenal Euro 5, Standar Emisi Kendaraan yang Akan Diterapkan di Indonesia

Toyota Calya

Pilihan mobil LCGC selanjutnya adalah Toyota Calya yang memiliki mesin dengan kapasitas 1.200 cc yang sangat efisien dalam konsumsi bahan bakar. Mobil ini dirancang dengan konsep yang sangat fungsional. Interiornya dilengkapi dengan kursi yang nyaman dan dapat diatur sesuai kebutuhan. Bagasinya juga cukup luas untuk membawa barang bawaan.

Karena mobil ini termasuk LCGC, harganya juga terjangkau, yaitu mulai dari Rp150 juta. Meski terjangkau, mobil ini juga tetap dilengkapi dengan teknologi terkini, seperti fitur keselamatan ABS (Anti-Lock Braking System).

Toyota Agya

Satu lagi mobil LCGC dari brand Toyota, yaitu Toyota Agya yang dibanderol mulai dari Rp160 juta. Mobil ini memiliki desain eksterior yang sporty dan kekinian sehingga disukai banyak anak muda.

Untuk interiornya, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Misalnya saja, jok depan yang berwujud semi bucket seat dan head unit yang mendukung koneksi Bluetooth (tipe 1.2 G dan TRD), serta kontrol audio pada palang kemudi.

Sebagai city car, mobil ini menjunjung tinggi nilai praktis, terutama dalam penggunaannya. Dimensinya yang tidak terlalu besar membuat mobil ini sangat lincah untuk melewati keramaian lalu lintas perkotaan.

Honda Brio Satya

Honda Brio Satya menjadi salah satu mobil LCGC terlaris. Banyak orang memilih untuk memilih mobil ini karena harganya yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp160 juta. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan ABS (Anti-Lock Braking System).

Mobil ini mengusung mesin 1.200 cc yang membuat performa dan efisiensinya tidak mengecewakan dan cukup untuk menghela bobot ringan, baik di perkotaan maupun saat liburan bersama keluarga. Performa transmisi matik dan CVT yang digunakan juga sangat responsif. Tidak heran, Honda Brio Satya kerap masuk jajaran mobil terlaris tiap tahunnya.

Limbah Baterai, Ancaman dalam Pengelolaan Kendaraan Listrik

Daihatsu Sigra

Rekomendasi mobil LCGC yang terakhir adalah mobil dari brand Daihatsu, yaitu Daihatsu Sigra yang dibanderol mulai dari Rp130 juta, tergantung varian yang dipilih. Dengan kapasitas 7 penumpang, mobil ini bisa menjadi pilihan untuk city car sekaligus mobil keluarga.

Dengan harga yang terbilang terjangkau untuk mobil baru, fitur yang dimiliki Honda Brio Satya sudah cukup lengkap. Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan, seperti dual SRS airbag, side impact beam, immobilizer, dan ABS (Anti-Lock Braking System).

Itulah beberapa keunggulan dan alasan mobil LCGC menjadi pilihan banyak orang dan masih layak dibeli di tahun 2024, serta beberapa rekomendasi mobilnya.

Kamu dapat mendapatkan mobil yang sudah dilengkapi fitur-fitur menarik dan canggih dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan membeli mobil LCGC, artinya kamu juga telah ikut andil untuk mengurangi polusi.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini