Jangan Tertipu Hoaks, Cek Berita yang Kamu Ragukan di CekFakta.com!

Jangan Tertipu Hoaks, Cek Berita yang Kamu Ragukan di CekFakta.com!
info gambar utama
Indeks Optimisme pemuda Indonesia terhadap masa depan bidang komunikasi dan media
info gambar

Berdasarkan Indeks Optimisme Generasi Muda Perkotaan Terhadap Masa Depan Indonesia yang dilakukan GNFI, masa depan bidang komunikasi dan media mendapat tingkat optimisme yang tidak lebih dari pesimisme. Survey optimisme media ini berkaitan dengan pemberitaan media yang bebas dari kepentingan politik praktis, serta masyarakat yang bebas dari hoaks.

Pembuat berita hoaks mungkin sulit untuk dicegah, tetapi bukan berarti penyebarannya tidak dapat dicegah. Tentu ada upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah pembaca memperoleh informasi yang tidak terpercaya tersebut. Salah satunya adalah dengan Trusted Media Summit 2018 (TMS) yang diadakan oleh Google News Lab.

TMS yang diadakan pada 5-6 Mei di Gran Melia Hotel, Jakarta ini diselenggarakan untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam memerangi hoaks di Indonesia, khususnya yang saat ini akan menyambut pesta politik. Google News Lab tidak sendiri, melainkan berkolaborasi dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo), Internews, dan Google News Initiative.

Penandatanganan Kolaborasi CekFakta.com oleh Pemimpin Redaksi 22 media publikasi di Indonesia | Foto: Dok. Google
info gambar

Dalam acara TMS ini, Mafindo beserta 22 media publikasi di Indonesia meluncurkan CekFakta.com sebagai proyek kolaboratif pengecekan fakta dan bentuk komitmen untuk menghadirkan informasi yang tepat dan berdasarkan fakta.

“AMSI percaya gagasan Cek Fakta ini akan menjadi terobosan yang dibutuhkan bangsa Indonesia untuk menyaring hoaks dan informasi yang salah. Khususnya, saat krusial seperti sekarang ini ketika bangsa Indonesia akan menghadapi Pilkada Serentak tahun 2018 dan Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 2019,” kata Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut yang diberitakan oleh Faktual News.

Menurut Wens, proyek ini merupakan satu-satunya terobosan yang dibuat media siber arus utama di Indonesia untuk bersama-sama berkolaborasi memerangi hoaks. “Alih-alih bersaing, kami mengesampingkan persaingan untuk hal yang lebih besar,” tegasnya.

Selain itu, untuk mendukung Google News Initiative Indonesia Training Network dan CekFakta, Google turut menghadirkan First Draft dan Storyful ke Jakarta.

Kehadiran mereka ini dengan maksud untuk melatih para jurnalis dan bersama-sama membentuk sebuah kurikulum pengecekan fakta dalam bahasa Indonesia. Google juga turut terlibat dalam pembuatan standar editorial untuk kolaborasinya itu.

Ayo manfaatkan situs CekFakta.com untuk menyaring berita hoaks!

Sumber: Blog Resmi Google, Faktual News

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini