5 Tempat Wisata di Gedebage Bandung, Ada Ikon Baru Jawa Barat

5 Tempat Wisata di Gedebage Bandung, Ada Ikon Baru Jawa Barat
info gambar utama

Kalau berkunjung ke Bandung, Kawan bisa menjajaki tempat wisata di Gedebage. Baru-baru ini, kawasan Gedebage ramai wisatawan karena ikon baru Provinsi Jawa Barat yang baru diresmikan, yakni Masjid Raya Al Jabbar.

Perlu diketahui, Gedebage adalah nama kecamatan di Kota Bandung. Selain masjid, ada beberapa tempat wisata lain yang tak kalah menarik di Gedebage. Mulai dari edukasi hingga belanja, Gedebage menjadi tempat asik untuk liburan, dilansir IDN Times.

Kira-kira apa saja, ya, tempat wisata di Gedebage? Simak rekomendasi berikut ini, yuk!

Rekomendasi Tempat Wisata di Gedebage

1. Museum Nike Ardilla

Museum Nike Ardilla | Foto: instagram.com/museumnikeardilla_official
info gambar

Siapa tak kenal penyanyi wanita legendaris Indonesia tahun 90-an, Nike Ardilla? Sosok serta suara merdunya melekat di hati masyarakat yang menggemarinya. Namun, Nike meninggal dunia dalam usia yang dibilang masih sangat muda, ketika berusia 19 tahun akibat kecelakaan.

Untuk mengenangnya, dibangunlah Museum Nike Ardilla di Jalan Aria Utama nomor 5, Kompleks Arya Graha, Gedebage. Museum ini merupakan bekas rumah Nike Ardilla semasa hidup.

Berbagai koleksi dan barang-barang pribadi Nike Ardilla dipamerkan dalam museum itu, seperti baju-baju, album, foto, hingga mobil jeep putih yang sering digunakan Nike bepergian ke luar kota.

Museum Nike Ardilla bisa dimasuki secara gratis. Jam buka museum adalah dari pukul 11.00—16.00 WIB.

2. Pasar Cimol

Pasar Cimol | Foto: ayobandung.com
info gambar

Kawan suka thrifting? Pasar Cimol Gedebage merupakan pilihan tepat untuk berburu baju secondhand dengan merek terkenal. Tentu harganya lebih murah dibandingkan harga aslinya.

Kata cimol di sini bukan berarti camilan, ya. Cimol merupakan kependekan dari Cibadak Mall. Meski tak lagi terletak di Jalan Cibadak, namanya tetap Pasar Cimol.

Sedikit tips, datanglah pada sore hari karena penjual suka mengobral sebelum tutup. Kawan juga bisa datang di hari Kamis saat buka karung untuk mendapatkan baju berkualitas bagus.

Pasar Cimol terletak di Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, belakang Pasar Induk Gedebage.

Baca juga: Wisata Edukasi untuk Semua Kalangan Pusat Kota Bandung

3. Kampung Blekok Rancabayawak

Kampung Blekok Rancabayawak | Foto: mongabay.co.id
info gambar

Wisata burung di Kampung Blekok Rancabayawak bisa jadi pilihan yang mengasyikan. Berwisata sambil belajar tentu sangat seru!

Nama asli kampung ini mulanya Kampung Rancabayawak. Namun, banyaknya burung blekok di daerah ini membuatnya berubah nama menjadi Kampung Blekok.

Kampung ini memiliki rumpun bambu, tempat kesukaan para burung. Asalnya, ada 30 jenis burung di kampung ini. Sekarang menyusut menjadi lima jenis saja, yakni burung kuntul kerbau, burung kuntul besar, burung kuntul kecil, burung korea, burung blekok.

Kawan disarankan berkunjung sekitar pukul 15.00 WIB saat kelima jenis burung tersebut kembali ke sarangnya.

4. Masjid Raya Al Jabbar

Masjid Raya Al Jabbar | Foto: Humas Kota Bandung
info gambar

Berkunjung ke Gedebage, belum lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi kemegahan Masjid Raya Al Jabbar. Masjid rancangan Ridwan Kamil yang diresmikan akhir Desember 2022 lalu jadi daya tarik Gedebage.

Masjid Raya Al Jabbar seakan mengapung karena dikelilingi kolam retensi. Selain itu, bentuk bangunannya unik nan luas sehingga menarik perhatian.

Wisata religi ini sekaligus bisa menjadi wisata edukasi karena adanya Museum Rasulullah di lantai dasar masjid.

Baca juga: 20 Jajanan Oleh-Oleh Khas Bandung yang Menggugah Selera dan hemat di Kantong

5. Sate Damri

Sate Damri | Foto: instagram.com/kulinerbandung
info gambar

Pecinta kuliner wajib coba Sate Damri. Potongan daging ayam yang besar dengan bumbu kacang gurih melimpah dijamin memanjakan lidah.

Kawan harus sabar karena antrean selalu panjang. Namun, waktu menunggu itu akan terbayar dengan rasa satenya yang enak.

Sate Damri bisa ditemui di Jalan Soekarno Hatta, dekat Perum Damri cabang Bandung. Harganya di bawah Rp25 ribu per porsi. Jam buka mulai pukul 16.30—23.00 WIB.

Itulah beberapa tempat wisata di Gedebage yang bisa Kawan kunjungi. Selain Gedebage, Kawan GNFI bisa coba eksplorasi tempat wisata di Bandung lainnya, ya. Dijamin tak kalah seru dan menarik. Selamat liburan!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini