Menikmati Pemandangan Kota Bandung dari Bukit dan Kawasan Perkebunan

Menikmati Pemandangan Kota Bandung dari Bukit dan Kawasan Perkebunan
info gambar utama

Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki beragam objek wisata. Pada tahun-tahun sebelumnya, Kota Kembang lebih dikenal sebagai tujuan belanja di Factory Outlet dan wisata kuliner. Kemudian, dari sisi wisata alamnya mulai lebih banyak dieksplor dan ini semakin menarik wisatawan untuk berkunjung.

Bila ingin mencoba sensasi liburan di Bandung yang berbeda, Anda mungkin bisa mengunjungi kawasan perkebunan dan bukit-bukit. Di sana, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah, udara sejuk, dan cocok untuk menikmati waktu santai. Sangat pas untuk yang menginginkan ketenangan dan menghirup udara segar.

Berikut daftar perkebunan dan bukit yang bisa dikunjungi di Bandung:

Gunung Hawu

Gunung Hawu merupakan perbukitan yang terbentuk dari batuan karst. Di sana, pengunjung bisa mencoba panjat tebing dan high line, berjalan di atas tali dari satu ujung tebing ke ujung tebing lain dengan ketinggian di atas 50 meter. Tentunya untuk melakukan dua kegiatan ini dibutuhkan nyali yang besar ya!

Anda juga bisa mencoba sensasi berfoto di atas hammock, ayunan dari jaring yang diikat di antara dua tebing. Pilihan lain yang lebih santai adalah berjalan-jalan di sekitar tebing yang unik dan merupakan pemandangan berbeda di Kota Bandung.

Lokasi Gunung Hawu ini ada di Kampung Cidadap, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Barania, Sekeping Surga yang Dibangun dengan Dana Desa

Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan | @Bedollagi Shutterstock
info gambar

Siapa yang suka bermain-main di area persawahan? Nah, Anda akan suka berlibur ke Terasering Panyaweuyan. Berlokasi di lereng Gunung Ciremai, objek wisata ini merupakan terasering atau sengkedan yang banyak dikunjungi anak-anak muda untuk berfoto.

Keunikan dari Terasering Panyaweuyan ialah kontur tanah berundak dan memiliki ketinggian beragam, mulai 400 mdpl hingga 2.000 mdpl. Meski banyak pengunjung yang datang untuk berwisata, area perkebunan pun masih berfungsi dalam menghasilkan berbagai hasil bumi, seperti ubi jalar, bawang merah, daun bawang, hingga padi, yang bisa dibeli saat panen.

Lokasi Terasering Panyaweuyan berada di Desa Sukasari Kaler, Majalengka. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini ialah pagi hari sebelum matahari terbit dan sore menjelang matahari terbenam.

Menjelajahi 4 Desa Wisata di Nusa Tenggara Barat

Bukit Moko

Bukit Moko | @Fredi Daeli Shutterstock
info gambar

Untuk melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian, Anda bisa mengunjungi Bukit Moko di kawasan Cimenyan. Berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl, Bukit Moko menjadi salah satu titik tertinggi di Bandung. Berhubung lokasinya cukup tinggi, pengunjung harus melewati jalur pendakian untuk sampai ke atas bukit.

Daya tarik Bukit Moko ialah deretan hutan pinus yang rapi, udara sejuk dan dingin, serta pesona lanskap kota Bandung. Tempat ini lebih ramai dikunjungi pada sore hingga malam hari. Banyak anak muda berburu momen matahari terbenam dari atas bukit untuk melihat langit berwarna jingga yang cantik sampai berganti malam.

Bila ingin lebih puas menikmati waktu di Bukit Moko, Anda pun bisa berkemah dengan membawa perlengkapan sendiri.

Mengunjungi Surga Kecil di Karst Terbesar di Indonesia

Bukit Jamur Rancabolang

Ada tempat wisata unik dan menggemaskan di Bandung Selatan, namanya Bukit Jamur Rancabolang. Terletak di ketinggian 2.000 mdpl, bukit ini memiliki barisan pohon cemara yang dibentuk seperti jamur shimeji yang pendek-pendek.

Selain pohon mirip jamur, di bukit ini juga ada jembatan untuk melihat panorama sekitar bukit. Dari puncaknya, Anda bisa melihat pemandangan kebun teh, pohon cemara, hingga kawasan pemukiman. Pastinya, Anda pun bisa berjalan-jalan di sekitar kebun dan berfoto-foto.

Bukit Bukit Jamur Rancabolang berada di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Dari Kota Bandung, perjalanan bisa ditempuh sekitar 1-2 jam.

Kebun Teh Rancabali

Kebun teh Rancabali | @Andy Kristono Shutterstock
info gambar

Kota Bandung cukup identik dengan wisata kebun teh. Bila ingin mencoba sensasi mengunjungi kawasan perkebunan, Anda bisa mampir ke Kebun Teh Rancabali di Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Di sana, Anda akan menemukan hamparan kebun teh yang sangat luas dengan udara dingin. Suhunya pada siang hari saja sekitar 20 derajat Celsius lho, mungkin ini adalah faktor lokasi kebun teh yang berada di ketinggian 1.650 mdpl.

Berwisata kebun teh paling pas bagi Anda yang hanya sekadar ingin bersantai-santai, berjalan-jalan di tengah udara sejuk, dan mencari ketenangan karena lokasinya jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Serunya, pengunjung bisa mengunjungi pabrik teh untuk melihat proses dari mulai penanaman, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, hingga proses pengolahan teh.




Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini