Ingin Menjadi Copywriter? Pelajari Hal Berikut

Ingin Menjadi Copywriter? Pelajari Hal Berikut
info gambar utama

Dalam dunia digital, sebuah kata yang dirangkai menjadi kalimat dinilai penting untuk bisa “menjual” suatu produk, brand, atau jasa. Sama seperti teknologi yang terus berkembang, berbagai macam jenis tulisan juga terus mengalami perkembangan.

Zaman sekarang, sebuah tulisan tidak lagi bisa dianggap remeh. Jangan salah! Dari sebuah tulisan, justru bisa menarik minat para audience atau konsumen untuk membeli suatu produk atau memakai suatu jasa. Istilah yang dikenal pada dunia tulis menulis itu ialah copywriting.

Copywriting merupakan jenis tulisan yang menggunakan suatu teknik yang sifatnya persuasif untuk menghasilkan sebuah tulisan merujuk pada periklanan dan pemasaran. Mungkin terdengar mudah, namun nyatanya ketika dijalani memerlukan kemampuan khusus dengan menuliskan sebuah kalimat secara visual agar dapat mencapai tujuan.

Melihat dunia copywriting semakin berkembang, Good News From Indonesia mengadakan Web Seminar (Webinar) ke-13 bertajuk “How Do I Become A Copywriter?” pada Rabu (20/5) lalu, bersama Helena Natasha selaku copywriter.

Poster Webinar ke-13 | Foto: GNFI
info gambar

Menurut Helena, peran copywriter cukup penting dalam dunia bisnis untuk dapat menjelaskan secara detail mengenai suatu produk. Misalnya saja lewat caption Instagram.

Dengan adanya peran copywriter, tulisan dibuat pada caption bisa lebih terarah dan sesuai deskripsinya dengan foto yang diunggah. Sayang sekali apabila masih ada unggahan foto yang caption-nya masih menggunakan quotes hasil dari pinterest.

Semua hal-hal yang membuat konsumen harus membeli suatu produk biasanya dinarasikan oleh copywriter, sehingga membuat para konsumen tertarik untuk mau membelinya.

Jelas di sini berbeda dengan ada atau tanpa copywriting. Dengan adanya copywriting, suatu bisnis, produk, atau jasa bisa menjadi beda dengan apa yang ditawarkan oleh kompetitor. Jadi dalam kata lain, dalam dunia bisnis, copywriting adalah sebuah investasi.

Contoh copywriting | Foto: Dok. Helena
info gambar

Seperti kemampuan lainnya, copywriting tidak semudah yang dibayangkan dan memerlukan jam terbang pula. Ada beberapa pola pikir yang harus diterapkan ketika menulis copywriting, karena pada dasarnya copywriting bukan hanya soal mengarang indah tapi juga perlu strategi dibaliknya.

Pertama, tulislah sebuah copywriting dengan niat untuk membantu mereka yang membutuhkan jasa kita selaku copywriter. Kedua, tulislah seperti sedang berbicara dengan bahasa sehari-hari tentunya sesuai dengan target pasar yang ada. Ketiga, bangun hubungan yang baik dengan para audience. Terakhir, buatlah kalimat yang pendek namun memiliki dampak ketika audience membacanya.

Lantas, dalam menerapkan kedua hal di atas, bagaimana cara memilih kata yang tepat?

Temukanlah kata yang tepat dengan mengetahui apa yang disukai oleh para target pasar. Tentunya hal itu bisa ditanyakan pada klien yang notabennya pasti memiliki data. Selain itu, tak lupa pula untuk bertanya kepada klien, ingin menampilkan citra yang seperti apa di mata para target pasar.

Semua hal itu bisa Kawan GNFI terapkan ketika memang ingin menggeluti dunia copywriting. Namun, apa yang harus dilakukan jika masih sebagai pemula dalam dunia tersebut?

Ada dua cara yang bisa Kawan GNFI tempuh. Cara pertama ialah dengan bergabung atau bekerja di sebuah perusahaan agency yang memang membutuhkan seorang copywriter. Dari sana, Kawan GNFI bisa sedikit demi sedikit mengasah kemampuan dan mengembangkan kemampuan menulis copywriting.

Cara lainnya ialah dengan menjadi seorang freelancer. Mungkin ada diantara Kawan GNFI yang menjadikan profesi sebagai copywriter menjadi profesi sambilan. Meskipun penghasilannya naik turun, tapi Kawan GNFI masih bisa menggelutinya. Tinggal bagaimana Kawan GNFI pintar-pintar mencari klien sesuai dengan bidang yang memang Kawan GNFI minati.

Untuk lebih memudahkan orang-orang atau klien mengenal diri Kawan GNFI sebagai copywriter, maka bangunlah personal branding yang mengarah ke tujuan itu. Dengan begitu, klien bisa dengan melirik dan percaya dengan kemampuan yang Kawan GNFI punya untuk bisa mempromosikan produk milik mereka.

Kelas GNFI juga dapat ditonton di Youtube Good News From Indonesia. (des)

--

Baca Juga:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini