Air Terjun Dua Warna di Sibolangit, Worth It untuk Dikunjungi!

Air Terjun Dua Warna di Sibolangit, Worth It untuk Dikunjungi!
info gambar utama

Objek wisata alam tidak bisa tergeserkan oleh wisata lainnya. Sebab sampai kapan pun akan selalu diminati oleh seluruh kalangan. Terbukti dari ramainya orang yang berbondong-bondong pergi tanpa peduli jauhnya perjalanan yang ditempuh. Atau bahkan terkadang rute yang dilalui pun tidak mudah.

Memang pada dasarnya alam menyimpan keindahan yang menakjubkan. Menjadi pengingat betapa besarnya kuasa Tuhan hingga manusia tak bosan untuk mengaguminya. Mulai dari perbukitan, gunung-gunung, laut, pantai, dan sebagainya.

Ada juga air terjun yang tak kalah digemari, meski di sisi lain tak mudah ditemui. Apa lagi jika ada keunikan tertentu. Seperti yang terdapat di Kecamatan Sibolangit, yang mendapat julukan “Air Terjun Dua Warna”.

Tangkahan dan Gajah, Ternyata Bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser

Apa yang Istimewa dari Air Terjun Dua Warna?

Sesuai namanya, air terjun yang satu ini memiliki dua gradasi warna. Pertama, berwarna putih keabu-abuan dari tampungan pancurannya. Sementara pancurannya sendiri berwarna biru muda.

Berada pada ketinggian sekitar 1720 mdpl, asal airnya pun berasal dari Gunung Sibayak. Itu sebabnya aliran air yang berwarna putih keabu-abuan tersebut mengandung belerang atau sulfur. Hal itu pula yang menjadikan suhu air terasa lebih hangat. Tidak seperti suhu air terjun pada umumnya yang lebih dingin dan sejuk.

Lokasi Tepat Air Terjun Dua Warna

Berada di Desa Durin, kawasan Gunung Sibayak, Sumatra Utara. Jika dari Medan, maka hanya perlu menempuh jarak sepanjang 60 km. Kawan tidak perlu khawatir akan tersasar, sebab lokasinya berada di kawasan perkemahan Sibolangit yang terkenal. Jika dari Medan, jarak tempuhnya sekitar 60 km.

Ternyata belum cukup sampai di situ. Untuk benar-benar sampai di kawasan Air Terjun Dua Warna, Kawan harus mentiapkan tenaga dan mental yang cukup karena harus berjalan kaki menyusuri hutan selama kurang lebih 3 jam.

Pesona Desa Adat Wae Rebo, Kota Kecil yang Masuk Daftar Kota Paling Indah di Dunia

Air Terjun Dua Warna Worth It untuk Dikunjungi

Jangan sampai nyali Kawan ciut duluan karena membaca betapa besarnya perjuangan untuk menuju Air Terjun Dua Warna.

Percayalah, lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan tropis yang rimbun memiliki keunggulan tersendiri. Begitu sampai, Kawan seolah tengah berada di sisi alam yang menenangkan.

Yah, tepat sekali bagi orang-orang yang ingin bersitirahat dari kebisingan kota dan padatnya hiruk-pikuk kota yang didominasi polusi. Air Terjun Dua Warna akan menjadi tempat liburan sekaligus istirahat yang tidak akan mengecewakan.

Rindangnya pepohonan di hutan membuat perjalanan terasa sejuk. Belum lagi udara bersih yang menyenangkan paru-paru. Ditambah dengan suara alam beserta hewan-hewan yang ada di hutan. Begitu sampai di lokasi, suara aliran air pun ikut membantu untuk menenangkan jiwa dan raga.

Sajian yang diberikan oleh kawasan di sekitar Air Terjun Dua Warna akan membuat pecinta alam sejati merasa rugi bila hanya menikmatinya dalam waktu satu hari. Maka dari itu, jangan heran bila mendapati tenda yang didirikan di sana.

Cerita Pulau Sempu sebuah Surga Tersembunyi yang Berada di Malang

Aman Jika Ingin Berenang

Apa pentingnya datang ke air terjun tanpa berenang?

Untungnya Air Terjun Dua Warna aman bila pengunjung tertarik untuk bermain air. Dengan catatan tetap harus berhati-hati dengan menjaga jarak aman dari titik jatuhnya aliran air terjun. Kemudian, pengunjung juga tidak diperkenankan meminum air di sana. Berbahaya bila air yang mengandung belerang masuk ke dalam tubuh.

Referensi:

  • https://www.pesisir.net/air-terjun-dua-warna-sibolangit
  • https://northsumatrainvest.id/id/tourism/dua-warna-waterfall

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini