Sang Jenderal Besar Akan 'Punya' Bandara

Sang Jenderal Besar Akan 'Punya' Bandara
info gambar utama
  • Bandara Jenderal Besar Soedirman akan mulai beroperasi pada Mei 2020.
  • Bandara ini terletak di Purbalingga, Jawa Tengah.
  • Adanya bandara dapat mendorong perekonomian di lima wilayah terdekat.

Pembangunan bandara di Purbalingga, Jawa Tengah, akan rampung tahun depan. Bandara bernama Jenderal Besar Soedirman itu direncanakan selesai dibangun dan dapat beroperasi mulai Mei 2020.

Dilansir dari siaran pers yang diterima GNFI, sejumlah pekerjaan telah dilakukan sejak Mei 2019, yakni pembersihan lahan atau land clearing untuk runway dengan panjang 1.600 meter. Runway sendiri merupakan salah satu infrastruktur penting yang menjadi prioritas pembangunan saat ini.

Pada Tahap I runway dibangun untuk melayani operasional penerbangan pesawat ATR 72-600 dan sejenis, lalu kemudian dilakukan pengembangan hingga Tahap III yang akan membuat bandara ini dapat didarati pesawat sekelas Boeing 737 dan Airbus A320.

BACA JUGA: Sebuah Bandara Masuk Jajaran Merek Termahal di Indonesia

Pembangunan terminal penumpang pesawat juga dilakukan bertahap. Tahap I berkapasitas 98.812 penumpang per tahun, lalu Tahap II berkapasitas 440.440 penumpang per tahun, kemudian Tahap III berkapasitas sekitar 600.000 penumpang per tahun.

Selain itu, pembangunan Tahap I juga mencakup apron untuk mengakomodir 3 unit pesawat ATR 71 dan sejenis.

Adapun proyek bandara ini terletak di kawasan Pangkalan TNI AU Jenderal Besar Soedirman. Pada April 2019, AP II dan TNI AU menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) agar pembangunan infrastruktur sudah dapat dimulai.

Menteri BUMN, Rini Soemarno, saat meninjau langsung ke lokasi | Foto: AP II
info gambar

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menyatakan kepuasannya melihat proyek berjalan dengan baik. Itu diucapkannya saat meninjau langsung ke lokasi pada Rabu (2/10) kemarin.

"Saya senang proyek berjalan baik, dan kita targetkan tahun ini runway bisa selesai dibangun dan dilanjutkan dengan pekerjaan-pekerjaan lain hingga rampung dan bisa beroperasi pada Mei 2020," ucap Rini.

BACA JUGA: Mari Sambut Hotel Bintang 4 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Kemudian Direktur Utama PT. Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, mengatakan Bandara Jendera Besar Soedirman akan berperan signifikan dalam mendorong perekonomian khususnya di lima wilayah terdekat.

"Perekonomian di 5 wilayah yaitu Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen atau kita kenal dengan Barlingmascakeb akan lebih maju dengan hadirnya Bandara Jenderal Besar Soedirman," terangnya, dalam keterangan resmi.**

Pembersihan lahan untuk pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga | Foto: AP II
info gambar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini