Talaga Bodas, Keindahan Kawah Vulkanik di Kabupaten Garut

Talaga Bodas, Keindahan Kawah Vulkanik di Kabupaten Garut
info gambar utama

Talaga Bodas merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Garut. Objek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang dapat Kawan kunjungi di Kabupaten Garut.

Mirip dengan objek wisata Kawah Putih di Kabupaten Bandung, Talaga Bodas menawarkan keindahan danau vulkanik dengan air kawah yang berwarna putih. Talaga Bodas sering kali menjadi destinasi bagi mereka yang ingin menikmati keindahan kawah atau berendam air panas di samping kawah.

Kondisi topografi dari Talaga Bodas ini sendiri memiliki kemiripan antara 30%—70% dengan ketinggian 1.700 mdpl. Sementara itu, memiliki konfisi geografis berbukit dan bergelombang dengan caldera bodas yang berbentuk seperti mangkok dengan luas kurang lebih 5 Ha.

Keindahan Taman Wisata Alam (TWA) Talaga Bodas ini membuat objek wisata ini menjadi primadona bagi wisatawan lokal dan internasional di kala musim liburan tiba.

5 Rekomendasi Wisata Alam di Garut yang Memukau

Tiket dan Fasilitas Talaga Bodas

Mengutip laman Travel.Tempo.co, tiket masuk menuju objek wisata Talaga Bodas masih dalam kategori relatif murah, yakni Rp7.000 untuk wisatawan lokal di hari biasa dan Rp9.500 di hari libur. Sementara itu, wisatawan mancanegara akan dikenakan Rp105.000 pada hari biasa dan Rp15.000 di hari libur.

Tidak hanya tiket yang murah, biaya parkir untuk kendaraan pun dapat dikatakan relatif standar. Sepeda kayuh hanya ditarik Rp2.000 pada hari biasa dan Rp3.000 pada hari libur. Bagi kendaraan roda dua, biaya parkir sebesar Rp5.000 pada hari biasa atau Rp7.500 pada hari libur. Sementara itu, kendaraan roda empat akan dikenakan tarif Rp10.000 di hari biasa dan Rp15.000 di hari libur.

Dengan biaya yang telah dikeluarkan, Kawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang sudah ada di kawasan Talaga Bodas ini. Fasilitas tersebut antara lain, toilet, area parkir, mushola, kolam berendam air panas, dan berbagai spot foto di sekitar kawah. Tidak hanya itu, Talaga Bodas juga menyediakan beberapa warung yang menyajikan aneka menu makanan dan minuman.

Selesai Revitalisasi, Situ Bagendit Garut Siap Jadi Objek Wisata Kelas Dunia

Rute Menuju Talaga Bodas

Jika berminat untuk mengunjungi Taman Wisata Alam (TWA) Talaga Bodas, Kawan dapat memilih beberapa opsi transportasi yang tersedia.

Salah satu opsi transportasi yang digunakan adalah transportasi umum. Jika Kawan berencana untuk menggunakan transportasi umum, Kawan dapat naik transportasi kereta api menuju Stasiun Cibatu/Garut.

Kawan juga dapat menggunakan transportasi bus menuju Terminal Garut. Setelah itu, Kawan dapat menggunakan transportasi angkot jurusan Cibatu-Garut dan turun di pertigaan Talaga Bodas—Wanaraja—dan dilanjut dengan Ojek menuju Talaga Bodas.

Jika hendak menggunakan kendaraan pribadi, Kawan akan melintasi rute menuju telaga yang tidak terlalu membingungkan karena tidak terlalu banyak percabangan. Kawan dapat menggunakan patokan rute menuju Wanaraja. Setelah itu, Kawan dapat berbelok menuju jalan Talaga Bodas dengan jarak sekitar 11 kilometer.

Kondisi jalan yang dilintasi sendiri masih bagus, tetapi berkelok-kelok dan menanjak. Akan tetapi, Kawan akan mendapati jalan yang berbatu ketika sudah memasuki kawasan Perhutani atau sekitar 2,5 kilometer menuju Kawah Talaga Bodas.

Bikin Betah, Ini Ragam Tempat Wisata di Garut

Kawah Talaga Bodas ini dapat menjadi alternatif destinasi wisata bagi Kawan yang hendak menuju objek wisata Kawah Putih. Tidak hanya itu, Kawah Talaga Bodas ini juga dapat menjadi referensi untuk Kawan yang ingin berlibur di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Referensi:

  • Istiqomatul Hayati, 2022.Berendam di Talaga Bodas, Garut, Tiket Masuk dan Waktu Terbaik Berkunjung. https://travel.tempo.co/read/1664008/berendam-di-talaga-bodas-garut-tiket-masuk-dan-waktu-terbaik-berkunjung
  • BBKSDA Jabar. Taman Wisata Alam (TWA) Talaga Bodas https://conservation.id/kawasan-konservasi/taman-wisata-alam-twa/taman-wisata-alam-twa-talaga-bodas/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini