Penjualan Mitsubishi Pajero Sport di Dunia, Terbanyak dari Indonesia

Penjualan Mitsubishi Pajero Sport di Dunia, Terbanyak dari Indonesia
info gambar utama

Bicara soal industri otomotif di Indonesia, nyatanya Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar tergemuk di Asia Tenggara, bersanding dengan Thailand dalam memperebutkan posisi puncak. Bahkan, pada 2019 lalu, menukil data asosiasi manufaktur mobil di Indonesia (Gaikindo), penjualan kendaran di Indonesia menjadi yang terbanyak di kawasan itu.

Selain Honda PCX buatan Indonesia yang ternyata menjadi varian PCX paling laris di dunia, di segmen kendaraan roda dua alias mobil, ada nama Mitsubishi Pajero Sport yang penjualannya di Indonesia ternyata menjadi yang terbanyak di dunia.

Popularitas Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia memang tidak bisa dimungkiri lagi, perpaduan desain macho, perawakan tinggi, interior mewah, dapat memuat lebih banyak orang dan barang, serta ditunjang oleh fitur-fitur mutakhir, mengantarkan mobil ini jadi pilihan banyak masyarakat menengah atas Indonesia.

Lain itu, karakter kendaraan ini juga sangat cocok di Indonesia, mengingat Indonesia memiliki kontur alam yang sangat seru untuk dilakukan penjelajahan oleh mobil berkategori SUV ini.

Berdasarkan data prinsipal Mitsubishi Motors Corporation (MMC) melalui siaran pers perusahaan, Kamis (26/2/2021), penjualan varian Pajero Sport pada periode 2015 hingga bulan Januari 2021 mencapai 89.000 unit dari total keseluruhan penjualan global yang sebanyak 348.000 unit, atau sekira 25 persen dari total market share global.

Pencapaian Indonesia ini diikuti oleh beberapa negara lain, yakni Thailand (80.000 unit), Filipina (66.000 unit), Australia (34.000 unit), dan Rusia (26.000 unit). Jika melihat dari data pada periode itu, terlihat bahwa penjualan ini didapatkan dari varian Pajero Sport generasi ketiga yang pertama kali hadir pada 2015.

Satu dasawarsa lebih Pajero Sport di Indonesia

Selama lebih dari 12 tahun kehadirannya--sejak tahun 2009, Pajero Sport meraih penjualan retail yang cukup tinggi, yakni sebanyak 164.773 unit hingga Januari 2021.

Kendaraan ini juga mendapatkan 40 penghargaan dari berbagai pihak, mulai dari media nasional hingga institusi terpercaya. Atas pencapaian itu pula pada akhirnya MMC memercayakan mobil ini dirakit di dalam negeri melalui pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) sejak tahun 2017 hingga sekarang.

''Dengan penerimaan dan penjualan yang baik kami berharap model Pajero Sport dapat terus berkontribusi untuk masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, serta menjadi partner Anda dalam meraih pencapaian dan mimpi serta melakukan petualangan untuk hidup yang lebih hidup,'' ungkap Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura.

Sementara berdasarkan data Gaikindo pada 2020, sepanjang tahun pandemi itu Pajero Sport masih membukukan penjualan wholesale (distribusi dari pabrik ke diler) sebanyak 9.344 unit. Meski versi pembaruan kosmetik (facelift) belum meluncur saat itu, namun MMKSI menyiasatinya dengan meluncurkan edisi spesial Rockford Fosgate Limited Edition yang berlanjut hingg awal 2021 ini.

Secara umum, mobil berbanderol Rp500 juta hingga Rp700 jutaan ini memiliki spesifikasi mesin yang tersedia dalam dua pilihan, yakni mesin diesel dan bensin serta hadir dalam 14 tipe.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini