Cerita Pulau Sempu sebuah Surga Tersembunyi yang Berada di Malang

Cerita Pulau Sempu sebuah Surga Tersembunyi yang Berada di Malang
info gambar utama

Pulau Sempu sebuah permata tersembunyi di Malang, Jawa Timur adalah surga para pecinta alam. Pulau yang terletak di Sumbermanjing ini merupakan bagian dari kawasan cagar alam yang dilindungi oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jatim.

Pulau sempu menjadi cagar alam sejak zaman kolonial Belanda, Hal ini dibuktikan berdasarkan Besluit van den Gouverneur Generaal van Nederlandsch Indie No 69 dan No 46 tertanggal 15 Maret 1928.

Di balik Kesuksesan Bakso Kota Cak Man, Berawal dari Gerobak Keliling

Dinukil dari Beritawisata, pulau ini menawarkan keindahan alam yang hampir tidak terjamah, pantai-pantai indah dan suasana yang menyatu dengan alam. Salah satu daya tarik utama Pulau Sempu adalah Segara Anakan, laguna cantik yang ada di tengah-tengah pulau.

Danau ini juga dijuluki sebagai Blue Lagoon karena airnya yang tampak berwarna biru. Pada siang hari, air di Segara Anakan bakal lebih banyak akibat pasang air laut. Sehingga memberikan panorama indah.

Beragam tipe ekosistem

Dimuat dari Kompas, ditetapkannya wilayah ini sebagai cagar alam karena Pulau Sempu mempunyai beragam ekosistem, mulai hutan pantai, mangrove, dan hutan tropis dataran rendah yang hampir mendominasi keseluruhan pulau ini.

Pulau Sempu juga terdapat berbagai vegetasi, antara lain bendo, triwulan, wadang, dan buchanania. Semua vegetasi tersebut masih tumbuh baik, mulai dari vegetasi hutan dan juga mangrove.

Mengenal Bahasa “Walikan” sebagai Slang Kota Malang

Sedangkan fauna yang terdapat di kawasan pulau ini, yakni lutung jawa, kera hitam, kera abu-abu, babi hutan, kijang, kancil, raja udang, ikan beledok, kepiting, kelomang, kupu-kupu, dan juga semut.

Pulau ini juga menjadi rumah bagi 80 jenis burung, 11 mamalia, dan 5 reptil. Beberapa spesies di antaranya spesies langka seperti kangkareng perut putih, julang emas, dan juga rangkok badak.

Dilarang dikunjungi

Walau banyak kekayaan alam, Pulau Sempu tak bisa dikunjungi oleh wisatawan. Peraturan tersebut tertuang dalam surat edaran bernomor SE.02/k.2/BIDTEK.2/KSA/9/2017 tentang Larangan Aktivitas Wisata ke Cagar Alam Pulau Sempu.

Dikatakan Pulau Sempu tidak melayani kegiatan wisata maupun kegiatan lain tanpa seizin pengelola. Kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Sempu, berupa pendidikan dan penelitian dan harus mengantongi Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI).

Strudel Malang, Kue dengan Resep Tiruan yang Tenar Menjadi Buah Tangan

Karena adanya larangan tersebut warga hampir tidak dapat bertandang ke cagar alam yang terletak di selatan Malang ini. Tetapi petugas Cagar Alam Pulau Sempu kerap sekali memergoki warga yang mengaku mahasiswa ingin masuk ke tempat ini.

Pulau Sempu juga sempat didera isu penurunan status dari Cagar Alam menjadi Taman Wisata Alam. Isu tersebut mendapat penolakan dari sejumlah pihak khususnya para penggiat pecinta alam.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini