Gunung Pangradinan, Miniatur Gunung Merbabu di Bandung Timur

Gunung Pangradinan, Miniatur Gunung Merbabu di Bandung Timur
info gambar utama

Gunung Pangradinan merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gunung Pangradinan ini memiliki memiliki ciri khas sabana yang luas dan panorama yang memukau mata.

Mirip dengan Gunung Merbabu di Jawa Tengah, Gunung Pangradinan ini menawarkan pesona hamparan padang rumput yang sangat luas. Dengan ketinggian 1.236 mdpl, Gunung Pangradinan memiliki trek yang relatif cocok bagi seorang pendaki pemula.

Gunung Pangradinan tersebut berlokasi di perbatasan Kampung Gorowek, Desa Mekarlaksana, Desa Cikancung, Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung. Lokasi tersebut terletak sekitar 29 kilometer dari Kota Bandung.

Keunikan dan keindahan dari Gunung Pangradinan tersebut membuat gunung tersebut menjadi objek wisata yang viral beberapa waktu lalu. Kawan penasaran dengan Gunung Pangradinan? Yuk, simak pada penjelasan berikut!

Keindahan Surga di Lereng Gunung Semeru, Eksplorasi Obyek Wisata Alam Tumpak Sewu

Akses Menuju Lokasi

Mengutip laman Bandungbergerak.id, akses Gunung Pangradinan tersebut memiliki beberapa jalur. Jika berangkat dari Kota Bandung, Kawan dapat berangkat menuju ke arah timur dari Kota Bandung.

Jalan tersebut akan mengarah menuju arah Rancaekek dan berbelok menuju arah Majalaya. Setelah sampai menuju Majalaya, Kawan dapat mengarahkan perjalanan menuju Kecamatan Cikancung dan akan diteruskan menuju Desa Mekarlaksana dan masuk ke jalan di dekat lapangan sepakbola Padaringan.

Tidak hanya melalui jalur tersebut, Kawan juga dapat menggunakan jalur Cidegdeg. Kawasan Cidegdeg dikenal sebagai jalur dengan banyak spot wisata dengan menawarkan panorama yang instagramable. Kawasan Cidegdeg juga dikenal sebagai kawasan dengan banyak warung jajanan yang dapat Kawan nikmati sebelum menuju Gunung Pangradinan.

Trek Mendaki Puncak Pangradinan

Trek pendakian menuju puncak Pangradinan sendiri dimulai saat Kawan melihat gapura dengan tulisan welcome to pangradinan dengan tulisan lain beraksara Sunda di bagian bawahnya. Saat berada di Gapura tersebut, Kawan akan dikenakan biaya seikhlasnya oleh warga sekitar.

9 Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Asia Versi Agoda, Indonesia Masuk Dalam Daftar?

Untuk Kawan yang membawa kendaraan pribadi, kamu dapat menitipkan kendaraannya di sebuah rumah yang terletak tidak jauh dari gapura tersebut dengan membayar biaya sekitar Rp5.000—Rp10.000. Rumah tersebut dijaga oleh pria yang akrab disapa Mas Sriyono.

Perjalanan dari gapura tersebut hingga puncak Gunung Pangradinan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 30—45 menit dengan lintasan batu kerikil dan bongkahan batu besar. Sebetulnya, lintasan tersebut masih bisa dilintasi oleh kendaraan. Akan tetapi, hal tersebut tidak disarankan karena akan merusak kendaraan dan cukup berbahaya bagi Kawan yang ingin berkunjung.

Pemandangan menarik dan indah akan menemani selama perjalanan menuju puncak Gunung Pangradinan. Kawan akan melihat beberapa gunung lainnya yang berada di sekitar Gunung Pangradinan, seperti Gunung Geulis, Gunung Nini, Gunung Bukitcula, Pegunungan Baleendah, serta panorama dari cekungan Bandung.

Ketika tiba puncak, Kawan akan disambut dengan padang rumput yang sangat luas. Hamparan rumput tersebut sering disebut oleh para pendaki sebagai miniatur sabana di Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Hal tersebut yang membuat gunung tersebut diberi julukan Gunung Merbabu versi Bandung.

Gunung Pangradinan sendiri memiliki tiga puncakan yang berada di beberapa sisi. Puncak pertama terdapat di bagian utara atau sisi kiri pada saat tiba di puncak dari arah trek. Puncak kedua berada di bagian selatan dari puncak atau sebelah kanan dari arah trek. Puncak tersebut memiliki ketinggian lebih tinggi daripada puncak lainnya.

Terakhir, ada puncak ke tiga berada di sisi timur. Puncak ini memiliki kawasan yang lebih rimbun dengan satu bongkahan batu yang berukuran sangat besar.

Kerap kali seni badawang dan seni tradisional lainnya seperti seni reak berpadu, misalnya dengan memasukkan boneka badawang dalam atraksi.

Kolaborasi ini menampilkan atraksi tari dari seni reak yang mengelilingi dan menemani gerakan boneka badawang. Tak hanya itu, tari keurseus dan ragam tarian Sunda lainnya juga dapat bergabung untuk memeriahkan pertunjukan dan menarik minat penonton.

Jelajahi Wisata Alam Penuh Keindahan di Kulon Progo, Yogyakarta

Referensi:

  • Tri Joko, 2022. GUNUNG-GUNUNG DI BANDUNG RAYA #37: Gunung Pangradinan Cikancung dengan Sabana nan Memukau di Bandung Timur. Bandung Bergerak https://bandungbergerak.id/article/detail/3026/gunung-gunung-di-bandung-raya-37-gunung-pangradinan-cikancung-dengan-sabana-nan-memukau-di-bandung-timur
  • Eka Budiman. 2024. , Wisata Alam Gunung Pangradinan Cikancung, dengan Memiliki Sabana nan Memukau di Bandung https://kabartasikmalaya.pikiran-rakyat.com/pariwisata/pr-3257722490/wisata-alam-gunung-pangradinan-cikancung-dengan-memiliki-sabana-nan-memukau-di-bandung?page=all#google_vignette

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini