Indonesia Kesebelasan Tersubur di Fase Grup SEA Games 2019

Indonesia Kesebelasan Tersubur di Fase Grup SEA Games 2019
info gambar utama
  • Indonesia menjadi kesebelasan tersubur di fase grup SEA Games 2019 cabor sepak bola putra, bersama Vietnam.
  • Dari lima pertandingan, Indonesia mencetak 17 gol.
  • Indonesia juga punya selisih gol terbaik, karena hanya kebobolan dua kali.

Kelolosan Indonesia ke semi-final SEA Games 2019 cabor sepak bola putra juga diiringi pencapaian fantastis! Garuda Muda menjadi kesebelasan tersubur di penyisihan grup, dengan 17 gol bersama Vietnam.

Indonesia membuka kran golnya saat mengalahkan Thailand 2-0 di pertandingan pertama (26/11). Gol-gol Indonesia lahir dari kaki Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay. Hasil ini juga terhitung mengejutkan, karena Thailand adalah juara bertahan SEA Games 2017.

Selain itu, kemenangan ini juga menjadi yang pertama Indonesia mengalahkan Thailand di SEA Games di luar adu penalti dan di luar Indonesia. Hebat, Garuda Muda!

BACA JUGA: SEA Games 2019: Bantai Laos, Indonesia Lolos ke Semi-final!

Kemudian di laga kedua, sepasang gol kembali diceploskan tim asuhan Indra Sjafri. Kali ini diciptakan oleh Osvaldo Haay dan Asnawi Mangkualam saat mengalahkan Singapura (28/11). Asnawi bahkan berpeluang mencetak brace tapi tendangannya menghantam mistar jelang laga usai.

Dua kemenangan di dua laga awal membuat mental Indonesia terangkat, tapi laju Garuda Muda sempat tersendat di pertandingan ketiga (1/12). Kekalahan 1-2 dari Vietnam sempat membuat Indonesia keluar peringkat dua besar. Gol tunggal Garuda Muda di laga itu diciptakan Sani Rizki Fauzi, yang juga menjadi gol pembuka pertandingan.

Di laga keempat dan kelima, barulah Indonesia berpesta gol. Total 12 gol diciptakan, masing-masing terbagi 8 gol ke gawang Brunei (3/12) dan 4 bola dijaringkan ke jala Laos sore ini (5/12).

BACA JUGA: SEA Games 2019: Indonesia Catat Kemenangan Terbesar di Grup B

Osvaldo Haay (3 gol), Egy Maulana Vikri (2 gol), Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, dan Andy Setyo mencatatkan namanya di papan skor pada laga kontra Brunei. Kemudian Saddil Ramdani, Osvaldo Haay (2 gol), dan Bagas Adi Nugroho menjadi pencetak gol di pertandingan pamungkas kontra Laos.

Perolehan 17 gol ini hanya sanggup disamai oleh Vietnam. Bedanya, selisih gol Indonesia lebih baik karena hanya kebobolan dua kali, berbanding Vietnam yang kemasukan 4 bola. Menariknya, dua kebobolan yang dideriita Indonesia hanya terjadi di satu laga, yakni saat melawan Vietnam.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini