Catatan Positif di Piala AFF 2020 dan Lonjakan Peringkat FIFA

Catatan Positif di Piala AFF 2020 dan Lonjakan Peringkat FIFA
info gambar utama

Bertepatan dengan ajang Piala AFF 2020 (2021) yang kini sudah memasuki babak semifinal, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) baru saja merilis peringkat terbaru kategori putra (men's rankings) pada Kamis (23/12/2021).

Dalam skala global, Belgia masih kokoh sebagai pemuncak dengan koleksi 1.828,45 poin. Mereka mengungguli Brasil dan Prancis yang berada di peringkat dua dan tiga. Kemudian ada Inggris dan Argentina yang melengkapi posisi lima besar dunia.

Sementara untuk tingkat Asia, Iran masih kokoh di posisi teratas dengan 1.557 poin (21 dunia). Diikuti tim kuat lainnya seperti Jepang (26 dunia), Korea Selatan (33 dunia), dan Australia (35 dunia).

Diketahui tidak ada perubahan poin maupun peringkat dari keempat tim terkuat di Asia tersebut mengingat minimnya laga yang diikuti di bulan Desember 2021.

Runner-Up Piala AFF, Tapi peringkat FIFA Indonesia Melesat Paling Jauh

Peringkat Indonesia melonjak naik

Di sisi lain, negara-negara di Asia Tenggara menjadi salah satu kawasan (selain Timur Tengah) yang mendapat kesempatan untuk menggaet tambahan poin dengan terselenggaranya Piala AFF 2020 (2021).

Sejak 2016, Piala AFF telah mendapat pengakuan dari FIFA sebagai turnamen kategori A berkat banyaknya jumlah audiens televisi dan penonton yang datang menyaksikan turnamen tersebut. Sehingga setiap laga di Piala AFF akan diganjar perhitungan akumulasi poin.

Peringkat FIFA Asia Tenggara per 23 Desember 2021 | GoodStats
info gambar

Jika dibandingkan dengan ranking FIFA yang rilis pada 19 November 2021 silam, Tim Nasional (Timnas) Indonesia melonjak naik. Skuad Garuda naik dua tingkat dari peringkat ke-166 ke peringkat ke-164.

FIFA menyebut Indonesia sebagai tim dengan peningkatan poin terbesar dan tim Asia paling berkembang dengan tambahan sebesar 11,13 poin.

"Dilihat dari bulan lalu, Indonesia adalah tim Asia yang paling berkembang. Peringkat ke-164 dengan tambahan 11,13 poin," demikian keterangan FIFA, menukil Bola.net.

Namun, Indonesia jangan dulu berpuas diri, mengingat skuad Garuda hanya menempati peringkat ke-7 di Asia tenggara. Bahkan, peringkat Indonesia masih jauh di bawah Vietnam yang mampu naik satu tingkat ke peringkat 98. Vietnam menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang masuk peringkat 100 besar dan tampil di third round kualifikasi Piala Dunia tingkat Asia.

Jika bicara kenaikan peringkat tertinggi ketimbang negara Asia Tenggara lain, maka Thailand jawabannya. Skuad asuhan Alexandre Poling naik tiga posisi dan kini nangkring di posisi 115 dunia.

Peningkatan posisi diprediksi kembali dialami Thailand pada ranking FIFA Januari 2022. Sebab, pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Thailand mampu mengalahkan Vietnam yang secara peringkat jauh lebih baik ketimbang mereka.

Adapun lonjakan kenaikan peringkat dan poin yang diterima Timnas Indonesia membuatnya kini hanya terpaut empat tingkat dari Singapura yang menghuni posisi ke-160.

Selain berkat kemenangan 4-1 (tambahan 2,84 poin) atas Myanmar di laga uji coba pada Kamis (11/12), peningkatan poin Timnas Indonesia tak lepas dari catatan positif skuad Garuda di Piala AFF 2020. Timnas Indonesia tercatat belum pernah mengalami kekalahan hingga leg pertama semifinal Piala AFF dengan catatan 3 kali menang dan 2 hasil imbang.

Jika dibedah, Timnas Indonesia tercatat memperoleh tambahan 2,42 poin setelah menang 4-2 atas Kamboja. Kemudian berkat kemenangan 5-1 atas Laos, Indonesia berhak menerima tambahan 2,13 poin.

Sementara itu, hasil imbang melawan Vietnam membuat Indonesia meraih 1,01 poin tambahan. Kemudian, kemenangan 4-1 atas rival bebuyutan Malaysia di laga terakhir fase grup membuat Indonesia menambah 2,73 poin lagi. Terakhir, Indonesia memperoleh tambahan 0,05 poin setelah hasil imbang 1-1 melawan Singapura.

Dengan demikian, sepanjang gelaran Piala AFF 2020, Timnas Indonesia telah bertambah 8,34 poin. Perolehan poin Timnas Indonesia berpotensi terus bertambah jika mampu meraih hasil positif hingga final Piala AFF 2020.

Naiknya Peringkat Garuda di FIFA dan Suatu Keoptimisan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini