Semarakkan Aksi Kolaborasi untuk Lestarikan Kebaikan Indonesia

Semarakkan Aksi Kolaborasi untuk Lestarikan Kebaikan Indonesia
info gambar utama
Gabung Telegram Kawan GNFI untuk dapat informasi seputar program dan tulisan terbaru Good News From Indonesia.

Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar, memiliki sumber daya alam, keberagaman, dan kebaikan yang amat kaya. Negeri ini memiliki lebih dari 17 ribu pulau, 416 kabupaten, 98 kota, 34 provinsi, 300 kelompok etnis, 1.340 suku bangsa, 760 bahasa daerah, dan keberagaman lain yang tak terhitung jumlahnya.

Beragam kebudayaan dan kebaikan Indonesia tersebut, tentunya perlu kita jaga bersama agar lestari. Kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia perlu kita syukuri dan jaga secara bersama-sama.

Sebagai negara yang memiliki keberagaman yang tak terhitung jumlahnya, inilah yang menjadi tantangan kita bersama dalam upaya melestarikan kebaikan Indonesia. Dalam menjaga dan melestarikan keragaman dan kebaikan Indonesia, tentunya tak dapat dilakukan seorang diri atau sekelompok tertentu saja. Upaya dalam menjaga dan melestarikan kebaikan Indonesia diperlukannya partisipasi tiap lapisan masyarakat untuk berkolaborasi.

Bantu Sesama di Masa Pandemi, Inilah Kisah Para Pendekar COVID-19

Setiap individu, kelompok, masyarakat, hingga pemerintah perlu saling bergandeng tangan untuk melestarikan kebaikan Indonesia agar mencapai Indonesia yang maju, kuat dan sejahtera. Hadirnya semangat aksi dan kolaborasi tersebut tentunya dapat melestarikan kebaikan-kebaikan Indonesia.

Terlebih di masa pandemi seperti ini, di mana setiap masyarakat sedang berjuang untuk melawan COVID-19 dan juga dampak dari pandemi. Mula dari ekonomi, mental, fisik dan berbagai faktor lainnya semua terkena imbasnya.

Semangat dan aksi kolaborasi juga dapat menjawab beragam tantangan pada sebuah bangsa ke depannya. Dengan saling bergandeng tangan bersama menyuarakan beragam kebaikan, Indonesia dapat menjadikan Indonesia sebagai yang lebih kuat, bersatu dan sejahtera.

Alasan pentingnya kolaborasi

Sebagai manusia yang secara alamiah adalah makhluk sosial, sangat memerlukan interaksi dengan sesama manusia lain. Bersama-sama untuk saling membantu, menguatkan, mengingatkan, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang disebut dengan kolaborasi.

Indonesia yang memiliki keberagaman dan masyarakat yang heterogen, tentunya diperlukan partisipasi setiap lapisan masyarakat untuk berkolaborasi. Dengan adanya kolaborasi dan semangat bersama, membuat berbagai hal yang berbeda akan menjadi satu padu dan dapat didiskusikan dari berbagai perspektif.

Tak hanya itu, dengan kita berkolaborasi dalam #LestarikanKebaikan Indonesia mampu dalam mempermudah mencapai tujuan bersama. Seperti kata peribahasa “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”. Itu berarti, pekerjaan yang berat akan terasa ringan bila dikerjakan secara bersama-sama.

Begitu pula dengan adanya semangat dan aksi kolaborasi, kita akan lebih mudah mencapai tujuan. Kolaborasi dapat menjadi jembatan untuk bergerak, menyuarakan, melestarikan tentang beragam kebaikan Indonesia. Dengan demikian, semakin banyak masyarakat yang berkolaborasi, akan semakin kuat untuk mencapai cita-cita Indonesia maju.

Peduli Sesama untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Lestarikan kebaikan Indonesia

Indonesia dengan keberagaman yang tak terhitung jumlahnya telah menjadi simbol persatuan dan dikemas sedemikian rupa dengan baik dalam semboyan negara, yakni Bhinneka Tunggal Ika dalam Garuda Pancasila.

Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki makna “Berbeda-beda namun tetap satu jua” telah menyatukan perbedaan dan keberagaman yang bangsa Indonesia miliki. Oleh karena itu, kita sebagai warga Indonesia yang baik harus menjaga agar keberagamaan dan kebaikan Indonesia tetap utuh dan lestari.

Terlebih di masa seperti ini, banyak sekali berita simpang siur dan isu-isu negatif yang dapat menimbulkan perpecahan dalam masyarakat. Hadirnya individu atau kelompok yang membawa suatu isu dan membuat perpecahan, hanya menimbulkan perbedaan tak beralasan saja. Tentunya, hal ini sama sekali tidak diinginkan terjadi oleh kita semua, bukan?

Padahal, perbedaan dan beragam kebaikan itulah yang membuat Indonesia semakin indah dan lebih berwarna. Inilah pentingnya kita harus menjaga dan #LestarikanKebaikan Indonesia.

Ini Alasan Berbagai Bisa Dilakukan Kapan Saja Oleh Siapapun

Keberagaman budaya, ras, kebiasaan masyarakat, hingga kesenian dalam setiap daerah perlu kita jaga agar tetap lestari. Dengan begitu, Indonesia akan selalu menjadi negara yang kuat, utuh, dan beragam layaknya dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Tak hanya keberagaman budaya saja yang Indonesia miliki, tetapi keberagaman sumber daya alam juga patut kita perhatikan dan lestarikan.

Banyak dan beragamnya potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh Indonesia juga perlu kita kembangkan bersama. Selain itu, beragam tantangan yang akan Indonesia hadapi ke depannya juga patut kita diskusikan dan kembangkan secara kolaboratif agar dapat mencapai Indonesia maju, kuat, dan sejahtera.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa dengan kita berkolaborasi akan lebih mudah dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Begitu banyak manfaat positif dari berkolaborasi, terlebih lagi jika kita menerapkannya dalam melestarikan kebaikan Indonesia.

Apakah Kawan sudah siap untuk menyuarakan semangat dan aksi kolaborasi dalam #LestarikanKebaikan Indonesia? Ikuti Festival Negeri Kolaborasi, sebuah acara daring persembahan dari Good News From Indonesia (GNFI).

Sebagai sebuah media yang selalu memberikan kabar baik dengan perspektif yang berbeda dari Indonesia, GNFI merasa perlu untuk bergerak membuat setidaknya sedikit perubahan untuk negeri ini.

Festival Negeri Kolaborasi akan menghadirkan berbagai program yang dapat membuka perspektif baru tentang Indonesia. Mulai dari isu budaya hingga isu strategis yang penting untuk dibahas, tetapi masih abai dibincangkan.

Segera hadir, Festival Negeri Kolaborasi pada September hingga Oktober 2021. Disiarkan secara langsung di seluruh kanal media sosial Good News From Indonesia. Informasi lebih lanjut kunjungi @gnfi atau @kawangnfi. Sampai jumpa, salam kebaikan salam optimisme!* (COMM)

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini