Galeri Indonesia Kaya, Keunikan Wisata dan Cara Berkunjung Menggunakan Transportasi Umum

Galeri Indonesia Kaya, Keunikan Wisata dan Cara Berkunjung Menggunakan Transportasi Umum
info gambar utama

Galeri Indonesia Kaya merupakan ruang budaya edukatif yang memberikan pesona informasi kekayaan budaya Indonesia, serta berbagai pertunjukan budaya dari seniman Indonesia, tiap akhir pekan.

Tempat wisata seni budaya ini berlokasi di Grand Indonesia, West Mall Lantai 8, Jl. M.H. Thamrin No.1, RT.1/RW.5, Kb. Melati, Tanahabang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dengan jam operasional mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 21.30 WIB.

Keunikan Wisata Seni Budaya, Galeri Indonesia Kaya

Pada galeri ini, pengunjung disuguhkan dengan kekayaan budaya nusantara mulai dari alat musik tradisional, mainan tradisional, baju adat, kuliner, pariwisata, dan tradisi, yang dikemas secara interaktif, modern, dan digital.

Konsep desa digital Galeri Indonesia Kaya ini, terdiri atas beberapa fasilitas unik berupa panel yang harus dilewati secara bertahap oleh pengunjung. Berikut panel yang harus dilewati pengunjung dikutip pada Indonesiakaya.com:

1. Bersatu Padu

Pada panel ini disuguhkan ilustrasi penduduk desa digital yang menggunakan pakaian tradisional Indonesia, untuk menyambut pengunjung yang datang.

2. Selaras Seirama

Selanjutnya, panel selaras seirama yang menyuguhkan tari-tarian tradisional. Penari membawakan berbagai macam tarian daerah dengan iringan musik tradisional.

3. Sajian Rasa

Merupakan warung digital yang menyajikan berbagai macam kuliner khas nusantara. Makanan tradisional dimasak langsung oleh koki digital, dan diceritakan pula mengenai fakta menarik makanan ini.

4. Arundaya

Pada panel ini, Kawan dapat menjadi penduduk desa Indonesia Kaya, serta berinteraksi dengan karakter lainnya, hanya dengan scan barcode yang telah disediakan.

Museum MACAN Umumkan Pameran Besar Perupa Ternama dari Australia pada 2024

5. Cerita Kita

Memuat cerita rakyat dalam buku besar digital. Kawan dapat menikmati panel ini, seperti sedang membaca buku yang besar.

6. Arungi

Panel ini mengajak Kawan untuk terbang menjelajahi desa dan berbagai tempat yang menarik.

7. Pesona Alam

Pada akhir kunjungan, disuguhkan ilustrasi flora dan fauna khas Indonesia.

Cara ke Galeri Indonesia Kaya Menggunakan Transportasi Umum

Seluruh fasilitas tersebut dapat dinikmati secara gratis, tanpa biaya. Kawan hanya perlu membayar parkir sesuai kendaraan yang digunakan.

Galeri ini juga dapat dijangkau menggunakan transportasi umum, sehingga tidak perlu repot untuk membayar parkir.

Berikut cara berkunjung ke Galeri Indonesia Kaya, menggunakan transportasi umum:

Menggunakan KRL Commuter Line

  1. Apabila menggunakan KRL, Kawan dapat turun di Stasiun Sudirman. Kemudian, dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki 600 meter dalam waktu tempuh 10 menit. Keluar melalui Pintu Timur, melewati terowongan kendal dan jalan hingga Grand Indonesia.
  2. Pengunjung yang datang dari arah Bogor, dapat transit di Stasiun Manggarai lalu naik KRL tujuan Kampung Bandan, dan turun di Stasiun Sudirman.
  3. Jika datang dari arah Jakarta Kota, dapat naik kereta tujuan Bogor dan transit di Stasiun Manggarai lalu naik kereta tujuan Stasiun Kampung Bandan, dan turun di Stasiun Sudirman.
  4. Bagi yang datang dari Tangerang, dapat transit di Stasiun Duri lalu naik kereta tujuan Stasiun Sudirman.
Serba-Serbi Inacraft, Pameran Kerajinan Tangan Terbesar di Indonesia

Menggunakan Transjakarta

  1. Kawan dapat turun di Halte Tosari dan berjalan kaki sejauh 120 meter dengan waktu tempuh 5 menit.
  2. Jika datang dari Jakarta Selatan, dapat naik bis koridor 1 (Blok M-Kota), 4C (TU Gas-Bundaran Senayan), 6 (Ragunan-Monas via Kuningan) dan M1 (Blok-M Kota).
  3. Jika datang dari Jakarta Pusat, dapat naik bis koridor 1 (Blok M-Kota) dan M1 (Blok M-Kota).
  4. Dari Jakarta Timur dapat naik bis koridor 4 (Pulogadung-Dukuh Atas), 4C (TU Gas-Bundaran Senayan), dan M7 (Kampung Rambutan-Harmoni).
  5. Sementara, bagi yang datang dari Jakarta Barat dan Jakarta Utara, dapat naik koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti) lalu transit di Kuningan Timur, kemudian menyeberang jembatan ke Kuningan Barat, lalu lanjut naik koridor 6 (Ragunan-Monas via Kuningan).

Menggunakan MRT

  1. Jika menggunakan MRT, Kawan dapat naik rute Lebak Bulus-Bundaran HI, kemudian turun di Stasiun MRT Bundaran HI dan berjalan kaki sekitar 400 meter atau dalam waktu tempuh 10 menit.
Pameran Arsitektur Terbesar di Indonesia Digelar, Bertajuk Keharmonisan Tiga Aspek

Referensi:

  • https://indonesiakaya.com/kunjungi-kami/galeri-indonesia-kaya/
  • https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/22/00150091/cara-ke-grand-indonesia-naik-krl-commuter-line-transjakarta-dan-mrt

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

WO
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini