RI Borong 2 Kapal Selam Scorpene Buatan Prancis, Ini Kecanggihannya

RI Borong 2 Kapal Selam Scorpene Buatan Prancis, Ini Kecanggihannya
info gambar utama

Pemerintah Indonesia memesan dua kapal selam serang Scorpène Evolved full Lithium-Ion battery (LiB) dari perusahaan asal Prancis, Naval Group. Pengadaan armada itu dilakukan untuk memperkuat kemampuan TNI Angkatan Laut (AL).

"Indonesia memilih kapal selam berperforma tinggi dan terbukti di laut yang akan memperkuat kedaulatan maritim negara dan mendukung Angkatan Laut Indonesia dalam mencapai keunggulan regional di laut,” tutur Pierre Éric Pommellet, Chairman dan CEO Naval Group, dalam keterangan resmi, Selasa (2/4/2024).

Kapal selam Scorpène Evolved Full LiB akan dibangun di galangan kapal PT PAL Indonesia dengan dukungan transfer teknologi dari Naval Group. Kedua perusahaan telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Pembuatan dua kapal selam serang ini terlaksana atas perjanjian kerja sama pertahanan antara Kemenhan RI dengan Prancis yang diteken pada Agustus 2021 lalu. PT PAL dan Naval Group resmi bergabung melalui Perjanjian Kemitraan Strategis (SPA) yang ditandatangani pada 11 Februari 2022.

"Langkah ini merupakan komitmen dan kepercayaan yang tinggi dari pemerintah Indonesia terhadap kemampuan insinyur lokal untuk memajukan teknologi pertahanan, khususnya teknologi kapal selam," kata Direktur Utama PT PAL, Kaharuddin Djenod.

RI Beli Kapal Selam Penyelamat dari Inggris, Paling Unggul di Dunia

Kecanggihan Scorpene Evolved

Kapal selam Scorpène Evolved sangat tersembunyi dan cepat. Naval Group mengeklaim, kapal ini memiliki performa tinggi, modern, multiguna, kuat, dan tahan lama. Kapal ini dirancang untuk operasi perairan dangkal dan memenuhi misi perang anti-permukaan, anti-kapal selam, operasi khusus, serta pengumpulan intelijen.

Kapal ini dilengkapi sistem tempur generasi terbaru, SUBTICS, yang menjawab tantangan misi kapal selam modern di perairan biru dan dangkal di seluruh domain perang kapal selam. Salah satu keunggulannya, kapal ini memiliki 6 tabung peluncur senjata serta 18 senjata berupa torpedo dan rudal.

Kapal selam Scorpène Indonesia akan dilengkapi dengan sistem energi mutakhir berdasarkan konfigurasi lithium-ion penuh. Teknologi itu mencakup standar keamanan dan keselamatan tertinggi yang memungkinkan rentang energi berguna lebih tinggi, tingkat kecerobohan lebih baik, dan mengurangi waktu pengisian. Teknologi tersebut mampu meningkatkan mobilitas taktis kapal selam dengan kecepatan tinggi.

Mengintip Spesifikasi Jet Tempur Rafale dan Kapal Selam Scorpene yang Diborong Indonesia

Karakteristik utama Scorpene Evolved

  1. Perpindahan permukaan: 1.600–2.000 ton;
  2. Panjang keseluruhan: 72 meter;
  3. Kecepatan terendam: >20 knot;
  4. Kedalaman menyelam: >300 meter;
  5. Otonomi: >78 hari pada misi 80 hari;
  6. Otonomi terendam: >12 hari;
  7. Kru: 31 orang;
  8. Total muatan senjata: 18;
  9. Tabung senjata: 6;
  10. Sistem manajemen tempur SUBTICS;
  11. Ketersediaan operasional di laut: >240 hari per tahun.
Indonesia Menjadi Salah Satu Pemilik Kapal Selam Terbanyak di ASEAN, Berapa Koleksinya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini