KAI Resmi Tutup Posko Angkutan Lebaran, Jumlah Penumpang dan Fasilitas Meningkat

KAI Resmi Tutup Posko Angkutan Lebaran, Jumlah Penumpang dan Fasilitas Meningkat
info gambar utama

PT Kereta Api Indonesia atau KAI resmi menutup posko Angkutan Lebaran 2024 yang berlangsung selama 12 hari, sejak 5 April hingga 16 April 2024. Meski demikian, KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran selama 22 hari, pada 31 Maret (H-10 Lebaran) hingga 21 April (H+10 Lebaran) nanti.

Catatan data dari KAI menunjukkan, jumlah penumpang selama masa Angkutan Lebaran pada periode 31 Maret – 16 April 2024 mengalami kenaikan sebesar 18 persen. Pada periode tersebut, jumlah penumpang kereta api mencapai 3.360.139 penumpang,

Tidak hanya jumlah penumpang, kenaikan juga terjadi pada jumlah perjalanan kereta api dan kapasitas tempat duduk penumpang. Tercatat, jumlah KA yang turut melayani Angkutan Lebaran 2024 yakni 6.826 unit KA, meningkat 33 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 5.116 KA.

Sementara itu, kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan pada Angkutan Lebaran 2024 ini naik 16 persen dibandingkan Angkutan Lebaran 2023, yaitu 3.319.634 tempat duduk.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menungkapkan pihaknya akan terus berkomitmen untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan sebaik-baiknya, khususnya pada masa Angkutan Lebaran pada tahun-tahun berikutnya.

"Kami akan terus meningkatkan fasilitas untuk penumpang baik di kereta api ataupun di stasiun-stasiun," jelasnya.

Ketepatan Jadwal Kereta Api Saat Lebaran 2024 Mendapat Pujian dari Presiden Jokowi

Diskon Tiket Kereta untuk Mudik Lebaran Periode 15 – 21 April

KAI masih memberlakukan diskon sebesar 20 persen bagi masyarakat yang baru akan melakukan mudik pada 15 – 21 April 2024. Diskon “Mudik Belakangan Ekstra Hemat” ini merupakan langkah KAI untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang baru bisa mudik belakangan karena berbagai tuntutan.

“Promo Mudik Belakangan Ekstra Hemat kami gelar untuk memudahkan sebagian masyarakat yang baru bisa mudik Lebaran beberapa hari pasca hari-H Lebaran," jelas VP Public Relations KAI, Joni Martinus, Senin (15/4/2024).

Dengan diskon ini, penumpang hanya perlu membayar tiket sebesar 80 persen dari harga yang ditawarkan.

Promo ini berlaku mulai 15 – 21 April 2024. Akan tetapi, promo tersebut berlaku untuk kereta tertentu dengan lokasi keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen dan Stasiun Gambir kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

Total ada sekitar 46 perjalanan KA yang mendapat promo “Mudik Belakangan Ekstra Hemat” dengan rincian: keberangkatan dari Stasiun Gambir sebanyak 22 KA dan dari Stasiun Pasarsenen sebanyak 24 KA.

Kereta Api jadi Transportasi Andalan Mudik Lebaran, 475 Ribu Penumpang dari Jakarta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini