Lupa Sandi?

Keindahan Bunga Ini Membuatnya menjadi Maskot Provinsi Kalimantan Timur

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Keindahan Bunga Ini Membuatnya menjadi Maskot Provinsi Kalimantan Timur

Tidak pernah bosan rasanya bila kita terus membicarakan tentang kekayaan biodiversitas alam Indonesia, khususnya tentang flora. Indonesia yang dianugerahi dengan hutan hutan tropis diberbagai tempat memberikan banyak sekali kekayaan jenis flora yang tidak hanya indah namun juga unik seperti Anggrek Hitam.

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata), sebagaimana namanya anggrek ini memiliki bunga yang dominan warna hitam. Dalam bahasa Inggris anggrek ini disebut sebagai “Black Orchid”.

Bunga ini disebut sebagai Anggrek hitam karena memiliki warna lidah (labellum) yang hitam dengan garis-garis berwarna hijau. Seperti umumnya anggrek, bunga ini juga memiliki sekitar 1 hingga 14 kuntum. Garis tengah tiap bunga sekitar 10 cm. Daun Kelopak berbentuk lanset, melancip, berwama hijau muda dengan panjang 5 – 6 cm dan lebar 2 -3 cm. Daun mahkota berbentuk lanset melancip berwarna hijau muda menyerupai biola, tengah-tengahnya terdapat 1 alur, pinggirnya mengeriting, berwama hitam kelam atau coklat tua.

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata)
Anggrek hitam (Coelogyne pandurata)

Warna hitam pada lidah bunga Anggrek Hitam adalah pembawa sifat hitam yang dianggap langka, warna hitam ini dapat menjadi sumber pembawa sifat warna hitam yang di butuhkan oleh para ahli tanaman untuk menghasilkan jenis persilangan corak warna bunga baru.

Seperti anggrek lainnya Anggrek Hitam tumbuh menumpang pada tumbuhan lain (epifit). Jenis anggrek yang langka ini sering di temui di dataran rendah pada pohon-pohon tua, di dekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas dan dekat sungai-sungai di hutan basah. Musim berbunga Anggrek Hitam biasanya terjadi pada akhir tahun antara bulan Oktober sampai Desember. Ketika musim bunga, terdapat ratusan kuntum bunga yang bisa kita temui di sana. Di Indonesia, Anggrek hitam banyak dijumpai di kawasan Cagar Alam Padang Luway yang merupakan habitat asli jenis flora tersebut.

Meski wangi anggrek ini tidak jauh berbeda dari Anggrek lainnya, Anggrek eksotis tetap memiliki nilai prestis dikalangan para pecinta bunga anggrek di Indonesia. Selain itu menurut kepercayaan masyarakat setempat, anggrek hitam memiliki kekuatan mistis. Masyarakat Dayak sangat menghormati anggrek hitam, mencuri atau merusaknya berarti merupakan pelanggaran terhadap hukum adat.

Selain karena dijadikan maskot oleh Provinsi Kalimantan Timur, populasi Anggrek Hitam di alam liar yang sangat sedikit membuat Anggrek yang termasuk dalam genus Coelogyne ini digolonkan sebagai salah satu spesies anggrek yang dilindungi di Indonesia.

editor yf/gnfi 14-04-2016
Pilih BanggaBangga29%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang57%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi14%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Wajib Tahu! Tiga Satwa Yang Menjadi Maskot Indonesia

Agatha Olivia Victoria3 minggu yang lalu

Satu-Satunya Ikan Yang Bisa Berjalan Ini Hidup di Kalimantan

Agatha Olivia Victoriasatu bulan yang lalu

Pulau di Bima ini Penuh Dengan Ular. Tak Berbisa

Akhyari Hanantosatu bulan yang lalu

Tanaman Rempah Indonesia Hadir di Belanda

Adriani Zulivansatu bulan yang lalu
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas