Daya Tarik Pantai Santolo: Miliki Dermaga Buatan Belanda hingga Mistik Ratu Kidul

Daya Tarik Pantai Santolo: Miliki Dermaga Buatan Belanda hingga Mistik Ratu Kidul
info gambar utama

Pantai Santolo, Garut, Jawa Barat adalah tempat favorit wisatawan untuk menghabiskan liburan. Pantai ini terkenal sebagai surga yang memikat dengan hamparan pasir putih yang menakjubkan mata.

Selain keindahan pantainya, tempat ini juga terkenal dengan kisah sejarahnya. Ahli sejarah dan kepurbakalaan, Drs Warjita mengungkapkan bahwa dermaga tua di Pantai Santolo sudah terkenal sejak zaman Hindia Belanda.

Rekomendasi Pantai di Serdang Bedagai, Ada yang Lokasinya Saling Berdekatan!

Dikatakan olehnya, nama Santolo muncul setelah pemerintah Hindia Belanda membangun dermaga tersebut sekitar tahun 1913-an. Dermaga itu memiliki peran penting bagi Belanda dalam mendistribusikan rempah-rempah ke seluruh dunia.

“Santolo sudah termasyhur ke penjuru dunia. Dermaga ini memiliki peran penting bagi Belanda untuk mendistribusikan rempah-rempah,” ungkapnya yang dimuat Akurat.

Punya kisah mistis

Tidak hanya bangunan sejarah, banyak wisatawan yang datang untuk membuktikan cerita mistis di pantai itu. Di pantai ini terdapat kisah mistis yang melekat di sepanjang pesisir pantai selatan Garut, yaitu sosok Ratu Kidul.

Legenda Ratu Kidul yang begitu kental memang dipercaya oleh masyarakat di sekitar pantai itu. Sejumlah warga setempat mempercayai bahwa di kawasan Pantai Santolo kerap dikejutkan dengan kemunculan sosok makhluk berambut panjang.

Penyebab Kematian di Pantai Ternyata Bukan karena Ratu Kidul, Lalu Apa?

“Beberapa kali, biasanya sebelum atau sesudah kejadian muncul wanita berambut panjang. Datangnya tidak tahu dari mana, dan menghilangnya pun tiba-tiba, entah ke mana” jelasnya.

Bahkan di pantai ini ada sebuah gua peninggalan masa leluhur yang menjadi tempat ritual tertentu. Banyak peziarah yang kerap datang ke gua itu untuk mendapatkan wangsit dari penghuni Pantai Santolo.

Jadi kunjungan wisata

Tapi menurut Drs Warjita, kisah mistis dan sejarah ini malah menambah menarik para wisatawan. Hal ini ditambah keindahan dari pantai ini sehingga membuatnya menjadi kunjungan favorit wisatawan.

Pantai Melasti Bali, Surga Biru di Tengah Bukit Kapur

“Berbagai cerita mistis maupun mitos itu mah bumbu saja, justru kisah-kisah mistis itu malah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Saya kira keindahan pantai selatan Garut, termasuk Santolo, adalah aset luar biasa yang harus dipelihara dan ditata dengan serius oleh pemerintah,” ungkapnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini