Putri Teratai Jipang

Artikel ini milik Jurnaba dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Putri Teratai Jipang
info gambar utama

Negeri yang banyak gunung dan sungai-sungai; dapat dikata, tidak ada wilayah lain yang memiliki pengairan melebihinya. Jawa sangat unggul dalam jumlah aliran air. Ukuran pulau memang tidak memungkinkan terbentuknya sungai-sungai besar, namun paling tidak ada lima puluh sungai, yang pada musim hujan, dapat membawa rakit-rakit berisi kayu dan hasil bumi mentah lainnya, dan tak kurang dari lima atau enam kapal yang selalu dapat dinavigasi hingga jarak beberapa mil dari pantai. Akan sia-sia jika mencoba untuk menghitung jumlah anak sungai yang bermanfaat bagi petani; jumlahnya bisa ratusan, atau bahkan ribuan.

Sungai terbesar dan terpenting di pulau ini adalah sungai Solo. Atau diistilahkan oleh penduduk negeri dengan nama Bengawan Solo, yang ber-hulu di wilayah Kadawang, dan setelah menampung air dari perbukitan di sekitarnya, menjadi sungai dengan kedalaman dan lebar yang cukup besar di Sura-Kerta, yang selanjutnya menjadi semakin besar dengan air yang terkumpul dari kabupaten yang berdekatan.

Secara umum jalurnya adalah ke arah timur-utara-timur laut, hingga mengalir ke laut melalui dua muara, dekat Gresik dan Sidayu. Setelah meninggalkan kotaraja Mataram, alirannya melintasi provinsi Sukawati, Jagaraga, Madion, Jipang, Blora, Tuban, Sidayu, dan Gresik. Sungai ini sangat penting bagi perdagangan pedalaman provinsi wilayah timur.

Selama musim hujan, perahu-perahu berukuran besar mengangkut hasil bumi dari wilayah yang luas menuju ke laut; kecuali selama bulan Agustus, September, dan Oktober, dan pada musim-musim yang luar biasa kering, ia mengangkut perahu-perahu berukuran sedang atau kecil sepanjang tahun, dari jarak yang cukup jauh dari Sura-kerta.

Perahu-perahu yang digunakan untuk mengarungi sungai mempunyai ukuran yang berbeda-beda, dan dengan konstruksi yang khas, perahu-perahu itu sangat panjang dibanding dengan lebarnya, mempunyai dasar yang rata, dan mengambil sedikit kedalaman air.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini