Deretan Masakan Indonesia yang Ramah Vegan

Deretan Masakan Indonesia yang Ramah Vegan
info gambar utama

Dalam bayangan Kawan dan sebagian masyarakat lain, masakan Indonesia identik dengan rendang, opor, hingga tongseng. Sajian yang selalu dipenuhi dengan cita rasa rempah yang menggugah selera dan daging sebagai komponen utamanya.

Namun, tahukah Kawan bahwa masakan khas Indonesia banyak sekali yang tidak mengandung produk hewani dan memiliki cita rasa yang tak kalah menarik? Ya, makanan ini sangat digemari oleh masyarakat dengan menganut pola hidup vegan. Tak hanya vegan, sajian ini juga dijamin memiliki nutrisi yang sehat dan seimbang.

Dilansir dari laman liputan6, negara Indonesia menempati peringkat ke-16 dari 183 negara yang ramah vegetarian atau masuk dalam Top 20 Vegetarian-Friendly Countries. Walaupun belum terlalu banyak restoran vegetarian dan vegan di Indonesia, tetapi sudah masuk dalam top 20. Hal tersebut dikarenakan banyaknya sajian Indonesia yang tak menggunakan protein hewani.

Ayam Tangkap, Hidangan Unik Bertabur Daun Kering dari Tanah Rencong

Sebelum kita bahas lebih lanjut, pastikan Kawan tahu dulu perbedaan dari vegan dan vegetarian, ya. Vegan adalah salah satu pola hidup yang tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan sama sekali.

Vegetarian sendiri merupakann pola makan dengan tidak mengonsumsi daging namun masih mengonsumsi susu dan telur, ya, Kawan. Berikut daftar masakan Indonesia yang ramah bagi vegan.

Sayur lodeh

Sayur lodeh| Foto: Kompas
info gambar

Salah satu sajian berkuah dengan penuh cita rasa bumbu Indonesia, adalah sayur lodeh. Campuran bumbu dan santan kelapa membuat kuahnya sangat nikmat ketika dicicipi. Sajian yang berisikan terong, jagung manis, labu siam, kacang panjang daun melinjo dan cabai tentunya sangat ramah di tangan para vegan, ya, Kawan.

Bubur kacang ijo

Bubur kacang ijo| Foto: Kitchen of Indonesia
info gambar

Siapa yang tak mengenal sajian ini, bubur yang selalu nikmat di setiap saat baik pagi, siang, maupun malam saat hujan melanda. Proses pembuatan yang dibilang mudah dan tentunya 100 persen vegan, dapat menemani Kawan ketika perut sudah mulai berbunyi. Sajian yang berisikan kacang hijau direbus bersama gula merah, santan, daun pandan dan jahe akan sangat nikmat disantap selagi hangat.

Lumpia Gang Lombok, Kuliner Asal Semarang Sejak Ratusan Tahun Lalu

Urap

Urap | Foto: Kompas
info gambar

Sajian yang dipenuhi dengan berbagai sayuran ini terbilang sangat nikmat dan penuh dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas. Urap menyajikan sayuran rebus, seperti daun kenikir, daun ketela pohon, bayam, kacang panjang, kubis dan tauge. Rasa gurih dan sedikit pedas didapatkan dari parutan kasar dari kelapa yang telah dibumbui dan dikukus.

Bumbu halus dari urap biasanya meliputi, bawang putih, bawang merah, cabai merah, asam jawa, kencur, garam, dan gula jawa. Sajian ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat ya Kawan. Sajian yang dipenuhi dengan sayuran ini, sangat menjamin nutrisi di dalamnya dan pastinya sehat ya, Kawan!

Pecel

Pecel | Foto: Kompas
info gambar

Sajian yang sudah sangat terkenal ini, sangatlah ramah vegan. Berbagai sayuran yang telah direbus, seperti bayam, kangkung, kacang panjang, kembang turi, kecipir, kenikir, hingga tauge. Sayuran tersebut akan disiram menggunakan bumbu kacang.

Pecel ini dapat Kawan nikmati dengan nasi hangat juga tambahan lauk lainnya, seperti tempe goreng, tahu goreng, atau tahu tempe bacem yang pastinya ramah vegan.

Seporsi Kenikmatan Cita Rasa Madura Pada Nasi Serpang

Sayur asem

Sayur asem| Foto: sayurbox
info gambar

Sajian Indonesia yang ramah vegan, adalah sayur asem. Ya, sajian khas Jawa Barat yang berisikan kacang panjang, melinjo, jagung manis dan labu siam sangat cocok dinikmati sebagai santapan makan siang, Kawan.

Sesuai dengan namanya ‘sayur asem’, sayur ini dimasak dengan menggunakan asem jawa. Inilah yang menjadi rahasia dari kuahnya yang sangat menyegarkan. Sayur asem juga sangat cocok dinikmati dengan tahu goreng, tempe goreng, dan pastinya sambal agar kenikmatannya semakin bertambah.

Gado-gado

Gado-gado| Foto: njajan
info gambar

Tak berbeda jauh dengan pecel, sajian ini juga berisikan berbagai sayuran yang disiram dengan bumbu kacang. Sayuran yang terdapat dalam gado-gado, seperti kangkung, bayam, labu siam, kacang panjang, kubis dan tauge. Namun, gado-gado tak hanya berisikan sayuran saja, melainkan juga terdapat tempe, tahu, dan kentang.

Selain itu, yang menjadi pembeda dari gado-gado adalah tidak menggunakan kencur layaknya sajian pecel. Gado-gado dapat Kawan nikmati dengan begitu saja atau juga bersama dengan nasi atau lontong.

Rasa dari gado-gado ini tentunya gurih dan nikmat dengan dominan rasa pedas manis, ya, Kawan. Saat ini, banyak yang menyajikan gado-gade dengan telur, jika Kawan vegan pastikan untuk minta tidak pakai telur, ya.

Itu dia Kawan, deretan sajian khas Indonesia dengan cita rasa nikmat dan pastinya ramah vegan. Sudah siap mencicipi salah satu dari sajian di atas?* (COMM/BR)

Referensi: liputan6| plantful.id | kemenparekraf

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini