Daftar Ritel dengan Jumlah Gerai Terbanyak di Indonesia, Indomaret Mendominasi

Daftar Ritel dengan Jumlah Gerai Terbanyak di Indonesia, Indomaret Mendominasi
info gambar utama

Ritel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan usaha bersama dalam bidang perniagaan dalam jumlah kecil kepada pengguna akhir atau eceran. Cakupan istilah penggunaan retail sering terdengar dibidang industri dan biasanya melibatkan dua pelaku yaitu pedagang dan konsumen.

Umumnya, bisnis retail terbagi lagi ke dalam beberapa jenis salah satunya gerai minimarket. Setelah menelusuri perkembangannya, nilai penjualan gerai minimarket di Indonesia terus menunjukkan peningkatan hingga mencapai 12,5 Miliar AS pada tahun 2020. Data tersebut diperoleh dari Euromonitor International, di mana kenaikan tersebut terjadi saat pandemi dan berhasil melampaui nilai penjualan supermarket dan hypermarket.

Lebih rinci, penjualan ritel minimarket tersebut tercatat mengalami kenaikan sebesar 68,9 persen jika dibandingkan dengan data tahun 2015, yang saat itu nilai penjualan minimarket hanya sebesar 7,4 Miliar AS. Tidak hanya peningkatan pada nilai penjualan, perkembangan pada jumlah gerai minimarket juga terlihat hingga 39 persen selama periode tahun 2015 hingga tahun 2020.

Melansir databoks.katadata.co.id, pertumbuhan jumlah gerai yang terus mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir berhasil melejit mencapai akumulasi 10.044 gerai dan mencapai 36.146 gerai pada tahun 2020. Pemegang kontribusi pada progres tersebut adalah Indomaret dan Alfamart yang meraih cakupan 92 persen dari total gerai minimarket di tahun 2020.

Berkaitan dengan hal tersebut, United States Department of Agriculture (USDA) merilis laporan mengenai riset dengan jumlah gerai terbanyak di Indonesia. Laporan riset tersebut menunjukkan bahwa Indomaret dan Alfamart menjadi yang terbanyak dengan koleksi lebih dari 10.000 gerai.

Inilah 10 Perusahaan Ritel Terbesar di Asia Tenggara, Indonesia Mendominasi

Indomaret miliki gerai terbanyak di Indonesia

Ritel dengan jumlah gerai terbanyak di Indonesia | GoodStats
info gambar

Indomaret menjadi ritel pemilik gerai terbanyak di Tanah Air dengan koleksi 18.271 gerai atau 50,5 persen dari total keseluruhan gerai ritel di Indonesia.

Salah satu alasan menjamurnya gerai Indomaret adalah proses pendirian gerai baru yang dinilai lebih mudah. Dengan modal Rp500 juta, para pelaku usaha sudah bisa membuka gerai Indomaret.

Pada semester 1 2021 saja, PT. Indomarco Prismatama yang merupakan perusahaan pengelola jaringan ritel Indomaret telah memperluas ekspansi penyebaran gerai dengan membangun kurang lebih 600 gerai baru.

Managing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf mengungkapkan bahwa ekspansi gerai bersifat kontinyu, yang mana beriringan dengan pembukaan ekonomi dalam dua bulan terakhir.

“Sampai semester I 2021 kami membuka 600-an toko. Pembukaan ekonomi bertahap dua bulan terakhir ini dapat membantu menghidupkan kembali sektor ritel,” ungkapnya, menukil Bisnis.com.

Wiwiek menambahkan, pembukaan ekonomi yang dilakukan secara bertahap ini telah mendukung pemulihan daya beli masyarakat. Hal tersebut kemudian menjadi pertanda awal yang positif untuk bisnis ritel ke depannya.

“Prospek ritel masih terbuka, tetapi sekarang kami harus mengembangkannya secara omnichannel, baik secara offline maupun online,” imbuhnya.

Telah diketahui bahwa Indomaret juga menjadi ritel yang memiliki nilai penjualan tertinggi hingga mencapai 5,9 Miliar AS atau setara dengan Rp84,07 Triliun pada tahun 2020.

Sementara itu, peringkat ke-2 diisi Alfamart dengan total 14.973 gerai atau 41.5 persen, kemudian disusul Alfa Midi yang masih satu manajemen dengan Alfamart memiliki 1.761 gerai. Adapun peringkat 4 dan 5 diisi Super Indo dan Transmart Carrefour dengan masing-masing memiliki 177 gerai dan 137 gerai.

Pandemi yang menyebabkan pembatasan sosial memaksa peritel untuk mencari model bisnis baru untuk menjangkau konsumen. Beberapa perusahaan ritel banyak yang berkolaborasi dengan eCommerce, seperti Shopee dan Tokopedia agar lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

Perusahaan juga mempertimbangkan untuk mengubah format hypermarket menjadi toko yang lebih kecil agar lebih dekat ke daerah pemukiman.

Transaksi Meningkat Triliunan hingga Gencar Ekspansi, Industri Ritel Kembali Bangkit

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dinda Aulia Ramadhanty lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dinda Aulia Ramadhanty.

DR
IA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini