Mengenal Peran Karbon Biru Sebagai Cadangan Karbon Global

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Mengenal Peran Karbon Biru Sebagai Cadangan Karbon Global
info gambar utama

Laut dan keanekaragaman hayatinya menyimpan berbagai peran dan manfaat bagi kelangsungan kehidupan. Salah satu peran penting dari laut itu sendiri adalah dalam melawan perubahan iklim yang terjadi. Peran tersebut dilihat dari kemampuan laut sendiri dalam menyimpan karbon yang lebih dikenal sebagai karbon biru atau blue carbon.

Bagi seperti tanaman dan tumbuhan, unsur karbon berguna sebagai sumber energi untuk dapat berfotosintesis. Bagi bumi, karbon memiliki peran tersendiri dalam mengatur sistem iklim yang terjadi. Salah satunya seperti emisi karbon dioksida atau (CO2) yang dihasilkan secara berlebihan dari aktivitas manusia dapat memicu pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim.

Untuk itu, peran karbon biru sangat besar sebagai cadangan karbon global. Karbon biru sendiri adalah istilah yang digunakan untuk karbon yang ditangkap oleh ekosistem laut. Cagar ekosistemnya dapat berupa ekosistem pesisir yang terdiri seperti mangrove, padang lamun, dan terumbu karang. Ekosistem tersebut merupakan ekosistem penyimpan karbon alami dalam jumlah besar.

Cara kerja dari penyimpanan karbon tersebut digambarkan dengan cara karbon dapat terserap dari atmosfer dan disimpan di tempat yang disebut sumber karbon secara alami. Karbon dioksida akan disimpan selama ribuan tahun yang sebelumnya ditangkap oleh tanah ataupun sendimen.

Potensi ekosistem laut sebagai cadangan karbon global sangatlah besar dalam jangka panjang. Karena perlu diingat bahwa semakin tinggi jejak karbon yang dihasilkan, semakin tinggi juga dampak negatif yang diberikan terhadap bumi.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini