SEA Games 2019: Bantai Laos, Indonesia Lolos ke Semi-final!

SEA Games 2019: Bantai Laos, Indonesia Lolos ke Semi-final!
info gambar utama
  • Timnas U-23 Indonesia menang 4-0 lawan Laos di pertandingan terakhir penyisihan Grup B SEA Games 2019 cabor sepak bola putra.
  • Hasil ini membawa tim asuhan Indra Sjafri lolos ke semi-final.
  • Indonesia lolos dengan status runner-up Grup B.

Indonesia kembali berpesta gol di penyisihan grup SEA Games 2019 cabor sepak bola putra. Di pertandingan terakhir atau kelima, Garuda Muda membantai Laos 4-0. Hasil ini membawa Indonesia lolos ke semi-final sebagai runner-up Grup B.

Di pertandingan ini Indonesia butuh kemenangan dengan skor berapapun, untuk memastikan satu tempat di semi-final, tanpa harus bergantung pada pertandingan Thailand vs Vietnam yang dimainkan berbarengan. Oleh karenanya, Indra Sjafri langsung menurunkan komposisi pemain terbaiknya.

Garuda Muda pun langsung tancap gas sejak peluit pertama dibunyikan wasit. Hasilnya, Saddil Ramdani sudah membuka keunggulan dengan gol cepatnya di menit ke-5. Pemain Pahang FA tersebut melepaskan tendangan yang tak mampu diantisipasi kiper dan lini belakang Laos.

Laos bukan tanpa peluang di laga ini. Tendangan bebas Soukaphone Vongchiengkham sempat mengancam gawang Indonesia, tapi dapat ditepis oleh Nadeo Argawinata.

Babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

BACA JUGA: SEA Games 2019: Indonesia Catat Kemenangan Terbesar di Grup B

Di babak kedua, Indonesia kembali menciptakan gol cepat. Baru dua menit pertandingan berjalan, Osvaldo Haay sudah mencatatkan nama di papan skor. Gol cepat ini langsung membuat Laos menumpuk pemainnya di area pertahanan sendiri.

Akan tetapi, Indonesia tidak kehabisan cara. Dua gol lagi masih bisa diceploskan, masing-masing satu dari Bagas Adi Nugroho yang menyambar bola muntah dari eksekusi penaltinya, dan gol kedua Osvaldo Haay.

Dengan hasil ini, Indonesia lolos dari penyisihan Grup B sebagai runner-up. Andy Setyo dan kolega mengoleksi 12 poin, hasil 4 kemenangan dan 1 kekalahan. Mereka finis di bawah Vietnam yang mengumpulkan 13 angka.

BACA JUGA: SEA Games 2019: Indonesia Menang Lagi, Nirbobol Lagi

Selain itu, Indonesia dan Vietnam juga menjadi kesebelasan tersubur di penyisihan grup. Keduanya masing-masing mencetak 17 gol. Bedanya, selisih gol Indonesia lebih baik karena hanya dua kali kemasukan, sedangkan Vietnam asuhan Park Hang-seo empat kali kebobolan.

Di semi-final, Indonesia akan menghadapi Myanmar yang berstatus juara Grup A. Pertandingan bakal dilangsungkan pada Sabtu (7/12) di Rizal Memorial Stadium, Filipina, pukul 15.00 WIB.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini