2 Hal Istimewa dari Suksesnya Lanny/Ribka Juara Swiss Open 2024

2 Hal Istimewa dari Suksesnya Lanny/Ribka Juara Swiss Open 2024
info gambar utama

Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, juara Swiss Open 2024. Ada hal yang membuat kesuksesan itu jadi begitu istimewa.

Lanny/Ribka meraih juara ganda putri Swiss Open 2024 setelah mengalahkan pasangan Taiwan Hsu Ya Ching/Lin Wan Ching dalam partai final. Bermain di St. Jakobshalle, Basel, Minggu (24/3/2024) malam WIB, mereka harus melewati rubber game sebelum akhirnya keluar sebagai pemenang.

Pada gim pertama, Lanny/Ribka ketinggalan lebih dulu setelah tumbang 13-21. Lalu pada gim kedua, barulah mereka bisa membalas 21-16.

Pada gim ketiga, Lanny/Ribka mampu unggul telak atas lawannya. Mereka menutup gim ini dengan menang 21-8.

Kesuksesan Lanny/Ribka juara Swiss Open 2024 bukan gelar biasa. Sebab, ada tiga hal berikut ini yang membuatnya begitu istimewa:

1. Gelar BWF World Tour Pertama

Bagi Lanny/Ribka, ini adalah gelar BWF World Tour pertama mereka. Seperti diketahui, Swiss Open 2024 adalah bagian dari turnamen BWF World Tour dengan level Super 300.

"Alhamdullilah akhirnya bisa juara di Super 300, rasanya bangga dan senang pastinya," ujar Ribka dalam keterangan tertulis PBSI.

Sebelumnya, Ribka dan Lanny sama-sama baru pernah merasakan juara di turnamen level Super 100. Meski jadi bagian dari rangkaian turnamen bulu tangkis dunia BWF, turnamen dengan level tersebut tidak termasuk dalam kategori World Tour.

Sebelum juara Swiss Open 2024, pencapaian tertinggi Ribka adalah satu kali juara turnamen Super 100, yakni Indonesia Masters Super 100 2019. Sementara itu, Lanny juga juara di ajang yang sama pada 2023.

2. Gelar Ganda Putri Pertama Indonesia di Swiss Open

Ribka/Lanny tidak hanya mencatatkan sejarah baru bagi diri mereka sendiri, melainkan juga Indonesia. Inilah pertama kalinya pasangan Indonesia juara di nomor ganda putri Swiss Open.

China tercatat sebagai negara yang paling berprestasi di ganda putri Swiss Open. China tercatat telah 15 kali juara, disusul oleh Denmark yang sudah 7 kali juara.

Prestasi Indonesia sendiri paling banyak disumbangkan oleh tunggal putra di mana ada empat gelar yang telah diraih. Namun pada edisi 2024 ini, hanya ganda putri yang menyumbang gelar bagi Indonesia.

All England 2024 dan Sederet Hal yang Membuatnya Begitu Spesial bagi Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini