Deretan Kota Pilihan yang Cocok untuk Merantau Kuliah

Deretan Kota Pilihan yang Cocok untuk Merantau Kuliah
info gambar utama

Penulis: Ega Krisnawati

#WritingChallenge#InspirasidariKawan#NegeriKolaborasi

Sebagai mahasiswa baru, kita akan diberikan pilihan universitas untuk melanjutkan perkuliahan ke jenjang selanjutnya. Selain universitas, pilihan lainnya ada berkuliah di luar kota.

Apabila Kawan ingin berkuliah di luar kota, maka hal yang perlu dipersiapkan adalah mental untuk merantau. Dengan merantau Kawan bisa terlatih untuk mengatur keuangan dan siap bertahan hidup tanpa kehadiran orang tua secara langsung.

Selain mental, Kawan juga perlu mempersiapkan kota mana yang ingin disinggahi sebagai tempat untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Selain universitas, kota untuk merantau juga bisa berpengaruh lho untuk Kawan ke depannya.

Salah satu hal yang berpengaruh adalah keamanan dan reputasi kota itu di mata masyarakat Indonesia. Berikut ini sejumlah kota yang bisa dipertimbangkan sebagai tempat merantau untuk berkuliah.

Baca juga: 7 Universitas Islam Terbaik di Indonesia

Kota Solo

Institut Seni Solo | Foto: Unsplash
info gambar

Sebagaimana yang dilansir dari laman Ruangguru, kota pilihan pertama di Indonesia adalah Solo. Solo dikenal sebagai kota kelahiran Presiden Indonesia ke-7, yaitu Joko Widodo.

Kota Solo cukup sering dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Pasalnya, di Solo terdapat beberapa kampus dengan standar dan biaya hidup yang cenderung terjangkau.

Beberapa kampus itu adalah Universitas Sebelas Maret yang masuk dalam peringkat 15 besar kampus terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Institut Seni Solo, dan Universitas Surakarta. Selain pilihan kampus, kota Solo juga menyediakan berbagai fakultas mulai dari kedokteran hingga Fakultas Sastra dan Bahasa.

Bahkan, terdapat pula tawaran program double degree serta kelas internasional, selain kelas reguler yang biasa ditemukan di tiap universitas. Sementara itu, dalam hal tempat tinggal umumnya mahasiswa akan ditawarkan dengan pilihan indekos atau kontrakan.

Kendati begitu, biayanya sangatlah terjangkau berkisar pada angka Rp3 juta per tahun. Kuliah di Solo, kental dengan budaya Jawa yang dikenal ramah dan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi lebih nyaman.

Kota Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada | Foto: Unsplash
info gambar

Yogyakarta dijuluki sebagai kota pelajar dan kota pendidikan. Julukan ini tidak jarang membuat mahasiswa memilih kota Yogyakarta sebagai tempat untuk merantau.

Kota Yogyakarta lengkap dari sisi reputasi kampus hingga biaya hidup yang terjangkau. Mahasiswa yang datang untuk merantau ke kota ini pun asalnya beragam, mulai dari kota Jakarta hingga Papua. Beberapa pilihan kampus di Yogyakarta menurut laman EduMar Blog adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Madilog dan Gagasan Tan Malaka Agar Bangsa Indonesia Berpikir Secara Merdeka

Kota Surabaya

Universitas Airlangga | Foto: Unsplash
info gambar

Surabaya dikenal sebagai kota terbesar nomor dua di Indonesia. Beberapa rekomendasi kampus di Surabaya adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Kristen Petra. Bagi calon mahasiswa teknik, kampus yang ada di kota ini tentunya jadi incaran nomor satu.

Pasalnya, di Surabaya terdapat jurusan-jurusan yang jarang ada di kampus lain seperti Teknik Transportasi Laut, Teknik Geomatika, dan Teknik Sistem Perkapalan. Selain sebagai tempat untuk merantau, Surabaya juga memiliki wisata yang tidak kalah indahnya dengan kota lain, di antaranya adalah Pantai Kenjeran, Pulau Bawean, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan masih banyak lagi.

Kota Jakarta

Universitas Indonesia | Foto: Metro Tempo.co
info gambar

Kota Jakarta punya banyak pilihan kampus untuk berkuliah. Beberapa di antaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta, Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Pelita Harapan, hingga Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Sebagai ibu kota Indonesia, Kawan yang berkuliah di kota Jakarta akan terbiasa dengan gedung-gedung pencakar langit dan lebih dekat dengan kantor pusat pemerintahan.

Baca juga: 6 Perusahaan Indonesia yang Masuk Daftar Perusahaan Terbesar di Dunia

Kota Padang

Universitas Andalas | Foto: Gatra.com
info gambar

Selain di Pulau Jawa, Kawan juga bisa memilih untuk kuliah di Pulau Sumatera, yaitu Kota Padang! Beberapa kampus dengan reputasi yang baik di kota Padang, yaitu Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang (UNP), atau Politeknik Negeri Padang.

Selain universitas, kota Padang juga menyediakan berbagai program sudi, seperti dokter, guru, peneliti, ahli IT, dan masih banyak lagi. Terkait dengan biaya hidup, Kawan hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp20.000 untuk satu kali makan setiap harinya.

Nah, itulah deretan kota pilihan di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan. Kalau Kawan, pilih berkuliah di kota apa?*

Referensi: Ruangguru | EduMar Blog

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini