Ingin Menjadi Copywriter? Pelajari Hal Berikut

Ingin Menjadi Copywriter? Pelajari Hal Berikut

Ilustrasi © Freepik.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Dalam dunia digital, sebuah kata yang dirangkai menjadi kalimat dinilai penting untuk bisa “menjual” suatu produk, brand, atau jasa. Sama seperti teknologi yang terus berkembang, berbagai macam jenis tulisan juga terus mengalami perkembangan.

Zaman sekarang, sebuah tulisan tidak lagi bisa dianggap remeh. Jangan salah! Dari sebuah tulisan, justru bisa menarik minat para audience atau konsumen untuk membeli suatu produk atau memakai suatu jasa. Istilah yang dikenal pada dunia tulis menulis itu ialah copywriting.

Copywriting merupakan jenis tulisan yang menggunakan suatu teknik yang sifatnya persuasif untuk menghasilkan sebuah tulisan merujuk pada periklanan dan pemasaran. Mungkin terdengar mudah, namun nyatanya ketika dijalani memerlukan kemampuan khusus dengan menuliskan sebuah kalimat secara visual agar dapat mencapai tujuan.

Melihat dunia copywriting semakin berkembang, Good News From Indonesia mengadakan Web Seminar (Webinar) ke-13 bertajuk “How Do I Become A Copywriter?” pada Rabu (20/5) lalu, bersama Helena Natasha selaku copywriter.

Poster Webinar ke-13 | Foto: GNFI

Menurut Helena, peran copywriter cukup penting dalam dunia bisnis untuk dapat menjelaskan secara detail mengenai suatu produk. Misalnya saja lewat caption Instagram.

Dengan adanya peran copywriter, tulisan dibuat pada caption bisa lebih terarah dan sesuai deskripsinya dengan foto yang diunggah. Sayang sekali apabila masih ada unggahan foto yang caption-nya masih menggunakan quotes hasil dari pinterest.

Semua hal-hal yang membuat konsumen harus membeli suatu produk biasanya dinarasikan oleh copywriter, sehingga membuat para konsumen tertarik untuk mau membelinya.

Jelas di sini berbeda dengan ada atau tanpa copywriting. Dengan adanya copywriting, suatu bisnis, produk, atau jasa bisa menjadi beda dengan apa yang ditawarkan oleh kompetitor. Jadi dalam kata lain, dalam dunia bisnis, copywriting adalah sebuah investasi.

Contoh copywriting | Foto: Dok. Helena

Seperti kemampuan lainnya, copywriting tidak semudah yang dibayangkan dan memerlukan jam terbang pula. Ada beberapa pola pikir yang harus diterapkan ketika menulis copywriting, karena pada dasarnya copywriting bukan hanya soal mengarang indah tapi juga perlu strategi dibaliknya.

Pertama, tulislah sebuah copywriting dengan niat untuk membantu mereka yang membutuhkan jasa kita selaku copywriter. Kedua, tulislah seperti sedang berbicara dengan bahasa sehari-hari tentunya sesuai dengan target pasar yang ada. Ketiga, bangun hubungan yang baik dengan para audience. Terakhir, buatlah kalimat yang pendek namun memiliki dampak ketika audience membacanya.

Lantas, dalam menerapkan kedua hal di atas, bagaimana cara memilih kata yang tepat?

Temukanlah kata yang tepat dengan mengetahui apa yang disukai oleh para target pasar. Tentunya hal itu bisa ditanyakan pada klien yang notabennya pasti memiliki data. Selain itu, tak lupa pula untuk bertanya kepada klien, ingin menampilkan citra yang seperti apa di mata para target pasar.

Semua hal itu bisa Kawan GNFI terapkan ketika memang ingin menggeluti dunia copywriting. Namun, apa yang harus dilakukan jika masih sebagai pemula dalam dunia tersebut?

Ada dua cara yang bisa Kawan GNFI tempuh. Cara pertama ialah dengan bergabung atau bekerja di sebuah perusahaan agency yang memang membutuhkan seorang copywriter. Dari sana, Kawan GNFI bisa sedikit demi sedikit mengasah kemampuan dan mengembangkan kemampuan menulis copywriting.

Cara lainnya ialah dengan menjadi seorang freelancer. Mungkin ada diantara Kawan GNFI yang menjadikan profesi sebagai copywriter menjadi profesi sambilan. Meskipun penghasilannya naik turun, tapi Kawan GNFI masih bisa menggelutinya. Tinggal bagaimana Kawan GNFI pintar-pintar mencari klien sesuai dengan bidang yang memang Kawan GNFI minati.

Untuk lebih memudahkan orang-orang atau klien mengenal diri Kawan GNFI sebagai copywriter, maka bangunlah personal branding yang mengarah ke tujuan itu. Dengan begitu, klien bisa dengan melirik dan percaya dengan kemampuan yang Kawan GNFI punya untuk bisa mempromosikan produk milik mereka.

Bagi Kawan GNFI yang belum sempat mengikuti Webinar kali ini, kalian bisa mendengarkan ulasan secara lengkapnya di podcast Good Voice Episode 21. (des)

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau50%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Ini Dia Dita Karang, Wanita Pertama Indonesia yang Jadi Idol Kpop Sebelummnya

Ini Dia Dita Karang, Wanita Pertama Indonesia yang Jadi Idol Kpop

Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok Selanjutnya

Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok

Kawan GNFI Official
@kawangnfi

Kawan GNFI Official

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.