Siswa di Kota Padang Panjang Dipulangkan Akibat Abu Vulkanik dari Gunung Merapi

Siswa di Kota Padang Panjang Dipulangkan Akibat Abu Vulkanik dari Gunung Merapi
info gambar utama

Gunung Marapi di Provinsi Sumatera Barat kembali bererupsi pada Rabu, 27 Maret 2024, diketahui Abu vulkanik erupsi Gunung Marapi tersebut berdampak sampai ke Kota padang. Gunung Marapi tersebut kurang lebih berjarak sekitar 10 kilometer dari Kota Padang.

Erupsi dari Gunung Marapi tersebut menimbulkan kolom abu dengan tinggi yang mengarah ke Barat menuju kota Padang Panjang. Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga di Kota Padang akhirnya memutuskan agar memulangkan dan meliburkan aktivas sekolah untuk keselamatan dan pencegahan bahaya akibat Gunung Marapi.

Penutupan Sekolah Akibat Erupsi Gunung Marapi

Setelah erupsi Gunung Marapi, pada Rabu, 27 Maret 2024 dini hari yang menimbulkan abu vulkanik yang cukup tebal, pemerintah memutuskan untuk memulangkan dan meliburkan siswa, guru-gitu, dan staf-staf sekolah. Untuk sementara ini, aktivitas sekolah diberhentikan sementara sebagai tindakan pencegahan untuk melindungi keselamatan dan keamanan dari bahaya abu vulkanik dan ancaman erupsi Gunung Marapi.

Nasrul, S.H, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut sesuai arahan dari Penjabat. Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si

Imbauan dari Dinas Pendidikan

Nasrul, S.H, M.Si selalu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), melakukan imbauan sesuai arahan dari Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si. Imbauan tersebut dilakukan sebagai tindakan pencegahan karena kondisi erupsi Gunung Marapi yang cukup berdampak kepada lingkungan.

"Untuk keselamatan dan pencegahan bahaya dari penyakit ISPA kepada siswa dan warga sekolah, maka sekolah untuk hari ini diliburkan dan tadi jam 08.30 WIB siswa sudah dipulangkan,” ucapnya "Untuk sementara kita masih melihat perkembangan lebih lanjut terlebih dahulu. Mudah-mudahan tidak terjadi peningkatan abu vulkanik," ucapnya lagi.

Data PVMBG

Data PVMBG setelah erupsi Rabu dini hari, sejak sekitar pukul 08:39 WIB hingga pukul 11:22 WIB telah terjadinya kesalahan dua kali erupsi susulan. Tinggi kolom letusan pada pagi tadi terukur sekitaran ± 1500 m di atas puncak (± 4391 m di atas permukaan laut).

Kolom abu yang cukup tebal tersebut teramati menuju ke arah Barat daya dan Barat. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30.4 mm dan durasi sekitar ± 54 detik.

Pada pukul 11:22 WIB teramati tinggi kolom abu sekitar ± 1.500 m di atas puncak (± 4.391 m di atas permukaan laut). Kolom abu menuju ke arah Barat menuju kota Padang Panjang. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30.4 mm dan durasi sementara ini ± 47 detik.

Sumber:

https://sumbar.pikiran-rakyat.com/peristiwa/pr-3157896375/terdampak-abu-vulkanik-gunung-marapi-siswa-padang-panjang-sumbar-dipulangkan?page=all

https://magma.esdm.go.id/v1/gunung-api/informasi-letusan/00a428fc-ec4c-11ee-901d-005056b54356/show

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FZ
AS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini