(9 Juli 1955) - Hujan Gol, Persija Jakarta Tekuk Salzburg 5-4

(9 Juli 1955) - Hujan Gol, Persija Jakarta Tekuk Salzburg 5-4
info gambar utama

Silver jubilee atau peringatan ke-25 tahun dilakukan Persatuan Seluruh Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada 1955. Selain kongres, PSSI juga menggelar laga persahabatan dengan klub tamu asal Austria, SV Austria Salzburg.

Klub cikal bakal FC Red Bull Salzburg itu didatangkan untuk jadi lawan tanding timnas dan klub lokal di Jawa dan Sumatra. Selama sebulan ada 11 laga yang dimainkan Salzburg di mana mereka mencetak 6 kemenangan, 4 imbang, dan 1 kekalahan.

Jika ditanya, siapakah yang mengalahkan Salzburg? Persija Jakarta jawabannya.

Laga Salzburg versus Persija dihelat di Stadion Ikada, Jakarta, pada 9 Juli 1955. Sebelumnya tim tamu sudah melawan empat klub di empat kota berbeda, yaitu Persib Bandung (Jakarta), PSSI Muda (Solo), PSSI Banteng (Yogya), dan Persebaya Surabaya (Surabaya).

Sebelum tanding, seleksi pemain digelar Persija. "...Panitia percaya bahwa mereka harus memasukkan pemain terkuat dan paling berpengalaman," terbilang dalam artikel 'Keuze- en Technische commissie van Persidja' surat kabar De Nieuwsgier, 30 Juni 1955. Dari seleksi yang diadakan akhir bulan Juni terpilihlah nama-nama berikut: Parengkuan, Madjid, Sanger, Sugiono, Hiem Tjiang, Beng Koen, Kiat Sek, Giok Po, Djamiat, Hong Sin, F. Davis, Liong Houw, Wim Pie, Herman Pattipeilohy, Tamaela, Van der Berg, Muzakir, dan Hamani.

Di Myanmar, Auman Persija Menggelegar

Tim asing kerap diunggulkan ketika melakoni laga/tur eksibisi di Indonesia. Namun, bola itu bundar, yang diunggulkan bisa saja terjungkal. Seperti Salzburg yang kalah atas Persija dengan skor 4-5.

Permainan gesit Persija mampu membuat pemain Salzburg yang tinggi besar kocar-kacir. Meski diberondong 4 gol, pilar pertahanan tim ibu kota mendapat pujian karena terbilang sukses menahan gempuran Salzburg yang secara teknis bermain lebih baik.

"...Gelombang serangan yang dahsyat itu tidak mendapat hasil, itulah jasa Kiat Sek, V.d. Berg, Liong Houw, Hiem Tjiang, dan Tamaela yang telah melakukan pembelaan dengan habis-habisan pula karena tembakan ngawur daripada pemain-pemain Salzburg," lapor Star Weekly.

Resmi, Akhirnya Persija Akan Punya Stadion Kelas Dunia

---

Sumber: Star Weekly | De Nieuwsgier | Instagram/@memoriolahraga

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DI
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini